Toko Online. Zaman sekarang, mengumpulkan pundi-pundi rupiah dapat di lakukan dengan berbagai cara. Selain memilih pekerjaan yang cukup banyak menghasilkan uang, bisnis pun menjadi pilihan yang tepat untuk membuat rekening tabungan anda bertambah. Nah kali ini akan di bahas seputar fenomena terbaru dalam upaya meraup jutaan rupiah tiap bulan. Fenomena ini adalah bisnis toko online yang sudah banyak di geluti oleh berbagai latar belakang orang. Tidak lain, para pendiri bisnis semacam ini adalah anak-anak muda. Mereka bergelut dalam bisnis internet yang mengandalkan website gratis atau pun jejaring sosial untuk memasarkan produk atau jasanya. Mereka berlomba-lomba mendirikan toko online yang menawarkan innovasi terbaru dari aneka jenis kue, pakaian, jilbab, sepatu dan masih banyak lagi. Maka toko online ini banyak sekali macamnya, mulai dari toko online kuliner, toko online pakaian, toko online tas, toko online sepatu dan sandal sampai toko online furnitur. Bermodalkan statergi internet marketing, para pengusaha toko online mampu menarik ribuan pelanggan hingga akhirnya maraup keuntungan yang bisa di bilang fantastik.

Keuntungan Berbisnis Dengan Toko Online

Dari berbagai tanggapan para pelaku bisnis dengan toko online mengatakan bahwa, toko online lebih menguntungkan ketimbang berbisnis secara konvensional yang membutuhkan tempat dan karyawan. Toko online dinilai lebih efektif dan efisien, karena dapat di jalankan secara individu dan promosi dapat terjangkau lebih luas. Ini karena toko online yang mengandalkan internet dan jejaring sosial lebih mudah di kenal dan dikunjungi oleh jutaan orang dari berbagai daerah. Otomatis ini akan mendatangkan para pelanggan yang melimpah. Secara garis besarnya, berikut ini adalah beberapa keuntungan berbisnis dengan toko online:

  1. Target pasar yang sangat luas, karena toko online mampu mendatangkan pelanggan dari dalam maupun luar negeri.
  2. Lebih hemat biaya dan modal. Karena dengan toko online, bisnis dapat di jalankan secara individual sehingga mampu menghemat biaya gaji karyawan, bahkan toko online tidak memerlukan sewa kantor.
  3. Toko online lebih efektif untuk, karena informasi yang disampaikan lebih banyak dan jelas, sehingga komsumen mudah mendapatkan gambaran mengenai produk atau jasa yang di tawarkan.

Kiat Sukses Mendirikan Toko Online

Seperti menjalankan bisnis nya, mendirikan toko online pun harus mempertimbangkan hal-hal yang krusial. Toko online yang pada dasarnya terletak di sebuah website, tentu hanya bisa di akses melalui jaringan internet. Olek karena itu perlu sekali mepertimbangkan kiat sukses mendirikan toko online berikut ini:

  1. Tentukan jenis produk atau jasa yang akan anda jual. Produk atau jasa adalah inti dari bisnis toko online itu sendiri, sehingga harus benar-benar manta papa jenisnya. Tentu produk atau jasa yang lebih sukses untuk dipasarkan adalah yang innovative dan berbeda dari produk toko online lainnya. meskipun produk yang akan di jual adalah pakaian misalnya, setidaknya buat pakaian yang di jual di toko online Anda memiliki kelebihan atau perbedaan yang membuatnya lebih baik dari produk lain.
  2. Tentukan Market place nya, seperti siapa saja yang akan memakai produk Anda
  3. Buat sebuah situs atau blog khusus toko online yang menarik
  4. Berikan berbagai artikel, foto atau video yang memberikan gambaran secara jelas dan menarik mengenai produk atau jasa dari bisnis toko online anda.
  5. Publikasikan dan promosikan situs anda
  6. Bila anda belum cukup mahir menggunakan website, anda bisa memanfaatkan jejaring sosial yang gratis dan mudah mengaplikasikannya, misalnya seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Keuntungan dari jejaring sosial adalah mampu mendatangkan konsumen yang lebih banyak, ini karena hampir dari seluruh orang dari belahan dunia menggunakan jejaring sosial untuk berinteraksi. Oleh karena itu, mudah sekali memsarkan produk atau jasa ke teman Facebook, Twitter atau Instagram anda.

Bila kiat sukses mendirikan toko online sudah dilaksanakan, maka selanjutnya anda hanya perlu meng-update informasi serta gambar-gambar dari produk atau jasa toko online. Ingat, meskipun dari awal toko online sudah di kenal banyak orang, tetap saja ada kegagalan apabila anda tidak berkomitmen dalam memperbarui dan menyebar luaskan informasi produk atau jasa toko online anda. Bila perlu, anda harus berinnovasi untuk menghasilkan produk yang lebih beda dari toko online lainnya. Produk apa pun bisa anda jual di toko online, mulai dari kuliner, pakaian, tas, sepatu dan sandal, aksesoris sampai kerajinan tangan, yang penting toko online anda mampu memberikan informasi dan gambaran produk yang jelas mengapa konsumen harus membelnya.

Itulah seputar menjalankan bisnis dengan toko online. Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi bisnis anda di masa depan atau yang sekarang sudah punya produk tetapi belum mampu menyewa toko. Maka toko online adalah pilihan yang pas untuk bisnis anda. Selamat mencoba!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. anik September 24, 2015 at 3:32 PM - Reply

    Mantap mas. Sebenarnya banyak yang harus saya tanyakan, boleh tidak?

  2. Moch Rizal February 13, 2016 at 11:21 AM - Reply

    problemnya adalah action, angan-angan boleh tinggi tetapi actionnya yang kurang all out jadi toko online jadi-jadian deh

Leave A Response