Saat ini semakin banyak wanita yang menggunakan hijab di Indonesia. Meskipun memakai hijab, mereka juga tidak ingin ketinggalan zaman dalam perkembangan fashion. Hijab bukan menjadi halangan mereka untuk tampil fashionable, malah hijab membuat penampilan mereka menjadi semakin cantik dan menawan.

Melihat jumlah konsumen potensial yang cukup banyak ini, ada banyak pebisnis yang mulai mencoba untuk merambah pasar ini dengan membuka toko online maupun gerai di pusat perbelanjaan untuk memenuhi keinginan para hijabers, sebutan untuk para pengguna hijab, yang ingin tampil gaya dengan menggunakan hijab. Para pebisnis ini berlomba-lomba untuk menawarkan dan menjual berbagai macam hijab dan baju muslim dengan model yang modern namun tetap islami. Ada pebisnis yang membuat sendiri desain hijab dan baju muslim, ada juga yang bekerja sama menjadi reseller dengan pihak yang memproduksi hijab dan baju muslim.

Ada banyak sekali bisnis hijab yang bermunculan di Indonesia mulai dari yang berskala kecil hingga besar. Akan tetapi, tidak semua bisnis hijab ini dapat meraih sukses. Namun, ada juga bisnis hijab yang mampu bertahan hingga akhirnya berkembang menjadi bisnis hijab ternama. Berikut ini adalah 6 bisnis hijab ternama yang mungkin dapat jadi sumber inspirasi bagi kamu yang ingin memulai bisnis hijab!

1. Rabbani

Rabbani
Rabbani via rabbanimallonline.com

Rabbani yang mempunyai tagline Profesor Kerudung Indonesia ini merupakan salah satu bisnis hijab yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Nama dari bisnis hijab ini pun mempunyai arti yang sangat mendalam. Rabbani mempunyai arti yaitu orang yang dekat dengan Allah SWT.

Rabbani yang memiliki kantor pusat di Bandung ini sudah mempunyai banyak sekali toko cabang atau gerai yang tersebar di Indonesia sehingga tidak heran jika bisnis hijab ini mempunyai banyak sekali pelanggan. Rabbani tidak hanya mempunyai banyak gerai atau toko, tapi juga mempunyai mall online sendiri yang dapat memudahkan para pelanggan untuk membeli produk mereka dari mana saja dan kapan saja.

Rabbani juga tidak hanya menjual hijab, tapi juga baju muslim untuk wanita, baju muslim untuk pria, baju muslim dan kerudung untuk anak-anak, perlengkapan untuk sholat, tunik, dan aksesoris lainnya untuk menunjang penampilan.

2. Elzatta

Elzatta
Elzatta via fashiontodays.com

Elzatta juga merupakan bisnis hijab ternama yang berasal dari kota kembang Bandung. Bisnis hijab ini didirikan oleh Elidawati. Asal nama bisnis ini diambil dari gabungan nama Elidawati dan anaknya, Zatta sehingga menjadi Elzatta.

Bisnis hijab yang mulai dibangun sejak tahun 2012 ini sudah sangat berkembang pesat. Awalnya bisnis hijab ini hanya mempunyai karyawan sebanyak 17 orang, namun kini bisnis hijab ini mempunyai karyawan kurang lebih sebanyak 500 orang.

Elzatta memproduksi berbagai macam model kerundung yang memiliki kualitas baik. Bisnis hijab ini juga menggunakan bahan yang halus dan lembut sehingga sangat nyaman digunakan. Bahan yang nyaman ini diambil langsung dari Turki. Selain kerudung, Elzatta juga memproduksi baju muslim meskipun tidak dalam jumlah yang banyak.

Hingga saat ini Elzatta sudah membuka toko sebanyak 60 buah, lebih dari 20 toko resmi, dan lebih dari 30 toko mitra.

3. Zoya

Zoya
Zoya via zoyaonlinestore.com

Zoya merupakan salah satu bisnis hijab yang ternama di Indonesia. Zoya memproduksi kerudung, selendang, dan bergo. Zoya memiliki karakter kerudung yang ringan, mudah digunakan, dan mudah dipadankan dengan baju muslim juga aksesoris lainnya. Zoya juga menciptakan bermacam-macam kerudung dengan berbagai warna dan motif sehingga memiliki banyak pilihan.

Bisnis hijab ini mulai dibangun sejak tahun 2005. Zoya tidak hanya memproduksi kerudung, selendang, dan bergo saja, akan tetapi juga kosmetik, baju muslim yang nyaman digunakan di rumah, dan baju muslim dengan bahan jeans mulai dari atasan seperti blus, dress, tunik hingga bawahan seperti celana panjang dan rok panjang. Semua produksi Zoya ini dijual dengan harga yang terjangkau sehingga mampu mencakup kelas ekonomi dan pasar yang cukup luas.

Zoya juga menggaet selebriti papan atas Indonesia sebagai model untuk produk mereka yaitu Lula Kamal, Soraya Larasati, dan Laudya Cynthia Bella karena dianggap dapat mewakili kecantikan muslimah Indonesia.

4. Shafira

Shafira busana muslim surabaya 2016

Shafira via shafira.com

Shafira juga merupakan salah satu bisnis hijab yang sudah tidak asing lagi untuk para hijabers. Bisnis hijab ini sudah cukup lama dirintis oleh pendirinya Feny Mustafa selama 25 tahun. Oleh karena itu, tidak heran jika kini Shafira sudah berkembang menjadi bisnis hijab ternama di Indonesia. Seiring perjalanannya, Shafira sudah mempunyai kurang lebih 24 toko yanng tersebar di Indonesia.

Shafira memproduksi baju muslim dan hijab yang nyaman dipakai dengan desain yang sederhana, namun tetap terlihat elegan. Baju muslim dan hijab ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam suasana mulai dari yang santai, kasual, hingga formal.

5. Meccanism

Meccanism
Meccanism via meccanism.com

Bisnis hijab yang satu ini dapat dikatakan sebagai sebuah bisnis keluarga. Bisnis hijab ini merupakan milik aktris Zaskia Adya Mecca dan sang kakak Tasya Nur Medina. Dalam bisnis ini Zaskia memegang peranan sebagai desainer dan konseptor, sedangkan Tasya memegang peranan sebagai direkur operasional yang menangani soal keluar masuk barang. Kemudian sang adik laki-laki, Haikal memegang peranan sebagai direktur keuangan.

Meccanism ini memproduksi berbagai macam barang mulai dari jilbab, baju muslim, outer, celana, rok, inner, dan hingga ciput. Semua barang hasil produksi bisnis hijab ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Karena sang pemilik ingin semua kalangan dapat memakai produk buatannya. Ini sangat sesuai dengan prinsip Meccanism yang ingin memberikan barang berkualitas dengan harga jual yang ekonomis.

Kamu dapat membeli produk Meccanism dengan mendatangi langsung butik mereka di Jalan Benda Raya, Kemang, Jakarta. Selain itu, kamu juga dapat membeli produk mereka secara online.

6. Shasmira

Shasmira
Shasmira via shasmira.com

Shasmira merupakan bisnis hijab yang mulai dibangun sejak tahun 2005. Shasmira tidak hanya menjual kerudung, tapi juga baju muslim, kebaya, gamis, kaos, tunik, dan blus. Kerudung buatan Shasmira mempunyai kualitas yang sangat bagus serta nyaman dipakai. Mereka mempunyai berbagai macam kerudung seperti kerudung segi empat, kerudung instan, dan kerudung paris.

Semua barang Shasmira melalui proses produksi dan pengerjaan yang baik dan teliti seperti kerudung yang memiliki hiasan payet, hiasan sulaman pita dan benang dilakukan tanpa menggunakan mesin sehingga benar-benar hasil karya buatan tangan.

Shasmira juga memiliki merek yang ditujukan untuk remaja yaitu Hazna dan merek yang ditujukan untuk kamu laki-laki yaitu Rozaq. Kamu dapat membeli semua produksi Shasmira baik di toko atau gerai maupun secara online.

Kamu juga dapat merambah bisnis hijab ini karena memiliki potensi pasar yang sangat menjanjikan dan tampaknya akan semakin berkembang. Bila tidak bisa memproduksi sendiri kerudung atau baju muslim, kamu dapat memilih sebagai reseller ataupun agen penjualan dari produk jilbab yang sudah ada. Beberapa bisnis jilbab ternama membuka kesempatan untuk umum jika ada yang ingin menjadi partner ataupun reseller mereka. Jadi, manfaatkanlah kesempatan itu untuk memulai bisnis hijab kamu sendiri!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Zaqi April 24, 2016 at 10:23 PM - Reply

    Di awal-awal bisnis hijab dengan modal kecil masih bisa survive Mas. Tapi disaat “pemain besar” sudah ngeh dengan potensi bisnis ini maka sekarang kondisinya terbalik yaitu kalau tidak bermodal akan susah untuk fight di lini bisnis ini. Kebutuhan bukan hanya desain tapi juga pemanfaatan artis untuk endorse product tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

    Tapi sebagai inspirasi artikel ini mencerahkan untuk tetap istiqomah di bisnis online hehe

    • Wientor Rah Mada April 24, 2016 at 10:30 PM - Reply

      Ini bener banget. Gula selalu dikerubutin semut. Sekarang bisnis hijab banyak dikuasai oleh pemodal besar, karena mereka bisa endorse artis dan desainer keren. Walaupun begitu ceruk ini masih manis buat pemula. Saya selalu percaya, pebisnis besar melihat langit, sedangkan pebisnis kecil selalu menginjak bumi. Pasar harus dikuasai dengan konten lokal.

Leave A Response