Halo, lagi pengen berbagi bagaimana cara awam mengamankan blog dari komentar spam yang bikin kita bete. Komentar spam itu sendiri bisa banyak makna sih, tapi umumnya merupakan bentuk komentar – komentar yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan tema yang sedang kita diskusikan.

Saya berikan samplenya:

comment

Coba di simak, komentar komentar yang ada dalam gambar tersebut merupakan komentar yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel yang ditulis. Komentar yang ada sekedar cenderung dorongan menaruh link balik menuju web yang mereka targetkan dari kolom komentar kita. Berani memberikan garansi, bahkan yang menaruh komentar itu bukan manusia namun mesin pengisi komentar otomatis yang sekarang menjamur di dunia SEO.

Spam komen bikin kita jadi nggak nyaman

Wah, ya jelas ya, komentar yang model demikian itu membuat kesan artikel blog kita menjadi kotor, serta merusak alur tema diskusi yang sedang dibangun dalam sebuah artikel / thread.  Maka perlu bagi kita untuk mengamankan diri dari masuknya komentar komentar buruk tersebut dalam blog wordpress kita. Caranya?

Cara awam mengamankan website kita dari komentar spam adalah dengan dengan memasang reCaptcha anti spam dalam kolom komentar blog kita, simple stepnya:

  1. Login ke wordpress mu, ketik namaweb.com/wp-admin
  2. Kalau udah login, sebelah kiri cari menu PLUGIN
  3. Pilih menu ADD NEW PLUGIN
  4. Nanti muncul kolom plugin gitu, masukan di kolom itu : WP-reCAPTCHA, klik search. atau bisa akses langsung http://wordpress.org/extend/plugins/wp-recaptcha/installation/
  5. Kalau sudah nemu, pluginnya nanti di install lalu di aktifkan
  6. Langkah selanjutnya mencari API KEY recaptchanya, daftar dan daptkan di http://www.google.com/recaptcha.
  7. Masukan Api Key ke dalam menu Setting WordPress, menu WP-reCAPTCHA. Lalu Save, insyallah sudah jalan program pengamannanya.

Apakah harus seperti itu? Sebenarnya ada banyak plugin captcha lain, namun siapa sih yang tidak mengakui kehandalan recaptchanya google yang masih susah ditembus oleh mesin pembaca dan pengisi captcha otomatis di dunia ? Alternatif lain sebenarnya bisa dengan memakai AKISMET, hanya seringkali akismet itu error, komentar asli berkualitas dari pengunjung malah ikut ke terdetek spam. Kayaknya tu aja dulu, Semoga bermanfaat ya tipsnya.

Oya, Mari dukung bixbux dalam program Big Blog Exchange, voted di http://tinyurl.com/bixbuxblog.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Online Quotient Practitioner. Blogger Marketer. Creative Muslim Entrepreneur. Proven Durianholic. Kenal saya lebih dekat di Google+, Facebook & Twitter.

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Riskha April 13, 2013 at 9:26 AM - Reply

    kalau di blogspot gimana gan? apakah tingggal menonaktifkan kolom comment aja? atau menginstal plugin sejenis seperti di wordpress?

    thxs

  2. Anjrah Ari Susanto April 14, 2013 at 6:05 AM - Reply

    kalau blogspot, sudah default dari sononya biasanya sudah ada recaptcanya mbak. jadi, setauku nggak perlu instal-instal lainnya lagi.

Leave A Response