iPhone 7 Plus dan Inovasi Kontroversial yang Dibawanya

iPhone 7 Plus dan Inovasi Kontroversial yang Dibawanya
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
Rp. 6.000.000
Sistem Operasi
iOS 10.0.1
Memori Internal
32/128/256 GB, GB, 3 GB RAM
Tipe Kartu Memori
Tidak Ada
Kamera
12 MP
Model Kartu SIM
GSM
Ukuran Layar
5,5'
Resolusi
1080 x 1920 pixels

Sejak pertama kali iPhone diperkenalkan ke public, Apple tak henti-hentinya berinovasi untuk meningkatkan kepuasan customernya. Mulai dari inovasi pada sisi desain iPhone, hingga performa dan fitur-fitur yang kemudian menjadi kiblat perkembangan teknologi ponsel dunia. Termasuk inovasi yang dibawa oleh iPhone 7 Plus yang juga ditujukan untuk meningkatkan kepuasan customer.

Namun, kehadiran iPhone 7 plus tidak bisa luput dari kontroversi. Perombakan yang dilakukan oleh perusahaan Apple pada iPhone 7 Plus ternyata menyulut reaksi ketidakpuasan customer. Memang sih tidak semua customer kecewa, tapi ada beberapa yang menyayangkan terkait inovasi yang dilakukan Apple pada iPhone 7 Plus ini.

Kita akan jabarkan sisi mana saja dari iPhone 7 Plus yang menimbulkan ketidakpuasan tersebut. Nah, sebelum ke sana ada baiknya kita cermati spesifikasi iPhone 7 Plus yang ada pada table di atas.

Spesifikasi Iphone 7 Plus

Spesifikasi iPhone 7 Plus memang tidak banyak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan seri iPhone 7. Mungkin yang kelihatan mencolok adalah dari sisi dimensinya. IPhone 7 Plus tampak lebih lebar disbanding iPhone 7. Karena iPhnone 7 Plus menggunakan layar 5,5 inch.

iPhone 7 Plus juga membawa perubahan pada sisi kamera. Jika pada iPhone 7 menggunakan kamera 12 MP, maka iPhone 7 Plus mengusung kamera ganda telephoto dan wide-angle 12 MP. Fitur kamera ini memungkinkan penggunakan bisa menggunakan fitur zoom digital hingga 10 kali yang lebih menawan untuk berfoto.

Gambar: apple.com

Informasi spesifikasi iPhone 7 Plus secara detail bisa dilihat pada table di atas. Ingat, cermati spesifikasinya dulu sebelum mebeli. Bandingkan dengan merek lain untuk memperoleh info plus minusnya. Biar nanti lebih manteb ketika memilih ponsel yang dibeli.

Review Iphone 7 Plus

Dari beberapa referensi menunjukkan review iPhone 7 Plus yang menyajikan ulasan terhadap inovasi dan perubahannya. Terutama dibandingkan dengan iPhone 7 dan seri-seri sebelumnya.

Secara keseluruhan memang Apple tergolong berani mengambil risiko dalam berinovasi di iPhone 7 plus ini. Namun, bukan berarti mereka gagal dalam menghadirkan produk premium yang selama ini menjadi ciri khas iPhone. Hanya saja ada beberapa kontroversi yang mewarnai peluncuran iPhone 7 plus ini.

Kontroversi yang sempat muncul adalah terkait dihilangkannya fitur jack audio 3,5 mm yang ada di iPhone 7 Plus. Sebenarnya sejak seri iPhone 7 diluncurkan, jack audio ini sudah dihilangkan. Sehingga para penggunanya diharuskan menggunakan adaptor jack headphone bawaan iPhone 7 Plus.

Baca juga: iPhone 6S Lebih Elegan, Body Kokoh dengan Fitur 3D Touch

Kekecewaan customer ini konon dikarenakan ribetnya ketika harus membawa adaptor ke mana-mana. Sebenarnya bisa menggunakan airpods, tapi kendalanya memang membutuhkan koneksi bluetooth. Sehingga kadang suara yang dihasilkan kualitasnya kurang sempurna karena terpengaruh oleh koneksi Bluetooth.

Padahal harga iPhone 7 Plus juga tergolong tidak murah. Sehingga customer merasa harus merogoh kocek lebih dalam lagi jika ingin menikmati music di iPhone 7 Plus. Mereka harus membeli perangkat airpods yang harganya jutaan rupiah.

Namun, tentu saja Apple sudah menyiapkan keunggulan-keunggulan lain untuk mengurangi kekecewaan customer pada iPhone 7 Plus. Apa saja keunggulan-keunggulan lain itu?

Fitur Taptic Engine pada Home Button iPhone 7 Plus

Home button pada iPhone 7 Plus memang tidak didesain seperti button pada umumnya. Secara fisik, tampilannya hanya semacam cekungan berbentuk bulat yang tidak bergerak ketika ditekan. Hanya berupa cekungan saja.

Gambar: gadgets.ndtv.com

Namun, ada sesuatu yang tersembunyi di home button ini. Home button pada iPhone 7 Plus di desain menggunakan sistem taptic engine. Mekanisme kerjanya menggunakan sensor style 3D touch yang terhubung dengan taptic engine yang bisa memberikan feedback saat home button dipencet. Mekanisme ini pertama kali diperkenalkan pada iPhone 7 Plus. Home button ini responsive terhadap daya tekanan jari pada permukaan button.

Tentu saja inovasi pada home button ini menjadi andalan iPhone 7 Plus untuk menunjukkan betapa mereka memang layak berada di barisan paling depan.

iPhone 7 Plus Anti Air dan Anti Debu

Sebenarnya iPhone sudah menerapkan teknologi anti air dan anti debu ini pada seri sebelumnya, iPhone 6. Namun, di iPhone 7 Plus ini Apple menunjukkannya dengan melakukan sertifikasi IP67.

Dengan adanya sertifikasi IP67 ini customer tidak perlu khawatir ketika iPhone 7 Plus tersiram air atau berdebu. iPhone 7 Plus tidak akan mengalami gangguan selama tidak terandam dalam air di kedalaman lebih dari 1 meter. Jika sekadar cipratan atau siraman air saja, masih aman.

Performance iPhone 7 Plus OK Banget

Bagi yang suka ngegame atau membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu, iPhone 7 Plus masih OK banget. Meskipun RAM yang disematkan hanya 3 GB, tapi performance yang ditunjukkan iPhone 7 Plus masih unggul dibanding android dengan RAM di atas 3 GB.

Di awal peluncurannya, iPhone 7 Plus sempat dibanderol hingga puluhan juta. Hal ini sebanding dengan performanya yang memang pantas diunggulkan dibanding ponsel-ponsel sekelasnya. Apple optimis dengan prosesor A10 fusion yang ia sematkan pada iPhone 7 Plus. Apple meyakini prosesor A10 fusion ini memiliki kecepatan 40 x lebih cepat dibanding prosesor A9 yang sebelumnya digunakan pada iPhone seri 6.

Ketika iPhone 7 Plus dicoba untuk gaming dan menjalankan aplikasi multitasking terasa banget tidak ada crash. Sejauh pengalaman pengguna masih merasa nyaman dengan performance yang ditunjukkan.

Baca Juga: iPhone 8: Punya Prosesor Tercepat dengan Chip A11 Bionic

Baterai iPhone 7 Plus juga lebih tahan tama, sehingga lebih nyaman untuk main game. Hasil uji daya tahan baterai menunjukkan bahwa iPhone 7 Plus bisa bertahan selama 16 hari dalam kondisi standby, 12 jam on 3G untuk waktu bicara, dan bisa bertahan hingga 14 jam untuk memutar video non stop.

membahas performance tentu belum lengkap jika tidak membicarakan hasil benchmark antara iPhone 7 Plus dengan phonel merk lainnya. Sebagai data perbandingan saya akan mengutip dari laman website beritagar.id. Di sana dituliskan hasil uji benchmark antara iPhone 7 Plus dengan menggunakan AnTuTu. iPhone 7 Plus diadu dengan android OnePlus 3 yang memiliki RAM 6 GB.

Hasil benchmark menunjukkan iPhone 7 Plus jauh lebih unggul dibanding dengan OnePlus 3. Skor iPhone 7 Plus mencapai 182559, sedangkan OnePlus jauh dibawahnya, yaitu mendapatkan skor 140298. Wow. Ini menunjukkan bahwa RAM 3 GB pada iPhone 7 Plus tetap bisa memberikan performa maksimal di atas android yang memiliki RAM 6 GB.

Dengan performance seperti ini customer iPhone akan terobati kekecewaannya. Bisa jadi di masa depan inovasi-inovasi tang dilakukan Apple ini menjadi trend yang dikuti oleh perusahaan ponsel lainnya.

Harga Iphone 7 Plus

Harga iPhone 7 Plus bervariasi tergantung pada spesifikasi memori yang disematkan. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa harga iPhone 7 Plus memori 32 GB dibanderol Rp. 6.000.000; sedangkan untuk iPhone 7 Plus dengan memori 128 GB dibanderol Rp. 6.300.000; untuk harga iPhone 7 Plus dengan memori 256 GB Rp. 8.600.000.

Tentu saja harga iPhone 7 Plus sewaktu-waktu bisa berubah. Tergantung toko yang menjualnya. Silakan pantau saja info terupdate melalui situs ecommerce untuk mendapatkan harga terbaik iPhone 7 Plus yang akan kalian beli.

Semoga informasi ini bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar jika ada hal-hal yang ingin didiskusikan. Terima kasih. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *