Bisnis sampingan masih menjadi pilihan utama bagi para karyawan yang ingin memulai bisnis tanpa meninggalkan pekerjaannya. Karena selain resikonya minim, apalagi anda masih tergolong baru dan awam di dunia bisnis. Bermain bisnis sampingan bukan berarti main-main dan tidak ada keseriusan dalam menjalaninya. Kalau anda serius bisa saja penghasilannya melebihi penghasilan utama anda. tim Studentpreneur memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin memulai bisnis sampingan tanpa meninggalkan pekerjaan utama anda.

restaurant photo

1. Ketahui dan lakukan riset terhadap target pasar
Riset pasar adalah salah satu kunci untuk membuat produk anda banyak dikenal dan dibeli banyak orang. Pasar mempunyai peranan untuk menentukan apakah bisnis Anda akan sukses atau gagal. Maka dari itu pintar-pintar lah membaca kondisi pasar, dengarkan komplain pelanggan anda dengan baik dan terima masukan yang membangun mengenai produk dan jasa anda.

2. Hematlah pengeluaran anda
Jika bisnis sampingan anda tumbuh besar dengan cepat bukan berarti anda membuang-buang uang dan tidak bijak dalam mengeluarkan pengeluaran. Hematlah modal anda diawal-awal memulai bisnis. Lihat respon pasar jika bagus baru anda bisa menambahkan modal. Pilah baik-baik dimana anda akan berjualan, cobalah untuk awa-awal berjualan di akun facebook,twitter dan bbm anda.

3. Cari produk yang anda ingin jual
Website seperti Etsy, Fiverr, Elance, atau freelancer.com dapat memberikan ide untuk anda yang ingin memulai bisnis tambahan. Bisa juga anda menjadi reseller atau bahkan dropship sebuah barang yang sekiranya laku dipasaran. Dropship sudah sangat minim resiko dan banyak pemula yang melakukannya. Cobalah produk fashion sebagai awal mula berbisnis sampingan, karena produk fashion cenderung tidak akan habis pembelinya, karena setiap hari kita menggunakan pakaian, celana, sepatu dan produk fashion lainnya.

4. Aturlah jam tidur anda
Sudah jelas waktu tidur akan berkurang, karena selain waktu kita habis untuk kerja di kantor, sesampainya dirumah kita harus mengurus bisnis lagi. Jadi jelas bisnis sampingan akan menguras waktu. Atau bisa juga disela-sela jam kantor atau jam istirahat anda menyelesaikan beberapa transaksi dengan konsumen. Memang waktu, tenaga dan pikiran sangat dibutuhkan jika ingin membangun bisnis sampingan agar sukses dan menghasilkan.

5. Cari tahu sisi lemah anda
Dimanakah kelemahan anda? Temukan segera dan pelajari kelemahan anda tersebut. Atau mungkin anda bisa mencari partner dalam berbisnis. Tujuan dari berpartner dalam dunia bisnis adalah untuk saling menutupi kekurangan. Memang sebaiknya seorang pengusaha harus berpartner pada awalnya, untuk membentuk tim yang solid dan saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response