Bagaimana Memulai Adult Marketing : Panduan Jitu Untuk Pemula [Warning: Tidak Untuk Semua Orang]

Okey, stop the crap. Kita semuanya tahu bagaimana bisnis esek-esek. Ini adalah salah satu bisnis yang paling tua sedunia dan sampai sekarang masih ada dan rasanya sampai kapanpun masih akan ada. Saya memulai adult marketing beberapa tahun yang lalu dan tidak bisa dipungkiri, aliran uang dari sini luar biasa. Tenang saja, saya tidak akan mengajak anda untuk berbisnis esek-esek, tetapi hanya akan memberikan tips bagaimana memulai adult marketing. Dalam arti lain, bagaimana kita memanfaatkan traffic orang yang suka esek-esek, di luar negeri sana, untuk mendapatkan income.

Wuh, karena isu yang begini agak rawan, jadi pada akhirnya nanti harus kembali ke diri kita sendiri. Ada beberapa teman baik saya yang akhirnya mengundurkan diri dari adult marketing karena merasa tidak cocok dengan cara kerjanya. Mereka merasa ini adalah bisnis yang tidak layak untuk dikerjakan. Buat saya, setiap affiliate adalah pebisnis. Jadi, selama memberikan ROI yang bagus, setiap kesempatan harus dimaksimalkan. Sekali lagi, adult marketing harus dilihat dari traffic-nya yang luar biasa, potensi pasarnya yang sangat besar dan tidak bisa dipandang hanya dari sisi religius (yang sudah pasti akan menolak). Anda tentu saja boleh mempunyai pendapat lain, saya akan sangat menghormatinya. Tapi bayangkan saja, total impresi per bulan dari traffic adult sekitar 996 juta impresi, hampir 1 milyar. Gila! Dan siapa yang menguasai traffic, dia akan menguasai dunia. Quote yang terakhir ini agak lebay. Maafkan.

389eb9692c56225b_640_adult-porn

Tahap pertama – Set up akun

Kebanyakan offer adult ada di CPA Network. Jadi pastikan anda sudah mempunyai akun di CPA Network yang ada, seperti Peerfly, Adsimilis, Neverblue, A4D, Convert2Media, RevivedMedia, MaxBounty atau yang lainnya. Kalau anda baru pemain baru, pastikan anda mendapatkan referensi dari pemain CPA yang sudah terdaftar di CPA Network yang anda pilih. Itu akan memudahkan proses approval.

Setelah mendapatkan approval, cari dan lihat serta perhatikan berbagai jenis offer adult yang ada di dalamnya. Sekarang anda mempunyai produk untuk di promosikan dengan komisi yang berbeda-beda. Saran saya, jangan fokus kepada satu CPA Network saja, pilih beberapa. Banyak offer/produk dari merchant/advertiser yang sama ditawarkan oleh beberapa CPA Network dengan komisi yang berbeda-beda pula. Bisa juga anda langsung menghubungi merchant yang bersangkutan untuk menjadi affiliate-nya. Kalau cara yang ini anda tidak perlu terdaftar di CPA Network. Menjadi direct affiliate akan membuat anda bisa negosiasi pay out dari setiap offer yang anda promosikan.

Langkah selanjutnya adalah mencari traffic yang pas untuk offer adult. Ini mudah. Trafficnya tentu saja berasal dari situs-situs adult yang banyak berkeliaran di internet. Good news nya adalah anda tidak perlu berhubungan dengan situs-situs tersebut secara langsung untuk mendapatkan spot iklan disana. Ada AdNetwork yang sudah bekerjasama dengan banyak situs adult yang bisa menjadi jembatan anda mendapatkan traffic. Beberapa diantaranya adalah TrafficJunky, AdXpansion, Exoclick, JuicyAds, AdBucks, Ero-Advertising, AdultModa, dan lain-lain. Masing-masing AdNetwork memberlakukan jumlah deposit yang berbeda-beda. Silakan sesuaikan dengan budget saja.

Tahap kedua – Spying

Di setiap bisnis, mengetahui keadaan industri dan kompetitor adalah krusial. Dengan mengetahui kondisi lapangan, akan lebih mudah bagi kita untuk menjalankan bisnis dengan diferensiasi. Begitu juga di adult marketing. Proses spying mengharuskan anda mempunyai software memindahkan IP/Proxy ke negara yang menjadi target anda. Mudahnya gini, iklan di situs-situs adult itu banyak yang memakai geotargeting. Hanya muncul di negara tertentu saja. Jadi kalau anda akan bersaing di, Rumania misalnya, pastikan anda mempunyai proxy Rumania. saya biasa pakai HydeMyAss VPN Pro. Pilih saja yang harganya paling murah. Toh kepentingannya hanya untuk spying.

Mulailah pakai proxy negara tujuan dan jelajahi situs-situs adult yang ada di AdNetwork. Perhatian iklan-iklan yang muncul, baik di sidebanner, bottom ataupun yang pop-up. Kalau mau, bahkan anda bisa copy-paste banner yang muncul untuk dipelajari. Inget, dipelajari ya, bukan diambil dan dipasang lagi. Rasionalnya begini, banner yang sering muncul itu pasti mempunyai CTR yang bagus karena dipertahankan oleh siapapun itu publisher yang ada dibelakangnya.

Tahap ketiga – Pahami jenis iklan

Ada banyak jenis iklan yang bisa dipasang di AdNetwork. Kita bisa pilih dan pilah mau pasang yang mana. Untuk alasan keamanan dan kehormatan maka saya memutuskan untuk tidak memasang contoh iklan disini. Tetapi ini berbagai jenis iklan yang biasanya ada :

  • Text Link Ad : kayak adsense saja, bentuknya text, gak ada gambar.
  • Banner Ad : Jelas. Ini display ads. Ada banyak ukuran yang bisa dipilih. File nya bisa berupa .Jpg atau beberapa situs juga menawarkan .Gif
  • In Video ad : Iklan yang muncul di awal video atau di akhir, bisa berupa banner ad atau text link ad.
  • Instant Message Ad : Bentuknya chat message bar, munculnya di halaman bawah. Biasanya bergerak dinamis mengikuti scroll bar.
  • Pop Under Ad : Ketika sampai ke halaman tertentu atau pengunjung men-klik sesuatu, landing page kita yang muncul dibelakang window screen dengan tab yang baru.
  • Pop Over Ad : Sama dengan Pop Under Ad, tetapi muncul di depan main screen. Jadi betul-betul pop-up di depan.

Tahap keempat – Siapkan material iklan dan Landing Page

Pilih saja amunisi yang akan dipakai, bisa pakai Photoshop atau yang lainnya. Cek disini untuk pilihan selain Photoshop. Perhatikan saja banner-banner hasil dari spying, termasuk landing page yang dipakai oleh affiliate lain. Pakai prinsip ATM : Amati, Tiru dan Modifikasi. Siapkan beberapa iklan untuk satu offer yang anda pilih. Termasuk juga 2 atau 3 landing page untuk split test. Pastikan di banner selalu ada : gambar, headline/judul, sub headline/judul, call to action dan desain.  Apa itu landing page? Silakan lihat disini.

Berbagai pendekatan landing page yang bisa dipakai :

  • Personal Review/Comparison Type Landers : LP yang kontennya perbandingan, bisa dulu dan sekarang atau isinya me-review keinginan ‘terpendam’ dari visitor
  • Chat Style Landing Pages : Sesuai namanya, LP yang men-trigger orang untuk chatting
  • Video Landing Pages : LP berisi video
  • One Page Text Only Lander : LP yang berisi text saja, kalaupun ada gambar tidak dominan
  • Geo Location Map Type Landing Pages : Landing page yang memuat sentimen negara/kota tempat tinggal pengunjung

Tahap kelima – Memulai campaign

Sebelum memulai campaign, pastikan anda memakai tracking software yang tepat. Saya merekomendasikan CPVLab. Ini software keren yang bisa nge-track apa saja. Dengan alat tracking yang benar, maka kita bisa meng-optimalkan setiap campaign yang kita buat, seperti banner mana yang paling tinggi CTRnya sampai dengan iklan mana yang menghasilkan lebih banyak konversi dari yang lainnya. Bertahun-tahun memakai CPVLab dan alhamdulillah tidak pernah kecewa. Sangat recommended.

Tahap keenam – Perhatikan tips berikut

Ketika anda menjalankan campaign, banyak hal akan terjadi. Berbagai ukuran performance akan muncul. Berikut tips buat yang akan memulai :

1. Pilih satu sumber traffic dan satu iklan
Alasannya mudah, kita harus menjadi master untuk satu sumber traffic yang kita pilih. Kesalahan terbesar dari pemula adalah selalu loncat-loncat ingin mencoba sesuatu yang baru sementara yang lama belum jago bener. Pilih sumber trafficn dan iklannya dan kuasai sebenar-benarnya.

2. Fokus
Ketika pertama kali meluncurkan campaign, pastikan anda melakukan split test terhadap beberapa banner. Jangan hanya membuat satu banner. Paling tidak 5-10. Tes juga landing page anda. Sebagai variasi, 2-3 landing page sudah cukup. Apabila masih tidak menemukan winning campaign dari banner dan landing page, rotasi offer yang anda pilih juga. Bahkan dari CPA Network yang lain juga. Ini bisa jadi (1) offer yang sama di network yang lain, (2) offer yang sama dengan LP yang berbeda atau (3) betul-betul offer yang berbeda. Yang kita cari adalah kombinasi yang bagus, antara banner, landing page dan offer.

3. Bidding Strategi
Di setiap AdNetwork anda melakukan bidding strategi yang berbeda. Dulu saya akan merekomendasikan bid dahulu dari yang terkecil kemudia naikkan bid nya pelan-pelan sampai anda mendapatkan impresi. Sekarang kondisinya berbeda. Saran saya, bid lebih tinggi. Ingat, tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas traffic yang anda pilih. Pilihan untuk bid lebih rendah akan membuat kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan traffic yang terbaik.

4. Selalu ada backup banner, LP dan offer
Akan tiba masanya ketika kita sama sekali tidak menemukan winning campaign. Ketika ini terjadi, pastikan anda mempunyai material yang cukup untuk membackup apa yang terjadi. Di bisnis CPA, offer bisa mati kapan saja (biasanya karena merchant yang memutuskan untuk berhenti), pada saat seperti ini anda harus mempunyai backup offer. Saya bisa katakan, untuk offer adult, life cycle offer-nya sangat cepat. Produk bisa saturasi kapan saja. Get ready for this.

5. Scaling Up – bagaimana cara?
Apabila anda sudah menemukan winning campaign, ada banyak cara untuk scale up. Misalnya dengan :
– Menaikkan bid untuk mendapatkan traffic yang maksimum dari satu iklan
– Maksimumkan daily budget untuk dapat menguasai traffic yang tersedia
– Copy winning campaign kita ke ad placement yang sama, bisa di situs yang lain atau di situs yag sama
– Rotasi campaign yang sama dengan sumber traffic yang lain
– Apabila campaignnya masih bagus, terus ulangi tips di atas, terus menerus. Kuasai traffic dan offer yang anda pilih.

Nah, bermain-main di adult marketing anda akan menemukan keunikan tersendiri. Saran saya terakhir saya, pastikan anda melakukan spying pada saat istri udah tidur. Kalau masih bangun bisa bahaya, saya jamin, perang dunia ketiga akan muncul. Hehehe..good luck!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

47 Komentar

  1. Apakah cara ini masih relevan dan bisa diterapkan.di tahun 2017 ini ?
    Jika ya saya mau coba…
    Cukup pengalaman saya di blog adul,tp mungkin kesalahan sy adalah membidik trafic indo,jadi blog nya selalu jatuh bangun
    Jadi,apa saya harus membuat blog dg sasaran trafic luar ?
    Thx sebelumnya

  2. Artikel mas wie emang the best , mas wie saya mau tanya apakah aman untuk memulai bisnis adult marketing, soalnya saya pernah baca di beberapa forum ada yang bilang jika tidak aman utk menjalan kan bisnis ini karena ada UU yang mengatur ? , pertanyaan terakhir mas wie : D , jadi kalo kita ingin memulai adult marketing kita harus membuat site yang content nya porn kah? Dan utk hosting nya saya harus memakai apa? Terimakasih sebesar besar nya mas wie, maaf kalo saya banyak tanya masih baru saya dalam hal beginian :v mohon responya , Terimakasih

    1. Dijawab satu2 ya :
      1. Adult marketing? Aman-aman saja kok. Kebanyakan traffic dari LN.
      2. Harus punya site porn? tergantung. kalo mau jadi publisher, pake arbitrage ya iya. tapi kalo jadi affiliate, palingan harus punya landing page yang porn dikit.
      3. Hostingan bisa macem2. saran pake beyondhosting atau langsung aja yg dedicated 🙂

  3. Halo, apa web ini masih aktif?

    Kalo iya boleh minta emailnya gan Wientor? saya mau berguru (lebih tepatnya curhat) hehehe..

    Terimakasih.

  4. mantab pak.. kalau fb ads apa bisa pak dikasih link adult pak ?? maaf kalau pertanyaanya gk bermutu pak ;'(

  5. mantab pak.. sayang aku maenya cuma refferaln pak.. susah mau join network.. spam sini spam sana.. demi melanjutkan hidup.. ilmu bapak sangat bermanfaat semoga barokah…

  6. materinya luar biasa…kenapa saya bilang gt,krn jarang banget yang sampe blak blakan buat neranginnya..
    karena saya ndak ngeliat dari adult nya
    thanks ilmunya sob,,,,

  7. Kang Wientor kalo untuk pemula bagusnya AdNetwork yang mana? dan gimana kelebihan dan kekurangan dari masing-masing AdNetwork tersebut, terimakasih banyak 🙂

  8. jadi kepingin ikutan, sebagai pemula untuk belajar dari traffic beginian sepertinya oke-oke saja karena trafficnya sangat banyak, setelah itu kembali ke idealisme sendiri. Top markotong Kang Wientor postingannya

  9. mencari uang tanpa melihat batasan halal haram tentu sangat mudah jika tujuannya hanya materialism.

    tapi ingat !! kita hidup di dunia untuk akhirat yg abadi.
    jadi carilah uang dengan cara halal.

    hindari bisnis esek esek, minuman keras dsb.

    setiap yg haram pasti traffiknya banyak lah.
    contoh esek2, prostitusi, bir, judi dll.

    tapi jika org beriman tentu akan memilih bisnis yg halal dan mensejahterakan banyak orang, bukan malah merusak moral bangsa dengan bisnis esek2.

    perusahaan rokok untung besar tapi lihat !! mereka merusak kesehatan orang.

    pikirkan itu!
    sekali lagi jika ingin berbisnis maka bisnislah yg halal dengan cara yg halal, produk halal sampai ke sistem manajemen pun halal.

      1. Tapi bagus juga loh mas, daripada mas ntar nyesel di akhirat punya uang banyak tp di bakar, inilah gunanya sesama Muslim saling mengingatkan.

  10. