Salah satu dari banyak impian pengusaha adalah ingin brand yang dikembangkannya terkenal di internet atau dunia nyata. Karena jika brand sudah terkenal akan sangat mudah untuk menggaet pelanggan baru. Namun, pada faktanya tidak semudah itu untuk mendapatkan brand yang dikenal banyak orang. Scott Steinberg seperti yang dilansir oleh Mashable, mencoba mengemukakan 8 tips agar brand anda dapat terkenal di internet.

beautiful woman photo

1. Terlibatlah langsung dengan dunia luar
Brand sangatlah erat hubungannya dengan karakteristik anda. Maka anda dapat mencoba untuk membuat blog dan mengisi kontennya dengan segala hal yang berhubungan dengan usaha yang sedang anda tekuni sekarang. Beberapa kutipan artikel atau hasil riset akan sangat baik jika dimasukan juga ke dalam blog sebagai informasi tambahan.

2. Temukan solusi yang atraktif
Pendekatan yang menarik atau atraktif dapat mendekatkan brand anda dengan konsumen anda. Membuat video atau kuis adalah cara yang baik untuk memancing animo konsumen anda terhadap brand anda.

3. Temukan cara yang berbeda untuk menjelaskan brand anda
Coba untuk menemukan cara yang berbeda untuk memberi tahu kepada konsumen anda mengenai brand anda ini secara berbeda. Misal, anda dapat bercerita sejarah dan tantangan dibalik munculnya brand anda. Ungkapkan semua jatuh bangun anda dalam membangun brand ini. Hal-hal tersebut sangat berguna untuk mengikat emosi konsumen anda dengan brand.

4. Berikan apresiasi anda kepada mereka yang terlibat
Ingat orang-orang yang telah berjasa, turut serta membantu anda dalam membangun sebuah brand. Berikan sebuah apresiasi terhadapa kontribusi mereka, karena tanpa mereka brand anda tidak akan menjadi sebesar ini.

5. Libatkanlah konsumen untuk menentukan masa depan brand anda
Luangkan waktu anda untuk berinteraksi lebih lanjut dengan para konsumen anda. Coba ajak diskusi untuk mencari tahu masa depan dari brand anda ini. Namun demikian bukan berarti memberikan keputusan sepenuhnya pada konsumen. Dengarkan setiap pendapat mereka, kemudian anda bisa analisis untuk menemukan strategi ke depan.

6. Bawalah konsumen untuk mengetahui sedikit “rahasia dapur” anda
Rekaman video atau foto-foto karyawan yang sedang kerja, makan siang atau ketika jam pulang kerja. Yang kemudian anda edit dan dimasukkan ke dalam blog akan menarik perhatian para konsumen anda terhadap brand anda. Sehingga mereka tau dan menyadari kualitas orang-orang yang berada di “dapur” anda

7. Cari topik yang mendekati hati anda, kemudian ceritakan.
Untuk melakukan positioning brand anda, gunakan sesuatu yang menginspirasi anda. Seperti halnya TOMS. Mereka melakukan donasi untuk setiap sepatu yang terjual. Nilai yang terkandung di dalamnya akan mendorong kinerja karyawan dan juga mengajak konsumen untuk mendapatkan motivasi dan pengertian yang serupa.

8. Hadapi masalah dan temukan solusi segera
Tunjukan kepada konsumen anda bagaimana anda dalam mengatasi sebuah masalah. Terutama mengatasi kebutuhan konsumen dengan cara yang efektif dan kreatif. Dalam hal ini kredibilitas brand anda akan terlihat. Menggunakan video testimonial yang menceritakan keunggulan produk anda juga dapat meyakinkan konsumen bahwa produk andalah yang terbaik dibidangnya.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response