iPhone SE: Body Ala iPhone 5s, Mesin Rasa iPhone 6s?

iPhone SE: Body Ala iPhone 5s, Mesin Rasa iPhone 6s?
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
3.260.000-6.725.000
Sistem Operasi
iOS 9.3.2, upgradable to iOS 12.1
Memori Internal
16/32/64/128 GB
Tipe Kartu Memori
Tidak Tersedia
Kamera
12 MP
Model Kartu SIM
GSM/CDMA/HSPA/LTE
Ukuran Layar
4.0 inches
Resolusi
640 x 1136 pixels

Spesifikasi Gadget

TechnologyChipsetApple A9 (14 nm)
CPUDual-core 1.84 GHz Twister
GPUPowerVR GT7600 (six-core graphics)
BatteryNon-removable Li-Po 1624 mAh battery (6.21 Wh)
Waktu BicaraHingga 14 jam
Pemutaran MusikHingga 50 jam
Stand-by240 jam
MiscSensorsFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
MessagingiMessage, SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML5 (Safari)
Siri natural language commands and dictation, iCloud cloud service, MP3/WAV/AAX+/AIFF/Apple Lossless player, MP4/H.264 player, Audio/video/photo editor, Document editor
HandsetWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioNo
USB2.0, proprietary reversible connector
Disclamer: Kami tidak bisa menjamin bahwa informasi di halaman ini semuanya benar.

iPhone SE (Baca: Special Edition) pertama kali diumumkan oleh Apple pada 21 Maret 2016 di Auditorium Mabes Apple, masih cukup muda ya. Sekitar 2 tahun yang lalu. Maka ponsel satu ini rasanya bisa mengikuti perkembangan zaman untuk saat ini. Kenapa ponsel satu ini disebut edisi spesial? Pastinya Apple memaparkan alasannya.

Iseng-iseng saya mencecar pertanyaan kepada teman yang suka mengamati ponsel berlogo apel tergigit itu.

“iPhone SE itu small but powerful karena body kecil namun performa ngebut. Bentuknya iPhone 5s, sedangkan mesin iPhone 6s.”

Begitu pendapat singkat dari teman saya perihal iPhone SE. Hmm, iya kah? Langsung saja saya cari tahu daleman sekaligus luarnya ponsel pintar satu ini. Kemudian, saya compare ketiga ponsel yang disebut tadi (iPhone SE, iPhone 5s, dan iPhone 6s).

Body

Sumber: Digitaltrends

Eh betul guys, dari segi tubuh yang memiliki dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm sama persis dengan pendahulunya iPhone 5s. Selain itu juga dari beratnya hanya selisih satu gram saja. iPhone SE : 113 gram ; iPhone 5s : 112 gram. Namun, untuk slot SIM card serta adanya tambahan front glass, kemudian tubuh yang terbuat dari alumunium turut mendukung persisnya ponsel ini dengan predecessor-nya.

Walaupun persis, nyatanya tidak plek sama. Apple pun menyuguhkan kelebihan walau seuprit. iPhone SE dibekali dukungan Apple Pay (Visa, MasterCard, AMEX certified) untuk melakukan transaksi oleh penggunanya. Begitu yang tertera pada fitur body iPhone SE.

Display

Sumber: Digitaltrends

Nah ini juga perlu kita cek, guna memvalidasi perkataan teman saya tadi. Pasalnya ini merupakan salah satu yang disebut bentuk pada ponsel.

Tipe layar pada iPhone SE adalah LED-backlit IPS LCD dengan dukungan layar sentuh kapasitif yang memiliki 16 juta warna. Layar sentuh ini juga mampu multitouch. Maka jari-jari Anda itu, bisa menyentuh secara bersamaan. Ya contohnya seperti kita zoom in atau zoom out tampilan pada ponsel kita.

Layar iPhone SE yang berukuran 4 inch dengan resolusi 640 x 1136 pixels, 16:9 ratio (~326 ppi density). Seperti yang saya pernah bahas, apabila ppi pada ponsel Anda nilainya lebih besar dari 290, maka layar yang ditampilkan akan bening.

Jadi guys, apakah display iPhone SE sama dengan iPhone 5s? Jawabannya iya. Memang dua ponsel ini dari segi tampilan pun sama. Wah, menarik juga iPhone dengan edisi spesial a.k.a SE.

Apple berkata bahwa iPhone SE diproduksi guna memenuhi request pelanggan. Permintaan apa itu? Katanya mereka ingin produk iPhone dengan body kecil namun ngebut. Istilahnya kecil-kecil cabe rawit. Ukuran kecil namun pedasnya huh hah.

Baca juga: iPhone 5: Smartphone Apple dengan Jaringan 4G Pertama

Platform

Poin yang biasanya amat diperhatikan oleh kaum pria. Terlebih pria tersebut mengetahui teknologi dalam smartphone. Wajar jika hal ini yang biasanya disombongkan oleh pria saat nongkrong bareng dengan temannya. Begitu melihat temannya membawa ponsel anyar. Pertanyaan tentang platform langsung ditodongkan kepada empunya.

