Well, hari ini telah terjadi sebuah acara dimana tempat bertemunya semua pecinta internet marketing di Indonesia, terutama di bandung. Kolaborasi antara team Ads-id.com, Bixbux.com dan Bitcoin.co.id menghasilkan sebuah acara bernama “Bandung Digital Meet-Up”.  Acara yang dijadwalkan akan diadakan rutin sebulan sekali ini banyak sekali mengundang para ahli dan pakar di dunia internet marketing. Nama yang sudah tidak asing seperti Arief Theo, Rully Kustandar, Mbah Katob dan beberapa nama besar lain datang untuk meramaikan acara ini.

20140118_104637

Kebetulan saya datang pagi hari sekitar pukul 08:30. Masih sangat sepi karena didukung cuaca bandung yang hujan rintik-rintik pagi itu. Jadwal tertulis acara akan mulai pukul 09:00, namun mas Jaya selaku pembicara pertama belum juga datang, diduga terhambat hujan. 10:00 acara dimulai dibuka oleh mas Jaya yang sedang agak sedikit kurang fit, dia hanya mengatakan “kalo saya belum pingsan, saya pasti akan tetap datang” sambil tertawa kecil. Mulai masuk materi, mas Jaya lebih memfokuskan bagaimana pengembangan dan perjalanan situs yang dikembangkannya sejak 2012 bernama YubiStore. Bagaimana awal mula ingin menciptakan sebuah market place yang berbeda dengan hanya menjual barang-barang lokal. Cara salah satunya adalah dengan menggunakan affiliate marketing atau biasa disebut yubi affiliate. Affiliate adalah sebuah sistem dimana kita membantu menjualkan barang atau produk sebuah website dan kita akan mendapatkan komisi beberapa persen sesuai perjanjian di awal. Yubi mengandalkan para affiliaternya untuk membesarkan nama Yubi yang masih tergolong baru. Menurut saya sistem affiliasi yang ditawarkan oleh YubiStore ini adalah yang terbaik di situs lokal karena YubiStore dapat memberikan pembayaran tepat waktu dan terutama komisi yang cukup besar untuk selevel website affiliasi lokal. Didukung dengan fasilitas “dashboard” yang menunjukan jumlah klik, jumlah cookies, produk yang terjual dan produk yang sudah dipesan, dianggap sudah cukup sebagai data untuk menganalisa pasar oleh para affiliater YubiStore.

20140118_120632

 

Jam menunjukan pukul 11:30, mas Jaya mengakhiri materinya dan dilanjut oleh Adis, pembicara yang mempunya latar belakang seorang backpacker juga blogger ini, sudah memiliki 2 buah buku yang beredar dan terbilang cukup sukses dipasaran. untuk mengetahui lebih lanjut dapat di cek di www.whateverbackpacker.com yang merupakan blog yang dikelolanya. Sekilas info saja, backpacker adalah orang-orang yang suka berjalan-jalan ke belahan dunia  hanya dengan mengandalkan modal super minim atau super hemat. Dibuktikan dengan Adis yang berhasil ke Kuala Lumpur hanya bermodalkan uang 100 ribu. Ya betul, 100 ribu saja dan itu masih ada sisa untuk beli rokok di Indonesia. Adis juga pernah keliling asia tenggara hanya bermodalkan uang 2,7 juta rupiah saja. Apa rahasianya? Ternyata yang dia menghemat uang pengeluaran dia lokasi tujuan dengan tidur di bandara! Betul, di bandara luar negeri dia bilang sangat nyaman, dengan wifi super ngebut, sofa untuk duduk yang nyaman, toilet untuk mandi yang bersih dan beberapa fasilitas lain yang sudah setara dengan sebuah hostel. Kemudian Adis bercerita tentang dia yang mulai berjualan beberapa produk backpacker seperti kaos dan tas. Kaos bisa dijualnya sebanyak 70pcs dalam seminggu, karena audience atau orang yang mengenal adis sudah banyak, akan sangat mudah untuk menjual kaos-kaos tersebut. Adis juga menjual sebuah tas berukuran 40 L yang diberi nama Sumba, seharga 1 juta. Awalnya tas ini sulit dijual karena terlalu mahal, dengan strategi memberi diskon 20% untuk hanya selama 4 jam. Dia berhasil menjual sekitar 7 buah tas. Strategi yang cukup baik menurut saya, karena didukung promosi dan kualitas produk yang bagus juga. Jam 12:35, adis mengakhiri materi dan pak Wintor selaku MC acara menginformasikan untuk break sampai pukul 13:00.

20140118_144052

Jam menunjukan jam 13:15, para peserta sudah mulai memenuhi venue dan terlihat mas Arief Theo bersiap di panggung untuk mengisi materi. Materi yang akan dibawakan seorang master SEO, online shop dan juga dunia affiliate ini adalah tentang 7 tips membangun toko online. Well, beliau memang cukup ahli dalam masalah toko online, dibuktikan toko parfumnya yang dulunya hanya sebuah toko online sekarang sudah ada 4 cabang di seluruh Indonesia, beberapa berlokasi di Jakarta dan jogja dimana beliau tinggal. Toko onlinenya memiliki page rank yang sangat amat baik di google, coba saja anda ketika “jual parfum” maka nama www.jocelyns.co.id akan muncul di peringkat 1 halaman 1 google. SEO atau search engine optimization yang diaplikasikan beliau sangat luar biasa efeknya. Masuk ke materi yaitu ada 7 tips untuk membangun toko online, tips itu adalah:

1.Produk yang tepat

Produknya dipakai banyak orang, berkualitas dan selalu dipesan berulang-ulang oleh konsumen atau repeat order.

2.Branding
Yaitu artinya ciri khas dari produk yang dijual dan memiliki nilai lebih di mata konsumen.

3.Excellent service
Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, seperti menangani komplain dan menjawab pertanyaan konsumen.

4.Management cash flow
Cash flow adalah darah dari sebuah usaha atau bisnis, maka dari itu aturlah cash flow sebaik mungkin untuk menghindari kebangkrutan.

5.Management sistem kerja
Yang  berisi alur proses kerja karyawan, delegasi yang dilakukan karyawan. Dan sebagai pemimpin kita harus memiliki “helicopter view” atau sederhananya adalah bisa memandang sebuah masalah dari atas sehingga semua sudut bisa terlihat dan mengambil keputusan dengan bijak.

6.Jaga ketersediaan stock
Mencatat stok yang tersedia dan mengantisipasi dengan baik jika stock mulai menipis.

7.Bijak dalam penggunaan modal
Gunakan modal untuk iklan, promosi, modal usaha dengan baik dan penuh perencanaan agar tidak merugi karena penggunaan modal yang boros.

Setelah mengemukakan semua materi diatas, banyak pertanyaan muncul dari peserta. Seperti modal yang dihabiskan dari awal untuk membentuk usaha seperti ini berapa, kesulitan-kesulitan uang ditemui apa saja dan lain-lain. Waktu menunjukan pukul 14:30, materi yang diberikan oleh mas Arief Theo pun sudah tuntas. Maka saatnya mas Arief Theo digantikan oleh pembicara berikutnya yaitu Agung Hari Prabowo.

20140118_145624

Agung Hari Prabowo adalah seseorang yang sudah memulai karirnya sejak tahun 2007, pria yang amat sangat menyukai idol grup jkt48 ini memulai dengan mengumpulkan database email dari para pelanggan. Sampai pada akhirnya beliau sangat menguasai “list building” atau istilahnya biasa disebut mengumpulkan email sebagai data base yang nantinya akan digunakan untuk email marketing. Beliau menggunakan database yang kebanyakan di dapatkan dari squeeze page tersebut untuk kemudian digunakan di dalam email dan mengirimkan kepada para pemilik email tersebut sebuah iklan atau produk yang dia jual. Cara ini seperti dikatakan pak rully adalah teknik internet marketing paling tua namun masih ampuh digunakan sampai sekarang. Saya pribadi masih sangat asing dengan beberapa istilah di list building ini. Karena memang saya pribadi belum pernah menyentuh teknik ini sebelumnya.

Begitulah kurang lebih yang saya saksikan di acara Bandung Digital Meet-Up hari pertama, acara gratis namun dikemas secara sangat berkualitas ini sangat amat layak untuk dikunjungi.  Dengan para pembicara yang nilai seminarnya sudah jutaan, kita bisa dapatkan secara gratis di acara ini. Untuk anda yang belum sempat datang hari ini, saya rekomendasikan untuk datang lagi besok karena beberapa pembicara yang tidak kalah hebatnya dari hari ini akan memberikan cukup ilmu “daging” pada materinya yang akan mengisi hari kedua di acara Bandung Digital Meet-Up besok. Beberapa nama seperti Andi Ikhram, seorang pakar Clickbank dan FB ads yang tengah mengadakan roadshow seminarnya ke beberapa kota ini akan mengisi pada jam 9 pagi dan tentunya pak rully yang juga sangat ahli di bidang internet marketing akan memberikan materi yang tidak kalah “dagingnya”. Sampai jumpa besok!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

7 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. didit January 19, 2014 at 4:50 AM - Reply

    Materinya okey, sayang hari ke 2 sy gak bisa join. Thank….

  2. Asep Hendra January 19, 2014 at 7:40 PM - Reply

    Makasih buat para pemateri… materinya oke sangat bermanfaat, sayang sy ga bisa hadir di hari kedua

    BR,
    Asep Hendra

  3. Iqbal Surya January 21, 2014 at 10:42 PM - Reply

    Sedikit ralat om Wientor..
    sepertinya nama om Agung diatas tertulis salah..hehe

    “Agung Hari Putra adalah seseorang yang sudah memulai karirnya sejak tahun 2007,…”

    bukannya namanya AGung Hari Prabowo ya om?
    hehe

    • Dewa F. Reza January 22, 2014 at 10:37 AM - Reply

      terimakasih mas iqbal untuk mengingatkan. saya sudah ganti namanya. thanks 🙂

  4. Jogja Outdoor January 30, 2015 at 1:54 PM - Reply

    Istimiwirrrr…. Menginspirasi!

Leave A Response