Mengulas Layar Jernih dari Smartphone Oppo A71

Mengulas Layar Jernih dari Smartphone Oppo A71
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
Rp 1.749.900
Sistem Operasi
Android 7.1
Memori Internal
16 GB
Tipe Kartu Memori
microSD
Kamera
13 MP
Model Kartu SIM
GSM
Ukuran Layar
5.2 Inchi
Resolusi
720 x 1280 piksel

Spesifikasi Gadget

ProcessorProsessorQualcomm SDM 450
GPUMali-T860 MP2
Sistem OperasiColorOS 3.1, based on Android 7.1
CPUOcta-core (4x1.5 Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53)
HandsetRAM2 GB
Memori Internal16 GB
Dimensi148.1 x 73.8 x 7.6 mm (5.83 x 2.91 x 0.30 in)
TechnologyKamera Belakang13 MP
Kamera Depan5 MP
Resolusi20 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~282 ppi density)
BatteryBaterai3000 mAh
MiscSeri warnaGold, Black
Disclamer: Kami tidak bisa menjamin bahwa informasi di halaman ini semuanya benar.

Memilih Smartphone memang susah-susah gampang. Kalau ada budget yang tinggi sih kita bisa langsung memilih yang memiliki spec tinggi dengan merk yang bisa diandalkan. Tetapi bagaimana jika budget yang disediakan untuk membeli HP hanya pas-pasan tetapi menginginkan Smartphone dengan spec yang lumayan?

Akhir-akhir ini banyak sekali vendor Smartphone yang menawarkan spec tinggi dengan harga yang bisa dibilang terjangkau. Misalnya saja brand Oppo yang dulunya hanya bermain di pasaran 3 jutaan keatas, tetapi sekarang telah merambah pasar menengah dengan spec yang tidak kalah dengan Smartphone dikelasnya.

Kali ini kita akan membahas tentang Oppo A71 yang di rilis pada 2018 kemarin, masih fresh sih karena memang ini masih awal tahun sehingga pembahasan ini masih terasa segarnya jika kita membahasnya pada tahun ini.

Oppo nampaknya telah berkomitmen untuk menciptakan Smartphone yang memiliki spec yang mulai berani jika dibandingkan dengan Smartphone dengan harga yang sama dari vendor lainnya.

Dengan Oppo A71 ini pengguna akan mendapatkan sebuah Smartphone yang  memiliki desain yang lumayan menarik. Untuk angka Smartphone dibawah dua jutaan, fisik dari Oppo A71 ini bisa dibilang standar-standar saja memang.

Baca juga: Cukup dengan 1,5 Juta Sudah Bisa Bawa Pulang Oppo Neo 5

Desain

 

oppo a71
Gambar : Oppo.com

Menggunakan layar sebesar 5.2 inchi pada keluaran Oppo ini menjadikan Smartphone ini bisa dibilang sama seperti Smartphone pada umumnya karena sekarang layar lebih banyak mencapai enam koma sekian.

Layar besar memang tidak menjamin kenyamanan tetapi terkadang layar yang besar sekarang ini sudah menjadi trend pada dunia pergadgetan. Semakin besar biasanya orang akan semakin puas, tetapi kembali lagi jika semakin besar maka jangkauan tangan juga akan semakin sulit untuk digenggam.

Dari masalah layar kita beralih kemasalah build qualitynya. Oppo A71 ini bodynya berbahan dasar dari plastik (Poly carbonat) sehingga tidak terlalu nampak kesan mewahnya padahal Smartphone ini termasuk Smartphone menengah yang seharusnya bisa menuju atau hampir menyamai dengan Smartphone kelas premium

Kemudian dari segi tampilan yang lain juga Oppo ini dibekali dengan lubang charger yang masih micro USB dibagian bawahnya serta disamping slot charger ada  speaker dan mic dikanan dan kirinya. Kalo ini sih mungkin semua Smartphone memiliki kesamaan pada desain bawahnya.

Baca juga: Tengok Spesifikasi Oppo Realme 2 Yang Laris Terjual

Tidak lupa layar pada Oppo A71 satu ini juga dibekali dengan teknologi IPS  yang dapat bermain Smartphone seperti game dengan sudut kemiringan mencapai 178 derajat tanpa berubah warna dari layarnya. Serta memiliki resolusi mencapai 1280 x 720 piksel sehingga ketika digunakan untuk bermain game atau menonton video akan menghasilkan layar yang jernih.

Kejernihan layar memang terkadang diperlukan untuk memberikan kepuasan ketika kita bermain game atau menonton video apalagi jika yang menggunakan adalah wanita terkadang jika terdapat warna yang tidak sesuai sedikit saja pasti akan berasa bedanya. Layar yang dimiliki Oppo A71 ini nampaknya  yang ingin ditonjolkan oleh vendor asal tiongkok ini.