Sistem operasi (OS) yang diusung pada iPhone SE adalah iOS 9.3.2. Namun OS ini bisa diperbaharui hingga iOS 12.1. Betul sekali guys, ini iOS terbaru saat ini (Desember 2018). Jadi tidak perlu khawatir mengenai daleman ponsel ini. Up to date.

Chipset pada iPhone SE bernama Apple A9 (14 nm). Chipset ini diperkenalkan pertama kali pada 9 September 2015. Sistem pada chip yang berbasis ARM 64-bit, dirancang langsung oleh Apple Inc. Baru kemudian diproduksi oleh TSMC. Chip ini pertama kali diterapkan pada iPhone 6s dan 6s Plus.

Prosesor iPhone SE? Pastinya sudah dua inti guys. Nama prosesor alias CPU dari iPhone SE adalah Dual-core 1.84 GHz Twister. CPU pada iPhone SE jauh lebih cepat dibanding pendahulunya iPhone 5s : 1.3 GHz. Yap, selisih 0.54 GHz. Maka wajar jika ponsel ini dikatakan lebih ngebut dan banter.

Platform hampir terakhir yang perlu kita bahas adalah GPU. Pada iPhone SE diselipkan prosesor grafis yang memiliki enam inti, yaitu PowerVR GT7600 (six-core graphics). Jauh lebih baik ketimbang predecessor-nya yang hanya memiliki empat inti (quad-core).

Berapa kapasitas RAM pada iPhone SE? Yap, iPhone SE memiliki RAM berjumlah 2 GB. Selain itu juga, Apple memberi opsi kepada customer untuk memilih kapasitas memori internalnya. iPhone SE support antara lain 16/32/64/128 GB pada memori internalnya.

Lalu, pertanyaannya apakah platform di atas (iPhone SE) sama dengan platform dari iPhone 6s? Iya guys, jawabannya SAMA.

Kamera

Sumber: Digitaltrends

Kamera pada ponsel satu ini terbagi menjadi dua antara lain :

Main Camera (Kamera Utama/Belakang)

Resolusi kamera utama pada iPhone SE sebesar 12 MP dengan pelengkap f/2.2, 29mm (standard), 1/3″, 1.22µm, PDAF. Haiyah, apa itu coba itu guys? Saya hanya memahami angka yang disebut pertama.

Namun dengan adanya fitur Dual-LED dual-tone flash, HDR. iPhone SE bisa menghasilkan gambar yang lebih jelas nan bening. iPhone SE juga bisa digunakan untuk aktivitas videografi. Di mana fiturnya adalah 2160p@30fps, 1080p@30/60fps, 1080p@120fps, 720p@240fps. Maka film yang bisa dihasilkan akan berkualitas tinggi (HD).

Overall, untuk kamera utama iPhone SE, sama dengan kualitas dari kamera iPhone 6s. Wah, menarik nih.

Selfie Camera (Kamera Depan)

Resolusi kamera untuk berselfie iPhone SE sebesar 1.2 MP. Seperti biasa saya cantumkan fitur lain terkait selfie kamera pada iPhone SE : f/2.4, 31mm (standard). Mungkin bagi para penyuka seni fotografi, hal ini bisa bermanfaat.

Bagi yang bertanya, fitur apa yang terdapat pada kamera ini. Ini dia guys, Face detection, HDR, panorama. Wajah kita bisa terdeteksi oleh kamera secara otomatis. Kualitas high definition. Panorama yang berfungsi saat mengambil gambar landscape view dari pemandangan.

Emm, namun tidak lupa saya menambahkan perihal kamera selfie saat merekam video. Resolusi yang dihasilkan adalah 720p@30fps.

Ini perbedaannya guys. Kamera selfie pada iPhone SE hanya memiliki resolusi 1.2 MP, sedangkan iPhone 6s sebesar 5 MP. Memang harus dimaklumi. Harga iPhone 6s lebih mahal dari iPhone SE. Memang selayaknya begitu.

Baterai

  • iPhone SE : Non-removable Li-Po 1624 mAh battery (6.21 Wh).
  • iPhone 5s : Non-removable Li-Po 1560 mAh battery (5.92 Wh).
  • iPhone 6s : Non-removable Li-Ion 1715 mAh battery (6.91 Wh).

Yap, iPhone SE memiliki kapasitas lebih besar dari pendahulunya, namun lebih kecil dari penerusnya. Sedangkan, tipe dan model tetap sama. Baterai tanam bermerk Li-Po yang tidak bisa dicopot sembarangan.

Fitur Lain

Fitur-fitur lain, terlebih yang mendukung keamanan ponsel seperti sidik jari dan find my iPhone juga turut ada dalam iPhone SE. Serta layanan iCloud yang selalu mendukung proses back up data ponsel ini. Sehingga data kita tetap aman.

Tak lupa fitur seperti accelerometer, gyro, proximity, dan compass juga turut andil dalam menyokong kebutuhan pengguna iPhone SE.

Alih-alih teman wanita (Siri natural language commands and dictation) juga akan menjawab segala pertanyaan kita yang terkadang iseng belaka.

Harga iPhone SE

Sumber: Tokopedia

Penutup

Akhirnya review ini sudah mencapai penghujung. Bagi siapa saja yang tertarik diskusi perihal iPhone SE dan isinya, mari tulis komentar kalian di bawah. Oke guys, tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. See you soon!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *