Ada banyak sekali di antara kita yang suka dengan aktivitas traveling, atau boleh saya katakan, setiap orang suka traveling. Tetapi apa yang salah dari banyak orang yang suka traveling pada umumnya? Menurut saya pribadi adalah tidak punya hasrat untuk menuliskan kisah perjalanannya ke dalam sebuah media online yang disebut Blog. Mungkin saya dan Anda suka blogging dan suka jalan-jalan, tetapi tidak menuliskan kisah perjalanan kita karena tidak punya modal yang cukup untuk melakukan aktivitas traveling itu.

Travel blogger sudah banyak sekali jumlahnya, tak terkecuali di Indonesia. Seperti yang saya katakan tadi, setiap orang suka traveling. Banyak orang yang akan mencari informasi bermanfaat mengenai aktivitas traveling yang nantinya ia jalani, entah itu: informasi tempat wisata, kuliner, biaya transportasi, review hotel/penginapan, dan sebagainya. Jika begitu, apa yang harus kita lakukan sebagai traveler sejati untuk mengkombinasikan minat traveling ke dalam blogging untuk menjadi aktivitas yang lebih menyenangkan lagi?

travelling photo

Mungkin Anda seseorang yang suka traveling tetapi tidak memiliki blog, bahkan tidak berpikir untuk menuliskan kisah perjalanan Anda ke dalam sebuah blog. Katakanlah Anda belum memiliki cukup uang untuk melanjutkan hobi traveling Anda lagi. Inilah dasar Anda untuk terus membuatnya sustainable. Lihatlah blog sebagai kekuatan Anda untuk membuat hobi Anda menjadi keuntungan tersendiri yang nantinya bisa terus mendukung aktivitas traveling Anda tersebut. Lagipula, ketika Anda mencari informasi terkait hobi traveling Anda, bukankah Anda mendapatkannya dari sebuah website/blog?

Khusus bagi Anda yang suka traveling tetapi tidak punya blog, maka mulailah membuat sebuah blog sederhana dari sekarang. Mungkin ketakutan pertama Anda sebelum memulainya adalah kemampuan menulis Anda. Tetapi kemampuan menulis Anda sebenarnya bisa ditingkatkan selama Anda merintis karir sebagai seorang blogger. Ada 4 hal yang diharapkan bisa membantu Anda untuk mulai merintis karir sebagai travel blogger yang menguntungkan:

1. Anda Sudah Punya Hobi, Kombinasikan Dengan Hobi Lain

Hobi Anda adalah traveling. Dalam hal ini, kombinasikanlah hobi tersebut dengan blogging. Ini tahap awal yang harus Anda lakukan. Ketika Anda sedang berlibur ke suatu tempat, sadar atau tidak Anda sudah mengkombinasikan aktivitas tersebut dengan kegunaan teknologi yang sesungguhnya. Sederhananya, Anda menggunakan kamera/gadget untuk mengabadikan keindahan tempat Anda berlibur dengan potret Anda di dalamnya. Setelah itu, gambar digital yang sudah Anda ambil kemungkinan besar akan Anda share ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau pun Path. Secara psikologis, teman-teman Anda di media sosial tersebut akan bertanya-tanya di mana Anda mengambil foto-foto tersebut.

Jika demikian, mengapa tidak dibuatkan saja cerita di balik foto-foto tersebut? Buatlah sebuah blog, entah itu menggunakan blog dengan platform gratis seperti WordPress.com, Blogspot.com, Tumblr, dan lain sebagainya. Atau jika Anda sudah punya niat serius, buatkan saja sebuah blog sederhana dengan bantuan Content Management System (CMS) WordPress atau Drupal, menggunakan Top Level Domain (TLD) seperti .com atau .me, dan menggunakan hosting gratis yang ada di Indonesia seperti Idhostinger. Dengan sendirinya Anda akan mendapatkan minat untuk terus menulis di dalam blog Anda, dan perlahan Anda akan mendapatkan hobi baru yaitu blogging. Maka ditahap ini, Anda sudah berhasil mengkombinasikan dua hobi yang Anda miliki yaitu traveling dan blogging. Selamat, Anda sudah menjadi seorang Travel Blogger setelah melalui tahap ini.

2. Milik Sendiri adalah Kepuasan Tersendiri

Dalam hal ini blog yang isinya cerita perjalanan traveling Anda adalah milik Anda, dan anggaplah itu kepuasan tersendiri bagi Anda. Akuilah bahwa Anda juga punya sisi narsis tersendiri, lagipula setiap orang juga memiliki narsisme sendiri, dan itu adalah kepuasan bagi setiap orang. Secara tidak sadar, dengan sendirinya Anda akan puas dengan blog yang Anda kembangkan. Di tahap ini Anda akan mempelajari apa itu kesenangan dalam blogging dan itulah yang dimiliki setiap blogger yang aktif dalam mengembangkan blognya, tentu dengan tujuan tertentu.

3. Pemikiran Untuk Terus Maju

Ketika Anda sudah mendapatkan zona nyaman tertentu, Anda pasti akan menuangkan puluhan persen dari seluruh energi Anda untuk fokus kepadanya. Anda suka traveling karena itulah hobi Anda, dan Anda menuliskan cerita perjalanan Anda ke dalam sebuah blog karena Anda sedang fokus dalam mengembangkannya. Dalam tahap inilah Anda akan mempelajari apa yang harus dipenuhi untuk memperbagus kualitas blog yang sedang Anda kembangkan. Pembaca, komentar yang masuk, dan jumlah cerita yang sudah Anda tulis ke dalam blog Anda dengan sendirinya akan menjadi motivasi yang kuat bagi Anda. Dengan motivasi itu pastinya Anda akan merasa bertanggung jawab untuk terus maju.

Di sinilah Anda akan mempunyai pemikiran yang terus maju guna mengembangkannya. Misalnya, Anda berpikir untuk melakukan sebuah perjalanan yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan. Hal itu secara tidak sadar sebenarnya timbul karena Anda merasa tertantang untuk mengisi blog dengan pengalaman yang sebelumnya belum pernah Anda alami. Secara bertahap akan ada hal-hal baru yang mengasyikkan di dalam blog Anda yang tak lepas dari pengalaman traveling Anda.

4. Mulai Berpikir Untuk Mendapatkan Keuntungan dari Blogging

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, setiap blogger punya tujuan tertentu dalam mengembangkan blognya. Sekarang tanyalah kepada diri Anda, keuntungan apa yang Anda inginkan dari blog yang selama ini Anda kembangkan? Jika berpikir komersil, tentu saja Anda bisa mendapatkan uang dari blog yang selama ini sudah Anda kembangkan. Memang aktivitas sebagai travel blogger akan menghabiskan banyak uang dalam prosesnya. Tetapi sadarlah bahwa menghabiskan uang bukan saja untuk aktivitas blogging, tetapi juga untuk memuaskan hobi utama Anda yaitu traveling.

Di sinilah Anda akan terus berpikir bagaimana caranya untuk mendapatkan keuntungan dari blogging. Setelah menjalani 4 tahap ini, maka Anda sudah memiliki 50% kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dari kombinasi traveling dan blogging yang selama ini Anda jalani.

Setelah Anda berhasil melewati 4 tahap di atas, maka selanjutnya saya akan mengarahkan Anda ke dalam hal terkait bagaimana memaksimalkan keuntungan dari kombinasi traveling dan blogging yang sedang Anda jalani. Setidaknya ada 5 manfaat yang kemungkinan besar Anda dapatkan sebagai travel blogger:

1. Membukukan Tulisan di Dalam Blog Anda

Ini yang sering dilakukan oleh banyak blogger. Informasi sangat mudah didapatkan, tetapi informasi yang benar-benar berkualitas beda cerita. Pengalaman mengenai perjalanan yang Anda ceritakan di dalam blog Anda tentu dianggap sebagai informasi yang benar-benar berkualitas. Orang-orang mungkin mendapat banyak informasi di internet, atau di media mana pun, tetapi informasi tentang pengalaman langsung mungkin masih sedikit. Bukukanlah pengalaman yang Anda tulis di blog Anda dengan sedikit bumbu cerita seperti yang sudah pernah ditulis oleh travel blogger lainnya.

Buat semenarik mungkin dengan kisah tambahan lain yang belum pernah Anda ceritakan di dalam blog Anda, seperti: bagaimana Anda merencanakan perjalanan tersebut, siapa saja yang ikut merencanakannya tetapi tidak bisa ikut traveling pada akhirnya, konflik apa yang Anda alami sebelum atau sesudah perjalanan dilakukan, bagaimana kondisi keuangan Anda selama perjalanan, hal-hal memalukan apa yang Anda alami, dan sebagainya.

Intinya tambahkan hal-hal menarik yang sebelumnya belum pernah Anda ceritakan. Bayangkan saja jika ada penerbit yang setuju menerbitkan kisah perjalanan yang Anda tulis di blog, misalnya harga per buku Rp 30.000,- dengan kesepakatan royalti 10% per buku yang terjual. Penerbit tersebut setuju untuk menerbitkan dan mendistribusi 10.000 cetak buku. Kita kalikan Rp 30ribu x 10ribu = Rp 300juta jika 10ribu buku Anda yang dicetak sudah terjual. Dari Rp 300juta pendapatan yang dihasilkan, Anda akan mendapatkan 10% royalti, yaitu Rp 30juta bersih yang akan Anda dapatkan dari buku Anda. Itu saja masih satu buku, dan sangat mungkin pengalaman Anda sebagai travel blogger bisa dibukukan.

2. Paket Liburan Gratis?

Dalam hal ini, mari kita berandai-andai sejenak. Apabila travel blog yang selama ini Anda kembangkan sudah berhasil mendapatkan banyak pembaca setia dan terkenal sebagai salah satu sumber informasi traveling yang diakui, maka akan ada pihak hotel/sponsor destinasi liburan yang menyewa Anda untuk mereview fasilitas yang mereka tawarkan.

