Bandung Digital MeetUp (BDM) adalah sebuah perjalanan. Sampai dengan keenam kali menyelenggarakan acara ini, terlihat jelas progress yang ada. Mulai dari perubahan tempat menjadi yang lebih besar, sampai dengan pembicara yang terus berkembang menjadi pembicara kelas dunia. Ini, sekali lagi, sesuai dengan mimpi pertama kali dulu : menjadikan internet marketer Indonesia yang world-class. Hasilnya, setelah BDM keenam ini, sudah banyak perusahaan dari dalam dan luar negeri yang ingin support tahun depan. Alhamdulillah.

bandung digital meetup

Buat yang ketinggalan berita, ini cerita perjalanan BDM 1-5 :

Bandung Digital MeetUp #1
Bandung Digital Meet-Up > Digital.BDG > Acara Besar Internet Marketer Indonesia

Bandung Digital MeetUp #2
Bandung Digital MeetUp #2 >31 Januari 2015 > Menjadi Jutawan Lewat Sosial Media! Be There!

Bandung Digital MeeUp #3
Bandung Digital MeetUp #3 > 28 Februari 2015 > Saatnya Menguak Rahasia Toko Online Laris Manis

Bandung Digital MeetUp #4
Bandung Digital MeetUp #4 > 28 Maret 2015 > Keruk Dollar Dengan Affiliate Marketing Bersama Rully Kustandar!

Bandung Digital MeetUp #5
Bandung Digital MeetUp #5 > 5 Maret 2016 > Kupas Tuntas Tentang Adult-Dating Niche

Setiap episode BDM selalu memunculkan cerita unik. Di Bandung Digital MeetUp kemaren juga demikian. Salah satunya adalah bagaimana kami bisa membuat pendaftaran soldout dalam waktu hanya 10 menit.

Oke. Sekali lagi, ini acara gratis. Mungkin anda berpikir, gak susah lah jualan event gratis, pasti banyak yang datang. Justru kekhawatiran ada disitu, ketika orang dengan enak daftar, tanpa ada deposit apa-apa, gak pake uang, apakah dia beneran akan datang? – kekhawatiran ini sangat beralasan.

Yang melegakan, statistik menunjukkan hal yang berbeda. Secara keseluruhan, 95% orang yang mendaftar beneran dateng, sisanya yang 3% gak jadi dateng tapi ngasih kabar dan hanya 2% yang sudah mendaftar tapi tidak datang. Peserta juga tercatat dari Aceh, Pontianak, NTB, Dumai sampai dengan Makassar. Asik ya?

Untuk daftar Bandung Digital MeetUp 2018 > DAFTAR

Sebetulnya, sudah dari akhir 2016 saya selalu ditanya oleh teman-teman, kapan ada BDM lagi? – biasanya saya cume nyengir dan bilang : ntar dulu, nunggu ada energi buat ngerjainnya. Kekuatan itu nongol di awal Februari 2017. Pada saat itulah saya ngobrol sama Andi dan mulai kontak sponsor. Yang pertama saya kontak adalah Ecomobi dan berhasil. CEO-nya, Thanh, saya sudah kenal dari setahun lalu dan mempunyai komitmen kuat dalam mengembangkan affiliate-affiliate lokalnya. Dari pertemuan pertama dilanjutkan dengan pertemuan kedua di Central Park Jakarta dan Ecomobi sepakat untuk mensponsori acara ini. Ditengah prosesnya, kemudian muncul Ajay dengan Blazbluz-nya, Ahmad dengan Garuda Media, Oscar dengan Bitcoin.co.id dan Sunil (Via Aldira) dengan Idaff. Mereka adalah orang-orang hebat yang membuat acara ini dapat terlaksana.

Sepanjang saya diskusi dengan Andi, selalu ada hal baru yang ingin kami implementasikan. Di BDM#6 ini kami ingin meninggalkan sesuatu jejak. Sebuah rekor kalau perlu. Karenanya dengan melihat pada penyelenggaraan BDM tahun sebelumnya yang juga sold out dalam waktu yang singkat, kami merubah secara keseluruhan konsep registrasi yang ada.

Salah satu keputusan yang krusial justru datang dari Andi untuk me-waiting list semua calon peserta. Kami sepakat untuk mem-funneling dengan cermat. Melihat animo yang demikian besar, kami kemudian ingin memberikan tiket dan kursi hanya kepada orang yang memang berkeinginan besar untuk ikut acara ini. Caranya bukan diundi, tetapi dengan rebutan.

Pada hari itu kami menentukan tanggal untuk membuka opt-in waiting list serta tanggal untuk rebutan tiketnya. Ada debat sedikit tentang apakah opt-in harus DOI atau SOI (Apa ini? Baca disini : DOI dan SOI). Saya yang bersikukuh harus DOI karena memang email yang masuk harus dipastikan valid. Di akhir acara kami berhitung jumlah email yang masuk dan terdapat perbedaan 22% antara email yang diconfirm link dan yang tidak. Ternyata masih ada yang bingung dengan email submit model beginian. Ya sudahlah.

Untuk daftar Bandung Digital MeetUp 2018 > DAFTAR

Yang anda tidak tahu adalah, pada satu minggu sebelum acara BDM saya juga bertanggungjawab atas dua buah event yang juga menguras tenaga di kampus tempat saya mengajar. Jadi, dalam rentetan 10 hari, saya mempunyai 3 events yang gak boleh gagal. Sungguh menguras pikiran dan keringat. Karenanya, saya harus membuat sebuah sistem untuk BDM agar bisa serba otomatis.

Come on, ini acara digital, jadi sudah semestinya memanfaatkan teknologi untuk penyelenggaraannya. BDM adalah acara yang penuh dengan autopilot. Sungguh.

Akhirnya saya set semua autoresponder. Setelah mendekati acara, saya akan men-spam email peserta agar mendapatkan feeling urgensi. Bikin deg-degan gitu.

Ini reminder 24 Jam

24
Ini reminder 12 Jam

12Ini reminder 6 Jam

6Ini reminder 3 Jam

3Ini reminder 1 Jam

1Ini reminder 30 menit

0.5Ini reminder 15 menit

0.25Ini reminder 5 menit

0.12Ini reminder untuk rebutan

00

Dan hasilnya sungguh mencengangkan.

Sebelumnya kami sempat agak pesimis karena open rate email yang kami kirimkan tidak sebaik pada saat awal-awal. Saya sempat berpikir ini mungkin karena email yang saya kirimkan mulai membosankan. Tapi kami maju terus. Udah terlanjur juga. No turning back.

Well, you knew the result.

Bandung Digital MeetUp #6 soldout dalam waktu 10 menit saja. Saya pikir ini rekor baru walaupun entah rekor lama ada dimana. Ini membuktikan bahwa :

1. Urgensi itu sangat diperlukan dalam proses checkout. Saya mengirimkan email reminder mulai dari 24 jam, 12 jam, 6 jam sampai dengan 5 menit sebelum acara. Dan sukses bikin deg-degan semua orang. Saya selalu memasang status di FB yang berhubungan dengan registrasi ini sejak sebelum 6 jam registrasi. Kalau di affiliate marketing, ini namanya countdown-timer atau sporadic timer.
Countdown-timer (tik tok tik tok) yang baik bisa memaksa pembeli untuk segera closing atau mempunyai rasa penasaran yang tinggi akan sebuah produk. Yang sering melakukan product-launch di JvZoo pasti paham betul hal ini. Pembeli dibuat, entah bagaimana caranya, tanpa sadar, mengikuti proses closing yang kita mau.

Untuk daftar Bandung Digital MeetUp 2018 > DAFTAR

2. Konsep ini saya dan Andi kerjakan sudah dua minggu yang lalu. Ketika anda mendapatkan email berurutan (bolehlah disebut spam haha), saya sedang di kantor dan minum kopi. Saya sangat menikmati prosesnya. Email reminder itu sudah saya siapkan sebulan yang lalu. Halaman di event brite juga sudah ready seminggu yang lalu. Tugas saya adalah membalas message dan menuai status di FB saja. Gak sulit kan?

3. Tetapi yang paling penting dari semua itu adalah : penguasaan panggung. Ibarat seorang performer, anda harus kuasai audience. Anda harus menjadi alpha. Dan menjadi alpha yang benar, hanya bisa diraih dengan proses. Termasuk diantaranya membangun integritas.

Jangan lupa, walaupun pengumuman Bandung Digital MeetUp #6 itu kurang dari sebulan yang lalu, tetapi REPUTASI acara ini sudah dibangun dari 3 tahun yang lalu (BDM pertama tahun 2014). Reputasi ini merefleksikan AUTHORITY. Proses yang dibangun seperti ini :

BRAND BDM –> BRAND INTEGRITY –> BRAND REPUTATION –> BRAND AUTHORITY

Ini proses panjang. Tapi sekali lagi, saya sungguh menikmati prosesnya dan bersyukur mempunyai teman-teman yang banyak membantu acara ini dari awal.

4. Tahun ini akan menjadi tipping-point BDM. Saya sudah berjanji, apabila tahun ini berjalan dengan baik, tahun depan kita akan perbesar lagi kapasitas dan kualitasnya. Mau tidak mau harus seperti itu, karena BDM sudah mulai dilirik Affiliate, Network dan Traffic Source dunia. Ini adalah bukti kekuatan kita bersama. Bergandengan tangan kita menyaksikan Indonesia menjadi kekuatan baru internet marketing global.

Selamat pagi!

_AIR4766

_AIR5032

_AIR5031

_AIR5028

_AIR5019

_AIR5007

_AIR4945

_AIR4885

_AIR4872

_AIR4858

_AIR4836

_AIR4801

_AIR4775

IMG_3797

IMG_3770

IMG_3812

_AIR4735

IMG_3934

IMG_4043

IMG_3820

IMG_3876

Foto-foto dan video akan diupload di : www.bandungdigitalmeetup.com

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock ‘n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Alvie April 6, 2017 at 10:33 PM - Reply

    Keren pisan strateginya, semoga tahun depan bisa ikutan acaranya…

  2. uzos June 23, 2017 at 10:55 AM - Reply

    Pendaftarannya sukses bikin deg-degan mas.
    Inget banget saya lagi acara lamaran, pas jam 12 langsung buka HP dan buru-buru daftar. gak peduli di liatin orang-orang juga hahaahaa

Leave A Response