IPhone 6S Lebih Elegan, Body Kokoh dengan Fitur 3D Touch

IPhone 6S Lebih Elegan, Body Kokoh dengan Fitur 3D Touch
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
Rp. 9.000.000
Sistem Operasi
iOS 9
Memori Internal
16/64/128 GB
Tipe Kartu Memori
Tidak Ada
Kamera
12 MP
Model Kartu SIM
GSM
Ukuran Layar
4,7'
Resolusi
750 x 1334 pixels

Spesifikasi Gadget

ProcessorDual-core1.84 GHz
BatteryNon-removableLi-Po 1715 mAh battery (6.9 Wh)
MiscDimensi dan Berat138,3 x 67,1 x 7,1 mm, 143 gram
ChipsetApple A9
GPUPowerVR GT7600 (six-core graphics)
KonektifitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot Bluetooth v4.2, A2DP, LE A-GPS, GLONASS USB microUSB v2.0, reversible connector
KameraBelakang 12 MP, 4032 x 3024 pixels Depan 5 MP, [email protected], [email protected], face detection, HDR, panorama Video [email protected], [email protected],[email protected], [email protected] Fitur : phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, simultaneous 4K video and 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, HDR (photo/panorama)
Disclamer: Kami tidak bisa menjamin bahwa informasi di halaman ini semuanya benar.

Begitu banyak smartphone yang beredar di Indonesia, tapi tidak semua berhasil menghadirkan kesan premium. Kalau melihat track record berbagai vendor, tentu kita akan sepakat jika produk Apple selalu konsisten pada jalur premium. Produk-produk yang mereka keluarkan selalu berhasil memikat pasar kalangan menengah ke atas. Salah satunya adalah IPhone 6S yang menghadirkan body kokoh dan prosesor setara computer PC. Keren, kan?

Gambar: pexels

Sebelum kita bahas detailnya, silakan amati table spesifikasi iPhone 6S.

Spesifikasi IPhone 6S

Dari table spesifikasi iPhone 6S di atas, kita mungkin belum bisa menangkap sisi premium yang dihadirkan dalam bentuk apa. Apalagi jika kita kurang memahami dan mengikuti perkembangan dunia gadget. Namun, bagi orang-orang yang sudah pernah memakai produk Apple sebelumnya atau memang pengamat gadget, pasti tahu di mana letak keunggulan iPhone 6S ini.

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan sebuah produk, yaitu dengan membaca atau menyimak video review produk. Bahkan bagi seseorang yang belum familier dengan produk pun akan sedikit tercerahkan dengan membaca dan menyimak review.

Sebagaimana artikel review iPhone 6S ini ditulis salah satu tujuannya untuk memberikan informasi terkait produk tersebut kepada pembaca. Harapannya para konsumen yang masih ragu atau bimbang ketika menentukan pilihan bisa mendapat gambaran kelebihan dan kekurangan produk sebelum memutuskan. Jadi ketika membeli produk tersebut dapat meminimalkan rasa kecewa.

Review IPhone 6S

Untuk menulis artikel review ini saya menggunakan beberapa referensi sebagai bahan. Baik referensi berupa artikel, info grafis, dan review di youtube yang mengulas tentang iPhone 6S. Tentu saja saya tidak ingin menulis review asal-asalan mengenai produk ini. Karena saya sendiri kadang kecewa ketika mendapati artikel yang membahas secara asal.

Baca juga: iPhone 8: Punya Prosesor Tercepat dengan Chip A11 Bionic

Dalam artikel review iPhone 6S ini saya akan memfokuskan pada sisi yang membuat iPhone 6S menjadi salah satu produk premium yang elegan. Nah, factor apa saja yang membuat iPhone 6S ini berbeda dengan produk iPhone sebelumnya?

Pertama, Sisi Material IPhone 6S

Pada iPhone 6S, perusahaan Apple sepertinya ingin menghadirkan perbaikan material dari seri pendahulunya, yaitu iPhone 6. Perubahan itu tampak dari dimensi ukurannya. Jika disandingkan antara iPhone 6S dengan iPhone 6 memang tidak terlihat mencolok perbedaannya. Namun, ketika keduanya ditumpuk atau ditempelkan, maka akan terlihat iPhone 6S sedikit lebih panjang dan lebih tebal 0,2 mm.

Sisi perbedaan material antara iPhone 6S dengan iPhone 6 dapat dilihat pula dari beratnya. IPhone 6S sedikit lebih berat dibandingkan dengan iPhone 6S. berat iPhone 6S 14 gram lebih berat disbanding iPhone 6.

Gambar: pexels.com

Perbedaan berat ini karena factor material yang digunakan oleh iPhone 6S. Di iPhone 6S perusahaan Apple menggunakan material alumunium 7000 series. Material inilah yang membuat body iPhone 6S lebih kokoh daripada seri sebelumnya. Secara ukuran memang hanya berbeda 0,2 mm, tapi dari sisi kekuatan jelas iPhone 6S jauh lebih kokoh.

Sebagaimana yang pernah dikabarkan oleh laman techno.okezone.com pada tanggal 28 Mei 2018, pada artikel berjudul Apple Sadar iPhone 6 Mudah Bengkok, Layar Sentuh Rentan Rusak. Pada artikel tersebut dituliskan, “Dalam dokumen yang pernah dipublikasikan oleh Hakim Pengadilan Distrik AS Lucy Koh menunjukkan temuan bahwa, iPhone 6 lebih lentur 3,3 kali dibandingkan perangkat pendahulunya, yaitu iPhone 5S.”

Seolah tidak mau berlama-lama membiarkan customer Apple kecewa, maka mereka memperbaiki material pada seri iPhone 6S ini.

Kedua, Sisi Performance iPhone 6S

Menurut beberapa sumber, iPhone 6S ini 70% lebih cepat disbanding iPhone yang menggunakan chipset A8, dan 90% lebih cepat disbanding GPU performance. Wow, mantabs boss.

Performance ini sangat terasa ketika kita gunakan iPhone 6S untuk mengedit video, main game, dan menjalankan aplikasi-aplikasi lainnya. Meskipun iPhone 6S ini menggunakan RAM 2 GB, tapi performancenya tetap sangat memuaskan karena hardware dan softwarenya didesain khusus agar tidak memakan memori penyimpanan yang bisa memberatkan sistemnya.

Baca juga: iPhone 5S: Eksekutor Teknologi Fingerprint Pertama

Performance ini juga terlihat dari touch id sensor yang lebih sensitive dan tidak butuh loading lama untuk membuka layarnya. Jika dibandingkan dengan seri iPhone 6, jelas sangat terasa perbedaannya. iPhone 6S jauh lebih responsive dibandingkan seri pendahulunya itu.

Ketiga, Fitur 3D Touch iPhone 6S

Banyak orang yang percaya bahwa fitur 3D Touch ini merupakan fitur pembunuh untuk generasi iPhone sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya minat pengguna iPhone yang kemudian mengupgrade ke iPhone 6S untuk dapat merasakan fitur ini.

Jadi penasaran, kan? Kira-kira seperti apa fitur 3D touch yang dibawa iPhone 6S ini?

Ada semacam sensor yang sangat responsive pada layar iPhone 6S. Sensor ini mampu mendeteksi tekanan pada layar oleh jari-jari penggunanya. Jadi, ada beberapa aplikasi pada iPhone 6S ini yang bisa dioperasikan dengan cara mengatur besarnya tekanan pada layar oleh jari-jari penggunanya.

Misalnya saja pada aplikasi live wallpaper. Aplikasi ini bisa kita temukan pada menu setting, pilih menu wallpaper, lalu pilih live wallpaper. Ada banyak sekali pilihan live wallpaper, tinggal pilih, lalu set sebagai wallpaper.

Setelah itu coba matikan layar, lalu hidupkan iPhone 6S. Pada layar locscreen coba sentuh layar iPhone 6S menggunakan jari. Berikan sedikit penekanan, maka gambar live wallpaper akan bergerak dengan menawan. Keren banget, dah.

Atau coba masuk ke menu homescreen, lalu pilih salah satu aplikasi. Sentuh dengan jari dengan sedikit penekanan, maka pada layar akan muncul beberapa menu yang bisa langsung kita pilih. Tanpa menunggu aplikasi terbuka lebih dulu dan mengakses menu yang ada pada aplikasi tersebut.

Selanjutnya kita bisa coba action 3D Touch di dalam aplikasi. Silakan coba masuk ke mail, lalu coba tekan pada layar, maka akan muncul layar pop up yang keren banget. Ketika kita ingin tampilan layar full screen, maka kita tinggal beri tekanan lebih keras pada layar. Maka akan muncul tampilan layar full screen.

Gambar: pinterest.com

Lebih keren lagi, fitur 3D Touch ini memungkinkan kita untuk mengakses multi touchscreen langsung hanya dengan menekan pada pinggir layar dan menggesernya. Dengan melakukan slide atau menggeser-geser ini kita bisa berpindah-pindah ke layar aplikasi sebelumnya dan kembali ladi ke aplikasi-aplikasi lainnya.

Tentu saja masih banyak fitur-fitur di iPhone 6S yang sangat memanjakan penggunanya. Antara lain fitur kamera 12MP, 4K video recording, dan lain sebagainya. Silakan rasakan sendiri aroma premiumnya. Dijamin bakan puas banget.

Harga IPhone 6S

Lalu bagaimana dengan harga iPhone 6S di Indonesia? Tentu saja harga iPhone 6S ini bervariasi sesuai dengan kapasitas memori yang ditawarkan. Beberapa sumber menyebutkan untuk iPhone 6S 32 GB dibanderol dengan harga 9 jutaan, iPhone 6S 64 GB dibanderol 10 jutaan, sedangkan iPhone 6S yang 128 GB di harga 11 jutaan.

Nah, bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk memiliki iPhone 6S ini? Mantab, Boss. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *