5 Macam Faktor Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi di Smartphone Android

Smartphone Android tidak hanya bisa terkoneksi dengan jaringan internet melalui provider seluler saja. Selain menggunakan jaringan internet dari provider seluler, anda juga bisa menggunakan jaringan wifi.

Jaringan wifi memang memberikan lebih banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jaringan internet dari provider seluler. Salah satu keunggulannya adalah tidak ada batasan kuota. Namun demikian, terkadang smartphone Android tidak bisa mendeteksi wifi. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab wifi tidak terdeteksi di smartphone Android anda?

Ternyata memang ada cukup banyak faktor yang bisa menyebabkan wifi tidak terdeteksi oleh smartphone Android anda. Jika anda ingin mencoba mengatasi masalah tersebut, anda harus membaca terlebih dahulu mengenai faktor apa saja yang biasanya menyebabkan smartphone Android anda tidak bisa mendeteksi wifi di sekitarnya melalui artikel ini.

Faktor Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi di Smartphone Android

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memang ada cukup banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah wifi tidak terdeteksi di smartphone Android.

Berikut adalah beberapa macam masalah yang biasanya menyebabkan smartphone Android sama sekali tidak bisa mendeteksi jaringan wifi di sekitarnya:

1. Router wifi tidak support dengan tipe smartphone Android yang anda gunakan

Faktor pertama yang bisa menyebabkan smartphone Android tidak mendeteksi jaringan wifi adalah karena router wifi tidak support dengan tipe smartphone.

Hal ini memang cukup jarang terjadi terutama di jaman sekarang. Pasalnya, mayoritas jaringan wifi sudah menggunakan router dengan teknologi terbaru.

Baca juga : Xiaomi Redmi 5 Plus – Ponsel Tahan Banting Berlayar Lebar

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan masih ada jaringan wifi yang menggunakan router teknologi lama. Jika router wifi yang digunakan teknologinya masih lama, ada kemungkinan smartphone Android tipe baru tidak bisa mendeteksi jaringan tersebut.

2. Mac address smartphone Android masuk kedalam daftar black list router wifi

Jika memang router wifi yang digunakan adalah router baru, kemungkinan besar masalah wifi tidak terdeteksi terjadi karena mac address smartphone Android yang anda miliki sudah masuk kedalam daftar black list dari router wifi tersebut.

Setiap router wifi teknologi baru memang memiliki fitur black list mac address device tertentu. Efek dari gadget yang mac addressnya masuk kedalam black list router wifi adalah tidak bisa mendeteksi jaringan wifi tersebut.

3. Smartphone Android terlalu banyak menyimpan jaringan wifi

Jika anda perhatikan, setiap kali anda terhubung dengan jaringan wifi tertentu, smartphone Android yang anda gunakan pasti menyimpan jaringan wifi tersebut.

Fungsi utama dari penyimpanan jaringan wifi pada smartphone Android tersebut adalah agar memudahkan pengguna ketika akan menggunakan jaringan wifi yang sama di lain waktu.

Baca juga : Advan G2 Yang Dibuat Khusus Untuk Anda Yang Suka Selfie

Namun demikian, hal tersebut juga bisa menyebabkan masalah wifi tidak terdeteksi. Pasalnya, smartphone Android tetap memiliki batas penyimpanan jaringan wifi.

Jika penyimpanan jaringan wifi terlalu penuh, secara otomatis smartphone Android anda sudah tidak bisa mendeteksi jaringan wifi baru.

4. Sistem smartphone Android mengalami kerusakan

Selain karena masalah pada router dan juga pada penyimpanan jaringan wifi dalam smartphonenya, masalah wifi tidak terdeteksi juga bisa disebabkan karena sistem operasi Android di dalam smartphone mengalami kerusakan.

Ketika sistem operasi Android mengalami kerusakan, maka ada cukup banyak fitur smartphone yang tidak bisa berjalan secara maksimal. Salah satu fitur yang paling sering terkena imbas dari kerusakan sistem operasi Android adalah pada fitur koneksi wifi.

5. Adanya kerusakan hardware wireless pada smartphone Android

Jika memang anda sudah memastikan bahwa router wifi dan sistem operasi Android yang anda gunakan tidak mengalami masalah namun masalah wifi tidak terdeteksi tetap saja muncul, maka ada kemungkinan yang menjadi penyebabnya adalah kerusakan hardware wireless.

Untuk memastikannya, anda bisa menghidupkan fitur wifi pada smartphone Android anda. Jika smartphone anda sama sekali tidak mendeteksi wifi di sekitarnya, padahal di smartphone lain terlihat ada banyak sekali jaringan wifi, maka sudah dapat dipastikan bahwa hardware wireless anda mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Masalah Wifi Tidak Terdeteksi pada Smartphone Android

Jika memang anda mengalami masalah wifi tidak terdeteksi di smartphone Android, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi masalah wifi tidak terdeteksi pada smartphone Android:

1. Hapus jaringan wifi yang tersimpan di smartphone Android

Jika memang smartphone Android anda menyimpan banyak sekali jaringan wifi, mulailah menghapus jaringan wifi yang sudah tidak pernah anda gunakan lagi. Hanya sisakan saja jaringan wifi yang cukup sering anda gunakan.

Dengan mengurangi jumlah jaringan wifi yang tersimpan di dalam smartphone Android, kemungkinan besar masalah wifi tidak terdeteksi yang saat ini anda alami bisa teratasi.

2. Reset factory smartphone Android anda

Jika memang penyimpanan jaringan wifi di smartphone Android anda sudah bersih namun masalah wifi tidak terdeteksi masih anda alami, cobalah untuk melakukan reset factory pada smartphone Android yang anda miliki.

3. Reset router wifi

Jika jaringan wifi yang tidak terdeteksi adalah milik anda sendiri, coba reset router wifi tersebut. Kebanyakan wifi juga sering mengalami error atau malfungsi jika terlalu lama digunakan.

Lalu bagaimana jika penyebab utama masalah wifi tidak terdeteksi yang anda alami adalah kerusakan hardware wireless di smartphone Android? Jika memang penyebabnya adalah kerusakan pada hardware wireless di smartphone anda, maka mau tidak mau solusi untuk mengatasi masalah wifi tidak terdeteksi yang anda alami adalah dengan mengganti hardware wireless yang rusak tersebut.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *