Totalitas Samsung Note 8 Untuk Kreatifitas dan Kerja Cerdas

Totalitas Samsung Note 8 Untuk Kreatifitas dan Kerja Cerdas
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
Rp8.300.000
Sistem Operasi
Android 7.1.1 (Nougat)
Memori Internal
64
Tipe Kartu Memori
Micro SD
Kamera
12 MP
Model Kartu SIM
GSM
Ukuran Layar
6,3'
Resolusi
2960x1440 pixels

Spesifikasi Gadget

MiscDimensi162.5 x 74.8 x 8.6 mm
Berat195 Gram
LayarInfinity Display Super AMOLED 521 ppi
Kamera Depan8 MP AF
Kamera Belakang12 MP Dual Kamera
Water ResistanceIP68
ProteksiCorning Gorilla Glass
ChargingFast Charging on wired and wireless Wireless charging compatible with WPC and PMA
IntelligenceBixby Assistance
ProcessorOcta-Core(2.3GHz Quad + 1.7GHz Quad), 64-bit, 10nm processor
TechnologyRAM6 GB
ChipsetExynos 8895 Octa - EMEA
BatteryNon-removableLi-Ion 3300 mAh battery
Disclamer: Kami tidak bisa menjamin bahwa informasi di halaman ini semuanya benar.

Dulu saya pikir untuk menjadi kreatif dan cerdas dalam menyelesaikan pekerjaan tuh cukup dengan handphone layar lebar dengan fitur-fitur office dan multimedia, tapi sekarang persepsi itu berubah. Terutama setelah tahu bagaimana totalitas yang ditunjukkan oleh Samsung note 8 melalui fitur dan hardware yang dibawanya.

Bagi penulis konten dan karyawan kantoran seperti saya, akan sangat terbantu ketika bisa memaksimalkan handphone untuk mendukung penyelesaian pekerjaan. Iya, apalagi kalau kita tipikal orang yang kurang suka membawa laptop ke mana-mana. Padahal setiap menit tuh sangat berharga.

Kita butuh perangkat yang bisa dibawa ke mana-mana, simple, tapi memadai untuk mengerjakan hal-hal kreatif berkaitan dengan pekerjaan. Seperti membaca referensi, mengetik, mengedit tulisan, mengedit gambar, atau membuat konten dengan aplikasi multimedia. Memang sih, pakai handphone biasa saja sudah bisa melakukan aktivitas tersebut, tapi apa yang ditawarkan Samsung note 8 adalah sesuatu yang istimewa.

Apa saja yang istimewa dari Samsung note 8? Saya akan bahas di artikel ini.

Spesifikasi Samsung Note 8

Spesifikasi paling mencolok dari Samsung note 8 adalah bentangan layar 6,3 inch yang dilengkapi dengan layar super AMOLED 1440 x 2960 pixels. Ketika Samsung note 8 pertama kali direlease, bentangan layarnya sempat menjadi yang terlebar di pasaran. Hal ini merupakan inovasi yang sangat kreatif dengan mempertimbangkan perilaku konsumen yang saat itu sedang gemar main game, streaming, dan mengakses aplikasi multimedia.

Sumber: samsung.com

Samsung note 8 memiliki dimensi ukuran 162,5 x 74,8 x 8,6 mm yang masih sangat nyaman di dalam genggaman tangan orang Indonesia. Dengan ukuran tersebut, Samsung note 8 memiliki berat total 195 gram. Lumayan mantab, karena memang material body yang berkualitas.

Untuk menunjang performance yang dahsyat, Samsung note 8 dibekali prosesor Octa-Core 4×2,3 GHz dan 4×1.7 GHz dengan RAM 6 GB. Menggunakan chipset Exynos 8895 Octa-EMEA dan system operasi Android 7.1.1 (Nougat). Tentu dengan spesifikasi daleman seperti itu, Samsung note 8 memiliki performance yang kencang.

Untuk keperluan penyimpanan file, Samsung note 8 menawarkan beberapa pilihan kapasitas memori internal: 64/128/256 GB dan juga micro SD yang bisa diupgrade hingga 256 GB. Dengan kapasitas penyimpanan file sebesar itu, kita enggak perlu khawatir bakal nemuin notif insufficient memory karena penuh.

Fitur istimewa lainnya yang dibawa Samsung note 8 adalah dual kamera 12 MP yang memiliki fitur OIS, autofocus, 2x optical oom, dan dual LED flash. Sedangkan kamera depan disematkan kamera tunggal 8 MP yang memiliki fitur auto HDR dan autofocus. Dengan fitur kamera sekelas ini, kita bakal ketagihan mengabadikan apa pun yang ada di sekitar kita.

Kapasitas baterai Samsung note 8 masing menggunakan non-removable Li-Ion 3300 mAh yang bisa tahan dalam 24 jam untuk aktivitas macem-macem.  Memang banyak pengguna yang berharap kapasitas baterai Samsung note 8 bisa lebih dari itu, tapi dari beberapa pengguna juga merasa sudah cukup.

Baca juga: Intip Kecanggihan Samsung S8 yang Bikin Decak Kagum

Review Samsung Note 8

Nah, sekarang kita kupas apa istimewanya Samsung note 8 melalui review atas fitur-fitur yang dibawanya. Tentu saja saya akan tunjukkan bagaimana totalitas Samsung note 8 dalam memberikan dukungan terhadap kreatifitas kita. Juga dalam hal memudahkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang lebih cerdas. Apa saja yang istimewa dari Samsung note 8?

Fitur Pintar Bixby Assistant Samsung Note 8

Sekilas mirip Google Assistant, tapi Bixby khusus dibuat Samsung untuk smartphone yang mereka produksi. Seperti yang disematkan dalam produk Samsung note 8, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan melalui fitur pintar bixby assistant ini.

Sumber: samsung.com

Sebenarnya bixby sudah diperkenalkan sejak bulan April tahun 2017. Namun, sepertinya kepopulerannya masih belum mengungguli google assistant yang lebih dulu dikenal. Meskipun demikian, akan rugi sekali kalau pengguna smartphone Samsung note 8 enggak memanfaatkan fitur ini. Karena fitur ini akan memudahkan kita dalam menelepon, browsing, mengirim pesan, atau mengaktifkan fitur tertentu yang ada di Samsung note 8.

Misalnya pada tampilan Bixby Home, kita bisa mengatur menu apa saja yang akan kita tampilkan di sana. Seperti menu-menu favorit yang paling sering kita gunakan, atau laman website tertentu yang paling sering kita kunjungi. Dengan menampilkannya di Bixby Home, akan akan memiliki akses lebih cepat untuk menjalankannya. Fungsinya hampir sama seperti sebuah shortcut yang ada di tampilan desktop PC.

Selanjutnya adalah fitur Bixby Vision, yang akan sangat membantu kita dalam mengidentifikasi sebuah benda menggunakan kamera. Misalnya kita hendak mencari tahu tentang sebuah benda antik. Dengan fitur Bixby Vision, kita cukup memotretnya menggunakan kamera, kemudian system akan mengidentifikasi gambar tersebut lalu menampilkan beberapa informasi di internet yang berkaitan dengan benda antik tersebut.

Bukan hanya itu, Bixby juga bisa mengidentifikasi tulisan tangan kemudian menampilkannya di layar smartphone menjadi bentuk ketikan. Atau kita juga bisa mengidentifikasi terjemahan tulisan tersebut dengan menggunakan menu translate yang ada pada Bixby.

Kemudian fitur Bixby Voice, sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk melakukan sesuatu dengan Samsung note 8 hanya dengan perintah suara. Misalnya etika kita inging memosting gambar tertentu di beranda facebook. Maka, kita cukup berikan perintah ke Bixby untuk memosting gambar yang kita maksud di facebook. Secara otomatis gambar itu pun akan diposting di facebook.

Yang menarik dari Bixby ini adalah kemampuannya menjalankan perintah yang cukup detail dan berinteraksi dengan aplikasi-aplikasi dari Samsung. Jadi fitur ini akan sangat memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan tertentu dengan cara yang lebih cerdas.

Pena Pintar S Pen Samsung Note 8

Dengan pena pintar S Pen yang ada pada Samsung note 8, kita bisa melakukan segala sesuatu untuk mendukung kreatifitas. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mencatat segala sesuatu seperti ide yang datang, remainder, referensi, atau yang lainnya dengan cepat. Kita cukup gunakan S Pen yang bisa kita gunakan tanpa perlu mengaktifkan layar smartphone. Catatan ini kemudian bisa kita save.

Sumber: samsung.com

S Pen juga memiliki fitur Samrt Select, yang memungkinkan kita untuk mengambil bagian dari layar untuk diedit. Missal ketika kita sedang membuka sebuah website, menggunakan S Pen kita bisa dengan mudah mengambil gambar lalu mengeditnya. Seperti auto select yang memungkinkan kita mengambil bagian-bagian penting dari gambar dan menghapus bagian lain. Atau bisa juga dengan sekadar share ke media social.

Fitur lain yang dimiliki oleh S Pen adalah fitur screen write, yang bakal membuat kita lebih mudah melakukan koreksi dengan cara menangkap tampilan layar lalu corat-coret dengan S Pen. Bagi seorang editor atau konsultan fitur ini akan sangat membantu ketika harus mengoreksi kerjaan dengan cepat.

S Pen juga memiliki fitur translate, yang akan memudahkan kita untuk memahami referensi yang kita baca dalam bentuk Bahasa asing. Pada fitur ini kita memilih translate kata perkata atau satu kalimat. Jadi akan sangat bermanfaat sekali.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal kreatif yang bisa kita lakukan dengan fitur S Pen pada Samsung Note 8. Silakan coba rasakan bagaimana totalitas Samsung note 8 dalam mendukung kreatifitas kita dan untuk membantu kita bekerja lebih cerdas.

Baca juga: Samsung Galaxy S9: Kameranya Mengadaptasi Mata Manusia

Harga Samsung Note 8

Beberapa toko online di Indonesia menawarkan harga yang bervariasi untuk Samsung note 8. Ada yang menjualnya dengan harga 7,5 jutaan hingga 8,5 jutaan. Memang kalau kita amati, setiap tahun harga smartphone cenderung berubah-ubah. Untuk mendapatkan harga terbaik dengan kualitas istimewa, ada baiknya kita membelinya di gerai Samsung resmi yang ada di kota kita.

Nah, itulah ulasan saya mengenai Samsung note 8. Semoga bermanfaat dan solakan share artikel ini agar teman-teman kita mendapatkan info keren ini. Terima kasih. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *