Bisnis. Membangun sebuah bisnis dari nol memanglah sangat sulit dan harus melalui jalan yang terjal. Kemudian anda menjalankan bisnis itu dan mulai mengalami perkembangan. Bisnis yang anda jalankan semakin dikenal banyak orang dan penjualan barang atau jasa yang ditawarkanpun mengalami peningkatan. Hingga akhirnya bisnis anda masuk kategori bisnis yang sukses. Ukurannya sukses apa? Itu anda yang menentukan. Bukan orang lain.

Ketika bisnis sudah menjadi bisnis sukses, belum saatnya anda menghela napas lega dan besantai-santai. Malah sebaliknya perjuangan akan dimulai dari sini dan akan lebih berat bobotnya. Yang paling sulit dalam berbisnis adalah mempertahankan kesuksesan yang diraih untuk jangka waktu yang lama. Ada banyak bisnis yang mampu bertahan hingga berpuluh-puluh tahun, tapi tidak sedikit juga bisnis yang akhirnya bangkrut karena tidak mampu menjaga kesuksesannya dengan baik.

Baca juga : Bisnis Online Tanpa Modal Yang Bisa Dilakukan Sekarang Juga!

Inilah mengapa menjaga atau bahkan meningkatkan kesuksesan itu menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Belum lagi akan ada banyak pesaing yang muncul dengan produk, strategi, dan inovasi yang lebih fresh dan baru di pasaran. Ada 7 kiat untuk membantu anda yang ingin mempertahankan kesuksesan atau yang baru saja ingin membangun bisnis dan bercita-cita ingin membuat kerajaan bisnis sukses yang mampu bertahan lama.

planning photo

1. Jangan pernah berhenti punya mimpi!

Sebagai seorang pelaku bisnis, janganlah anda pernah berhenti untuk bermimpi. Janganlah berhenti mempunyai mimpi yang besar. Ketika anda berhenti mempunyai mimpi yang besar, maka bukan tidak mungkin bisnis suksesmu juga akan berhenti alias bangkrut.

Seorang pelaku bisnis HARUS memiliki ambisi untuk terus mengembangkan bisnisnya agar dapat terus bertahan hingga puluhan tahun. Jangan pernah merasa puas dengan pencapaian yang sudah didapatkan saat ini. Karena itu dapat menyebabkan bisnis tidak akan berkembang dan hanya jalan di tempat saja. Namun, ingat anda tidak boleh menjadi serakah dan gelap mata hanya karena mengejar keuntungan.

Saat anda mempunyai mimpi yang besar,tentunya anda akan terus berusaha untuk meraih dan mewujudkan mimpi itu. Sama saja dengan bisnis, ketika bisnis sudah meraih kesuksesan di pasaran lokal, anda punya mimpi ingin bisnismu dapat menembus pasar internasional, karena itu anda berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi itu.

2. Buat rencana yang matang dan sebaik mungkin!

Perencanaan yang matang dapat menentukkan bagaimana nasib bisnis anda di masa depan. Kelemahan pebisnis konvensional adalah tidak pernah merencanakan apapun. Dengan sistem perencanaan yang bagus, anda akan dapat menentukan masa depan seperti apa yang ingin anda raih. Oleh karena itu, perlu membuat perencanaan dengan sebaik mungkin. Anda tidak akan pernah mengetahui apa yang akan terjadi pada bisnismu di masa depan, karena itu perencanaan ini digunakan sebagai cara untuk mengatasi dan mempertahankan kesuksesan bisnismu.

Tidak ada seorang pun yang dapat memprediksi bagaimana keadaan pasar, pelanggan, dan pesaing yang akan muncul di masa depan. Untuk itu perencaan yang matang dan baik dapat menjadi solusi untuk menghadapi segala macam hal yang akan terjadi yang dapat menggangu dan mengancam kesuksesan dan keberadaan bisnis.

3. Berkaca pada pelaku bisnis lainnya!

Tidak ada salahnya untuk melihat dan berkaca pada pelaku bisnis lainnya ketika menjalankan bisnis. Anda akan mendapatkan banyak ilmu yang berguna dari para pelaku bisnis seperti cara untuk mempertahankan kesuksesan, cara menjaga pelanggan setia, cara menarik pelanggan baru, dan masih banyak lagi.

Anda dapat mencuri ilmu dari para pelaku bisnis sukses ini dengan membaca buku yang mereka terbitkan, mengikuti seminar dengan mereka sebagai pembicara, atau mencari berbagai informasi lainnya melalui bantuan internet. Anda dapat mencontoh cara-cara yang diterapkan para pelaku bisnis ini untuk mempertahankan dan menjaga kesuksesan bisnis mereka. Selain untuk afirmasi, penting juga untuk menerapkan hal baru (tapi lama) dari pendahulu kita.

4. Kembangkan bisnis yang anda miliki!

Ketika bisnis yang anda jalani berada dalam kesuksesan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan bisnis lainnya. Hal ini dapat dilakukan sebagai salah satu cadangan jika bisnis anda yang pertama mulai mengalami penurunan, maka bisnis yang kedua ini dapat membantu dan mendukung bisnis tersebut.

Anda dapat mengembangkan bisnis baru yang memiliki bidang tak jauh beda ataupun yang sama sekali berbeda dengan bisnis yang pertama. Anda dapat melakukan penelitian untuk melihat tren apa yang sedang terjadi di masyarakat sebagai bahan pertimbangan untuk menentukkan bisnis baru yang akan anda jalankan.

Baca juga : Keuntungan Berbisnis Dengan Toko Online Dan Kiat Suksesnya

5. Kontrol keuangan dan berhemat!

Ini merupakan hal yang sangat penting demi kelangsungan bisnis anda di masa depan. Anda harus dapat mengontrol keuangan bisnis dengan baik, teliti, dan cermat. Kontrol keuangan yang baik dan sikap berhemat termasuk hal yang dapat membantu anda mempertahankan kesuksesan bisnis.

Belajarlah untuk tidak semudah itu menggunakan atau mengeluarkan uang dari kas untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak perlu. Belajarlah untuk memilah-milah mana kebutuhan yang penting dan tidak penting untuk keberlangsungan bisnis. Anda tentunya tidak ingin bisnismu bangkrut karena tidak memiliki dana yang cukup atau kehabisan dana.

Kontrol keuangan ini sangat diperlukan sebagai jaga-jaga jika nantinya bisnis mengalami masalah keuangan sehingga dapat diselamatkan dengan uang kas yang sudah disimpan dengan baik. Hal ini tentunya dapat menjaga dan mempertahankan kesuksesan bisnismu.

6. Pelanggan adalah segalanya!

Tanpa adanya pelanggan, bisnismu tidak akan berjalan. Tanpa adanya pelanggan, bisnis tidak akan mendapatkan pemasukan dan keuntungan. Tanpa adanya pelanggan, bisnis anda mustahil menjadi sukses. Oleh karena itu, pelanggan adalah segalanya!

Anda harus dapat memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan agar para pelanggan ini berubah menjadi pelanggan setia yang akan selalu menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Menjaga kesetiaan para pelanggan ini juga bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Anda perlu melakukan berbagai strategi untuk memikat hati para pelanggan ini.

Dengan memiliki basis pelanggan yang cukup kuat, bukan tidak mungkin kesuksesan bisnis akan bertahan lama karena barang atau jasa yang anda jual masih diminati dan dicari oleh para pelanggan. Namun, jangan lupa untuk terus berinovasi dan mengembangkan barang atau jasa tersebut agar dapat menjaring pelanggan lainnya di masa depan.

7. Ikuti perkembangan zaman!

Seorang pelaku bisnis yang baik tidak akan pernah takut dan menolak perkembangan zaman. Malah sebaliknya, anda seharusnya terus mengikuti dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dengan begitu, bisnis milik anda akan selalu up to date dan mampu bertahan dari gempuran pesaing lainnya. Sehingga kesuksesan bisnis akan tetap terjaga.

Jika saat ini semua hal sudah serba online, anda sebaiknya mengikutinya sebagai salah satu cara memperluas pelanggan. Anda juga dapat menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter sebagai sarana mempromosikan produk dan jasa yang anda tawarkan. Dengan melakukan inovasi-inovasi, bisnismu tidak hanya akan mampu mempertahankan kesuksesan, tapi juga menjaring pelanggan baru.

Selain itu, dengan mudahnya mengakses internet di mana-mana, anda jadi dapat menjalankan dan juga memantau perkembangan bisnismu dari mana saja dan kapan saja tanpa dibatas waktu.

Selain ketujuh hal ini anda juga memerlukan determinasi dan niat yang kuat untuk menjalankan sekaligus mempertahankan kesuksesan bisnis yang anda geluti sekarang. Anda tidak sendirian dalam usaha mempertahankan kesuksesan ini. Anda memiliki anak buah dan orang-orang yang berkompeten untuk membantu dan berjuang bersama mempertahankan kesuksesan bisnis. Oleh karena itu, teruslah semangat dan jangan menyerah. Semoga sukses ya!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

  1. setia June 22, 2017 at 10:15 AM - Reply

    Ada harapan buat kami untuk menjalankan usaha yang lebih maju

Leave A Response