time photo

Time scheduling atau time parting adalah salah satu teknik optimasi campaigns yang paling saya sukai. Iklan saya hanya running di jam-jam tertentu saja yang mempunyai tingkat konversinya paling tinggi, sehingga otomatis biaya iklan yang saya keluarkan menjadi lebih efisien lagi. Optimasi menggunakan teknik ini tentunya tidak bisa langsung dilakukan diawal saat saya mulai menjalankan campaign. Butuh waktu beberapa hari bahkan minggu, seringkali pilihan optimasi ini saya lakukan setelah saya melakukan optimasi-optimasi lain sebelumnya atau bahkan optimasi ini hanya saya lakukan terhadap “Winning Campaign”.

time schedule

Teknik optimasi menggunakan time scheduling hasilnya sering kali mampu menaikkan ROI 5% – 20%, karena iklan kita benar-benar hanya running diwaktu yang tepat. Ada dua syarat utama jika anda ingin melakukan teknik optimasi ini:

Pertama, anda harus menggunakan tracking yang memiliki kemampuan capture data konversi/sales dan memisahkannya berdasarkan jam dan hari (time parting dan days parting). Tanpa tools ini hampir mustahil anda bisa mengumpulkan data dan memutuskan jam-jam yang tepat untuk ber-iklan.

Kedua, traffic source anda harus memiliki kemampuan untuk running dan pausing iklan secara otomatis di jam-jam tertentu. Tanpa ini, anda akan kerepotan sekali untuk melakukannya secara manual, bisa-bisa Anda yang bekerja untuk komputer bukan komputer yang bekerja untuk anda.

Bagi saya, penting sekali untuk bisa menangkap data/informasi sedetil mungkin dari setiap sen yang kita bayarkan untuk ber-iklan, dengan memiliki data/informasi yang sangat detil, kita bisa melakukan optimasi dengan lebih baik dan optimum. Hasilnya, tentu adalah konversi alias $$$.

Mau costnya berapapun, selama profit ya jalan aja. Fokus affiliate marketing bukan pada bagaimana biaya iklan sangat murah tapi bagaimana campaign bisa profit. Murah itu ada ujung nya, yakni NOL, tapi profit margin itu tidak ada batasnya. Jadi, jangan sibuk nyari cost iklan NOL, tapi sibuklah bangun strategi marketing yg membuat campaign anda profit.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Indonesia's internet marketing guru, who's now focusing on affiliate marketing. Famous with KebunEmas.com, his tremendous works have inspired most of Indonesian who works online.

Leave A Response