Misalnya saja Anda diminta untuk melakukan review paket liburan di Bali, dengan hotel dan kuliner sekaligus tempat wisata yang disediakan. Anda akan dibayar untuk melakukan review, juga Anda bisa menikmati paket liburan yang disediakan tersebut dengan gratis. Dalam hal ini Anda yang diminta untuk melakukan review oleh pihak terkait. Selain Anda dibayar untuk melakukan review yang hasil review tersebut harus Anda tuliskan di dalam blog Anda, Anda juga akan menikmati paket liburan gratis yang disediakan untuk Anda review. Sudah dibayar, bisa liburan dengan gratis, dan ada tulisan baru yang bisa Anda tulis di dalam blog Anda. Menguntungkan sekali, bukan?

3. Hobi yang Selalu Terpuaskan

Traveling adalah hobi Anda, dan dengan menjadi travel blogger sejati dengan minat yang sangat tinggi, hobi Anda akan selalu terpuaskan. Inilah hal menguntungkan berikutnya yang bisa Anda dapatkan sebagai blogger. Anda adalah traveler sejati, dan untuk mengisi konten blog Anda sebagai travel blogger, Anda akan melakukan serangkaian perjalanan untuk memuaskan hobi Anda tersebut. Selain memuaskan hobi Anda, di setiap perjalanan Anda tentunya akan mendapat pengalaman baru, sudah pasti.

4. Kesempatan Mendapat Uang Dari Pengiklan

Menguangkan blog dengan menyediakan space untuk pengiklan adalah salah satu cara terbaik bagi setiap blogger untuk mendapatkan keuntungan dari blognya. Dari sekian banyak ciri-ciri blog yang mudah diuangkan, yang terpenting adalah konten berkualitas dan terpercaya. Khusus bagi travel blog yang Anda miliki, konten yang Anda tulis secara otomatis sudah dianggap berkualitas dan terpercaya. Itulah kunci untuk menarik perhatian dari pengiklan. Mengapa demikian? Pertama, Anda menulis artikel di dalam blog Anda sesuai dengan pengalaman Anda. Kedua, ketika Anda menceritakan pengalaman Anda ke dalam bentuk tulisan di blog maka sudah pasti akan selalu berbeda/unik dibandingkan dengan artikel lain yang tersebar luas di internet. Ketiga, Anda sudah punya bukti berupa foto-foto di mana pun lokasi wisata yang sudah Anda kunjungi, dengan syarat bahwa foto-foto tersebut haruslah ditampilkan di setiap tulisan blog Anda.

Bila blog Anda sudah memiliki aspek terpenting (berkualitas dan terpercaya), pengunjung blog yang banyak setiap harinya dengan rata-rata pengunjung yang tinggi setiap bulannya, maka silahkan sediakan space untuk pengiklan. Jika masih bingung bagaimana cara menyediakan space iklan tersebut silahkan cari caranya di Google. Ada banyak sekali artikel tutorial yang akan membantu Anda untuk mengaplikasikannya.

5. Kesempatan Untuk Mengelilingi Dunia

Dalam tahap ini berarti Anda sendiri sudah menganggap bahwa traveling blogger adalah sebuah hobi sekaligus bisnis yang menguntungkan. Jadi, secara otomatis hobi Anda sebagai travel blogger akan menjadikan pekerjaan Anda sebagai travel blogger. Jika sudah menjadi pekerjaan tentu saja Anda akan lebih sering traveling, dan di sinilah kesempatan Anda untuk pergi mengelilingi dunia serta menjelajahi tempat wisata yang terdapat di dalamnya. Sangat menguntungkan, bukan?

Sebagai penutup, sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa Anda dapatkan sebagai blogger. Intinya, apapun hobi Anda, tidak ada salahnya mengkombinasikannya dengan aktivitas blogging. Khusus Anda yang suka traveling, itulah berbagai hal yang bisa membantu Anda untuk mengkombinasikan hobi traveling Anda dengan blogging yang pada akhirnya akan menguntungkan Anda. Semoga tulisan ini berguna bagi Anda yang ingin atau sedang merintis karir sebagai travel blogger. Sukses!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Walter Pinem: Lulusan Ilmu Hubungan Internasional dan saat ini bekerja sebagai copywriter dan web developer. CEO dan Developer dari Seni Berpikir dan juga berkreasi di walterpinem(is)me. Saat ini aktif dalam hal Content Writing dan Traveling. Follow Walter Pinem di Twitter @walterpinem dan Linkedin Walter Pinem.

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Iyan Riana February 23, 2014 at 10:39 AM - Reply

    Wih, selain hobi terpuaskan (traveler+blogging) dapat uang pula! Jadi semangat buat nulis nih, makasih buat tulisannya bang Walter 😀

  2. ahmad June 16, 2014 at 11:23 PM - Reply

    AMIIIINNNN… Biar deh gak usah kaya, yang penting bisa kerja sambil jalan2…

Leave A Response