Untuk warna yang ditawarkan oleh Oppo A71 ini ada dua pilihan warna yaitu Gold dan Black. Untuk Anda yang menginginkan tampilan elegan mungkin bisa untuk memilih warna gold dan bagi Anda yang menginginkan ketangguhan mungkin bisa memilih seri Black.

Performa

Oppo A71
Gambar : Oppo.com

Jika dari segi desain bisa dibilang standar-standar saja karena memang desain atau tampilannya tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya.

Tetapi untuk masalah peforma Oppo A71 ini bisa dibilang mengalami peningkatan. Untuk masalah peforma Smartphone kelas menengah Oppo A71 ini dibekali dengan chipset Snapdragon 450 yang merupakan sebuah terobosan pada Smartphone kelas menengah.

Dengan sistem Operasi Android 7.1 tentunya akan menghasilkan peforma yang ciamik. Untuk memainkan game dapat berjalan dengan lancer dari mulai game grafis tinggi hingga grafis rendah bisa dilibas oleh Oppo A71 ini.

Baca juga: Versi Android Terdahulu Hingga Terbaru: Android 9 Pie

Oppo memang mulai berusaha untuk menambah spec pada Smartphone yang dikeluarkannya, karena mungkin Oppo sudah cukup dengan kekuatan kameranya dan sekarang mereka akan merambah ke peningkatan pada peforma sehingga tidak ketinggalan dengan brand Smartphone lainnya.

Pada saat pemakaian game Smartphone ini juga tidak mengalami kenaikan suhu yang signifikan bisa dibilang standar pemakaian agak sedikit hangat. Wajar

Kamera

OPPO A71
Gambar : Oppo.com

Kali ini pembahasan kamera Oppo memang sebuah kewajiban karena kamera Oppo adalah sebuah senjata utama dari brand ini.

Oppo A71 ini dibekali dengan kamera depan sebesar 5 MP, menurut saya untuk Smartphone mid-end kamera ini tentu kalah jauh dari Oppo tipe lainnya yang keluar pada tahun lalu karena rata-rata sudah memiliki kamera lebih dari sepuluh megapiksel. Tetapi jika untuk pemotretan selfie sehari-hari kamera pada Oppo A71 ini sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang cukup jernih.

Selain itu kamera depan pada Oppo A71 ini juga dibekali dengan efek bokeh atau blur pada bagian belakang sehingga akan lebih mengasilkan selfie yang lebih ciamik. Namanya juga selfie expert tentunya tidak diragukan lagi.

Untuk kamera belakang Smartphone ini dibekali dengan 13 MP. Sangat cukup untuk menghasilkan sebuah foto yang jernih, apalagi jika Anda memiliki hobby Photography tentu kamera ini sudah layak untuk mendukung hobby Anda.

Selain itu pada saat digunakan untuk mode video juga tidak kalah jernihnya karena video yang dihasilkan bekualitas dengan resolusi sebesar 1080 p x 30 fps, meskipun pada saat melakukan perekaman masih ada getaran tetapi hal ini tidak menjadikan hasil video menjadi blur.

Penyimpanan

Masalah penyimpanan terkadang menjadi hal yang sering menjadi permasalahan untuk pengguna yang memiliki file-file besar yang harus diletakan pada ruang penyimpanan.

Oppo A71 ini memiliki internal memory sebesar 16 GB. Untuk pemakaian stadart memang internal sebesar ini bisa untuk menampung file tetapi jika Anda masih menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar maka Anda bisa menambah memory degan slot microSD sampai dengan 256 GB.

Selain itu Oppo A71 ini juga dibekali dengan RAM sebesar 2 GB, sudah cukup melakukan multi tasking dan juga untuk mengatur aplikasi yang terinstall di Smartphone.

Dengan penyimpanan dan RAM yang bisa dibilang cukup lumayan untuk Smartphone menengah yang bisa dipakai sehari-hari nampaknya Oppo A71 ini layak kok dibeli buat Anda yang menginginkan Smartphone mid-end dengan harga dan spec yang “pas”

Baterai

Baterai yang baik dan tahan lama akan mendukung aktivitas menjadi lebih tenang. Baterai dari Oppo A71 ini bisa digunakan untuk seharian dengan pemakaian normal karena dengan kapasitas 3000 mAh ini akan cukup untuk mendukung berbagai aktifitas Anda.

Sayangnya untuk sekelas Smartphone mid-end, Oppo A71 ini belum dibekali dengan sensor sidik jari atau Finger print yang biasanya sudah tertera pada Smartphone dikelasnya.

Sebagai gantinya Oppo memberikan pengamanan dengan menggunakan face unlock untuk membuka. Dengan memidai wajah dengan menghadapkan wajah kekamera maka Smartphone akan terbuka dengan sendirinya.

Bagi Anda yang bingung untuk mencari Smartphone harga dibawah 2 juta, mungkin Oppo A71 ini bisa menjadi rekomendasi daftar Smartphone bagi Anda.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *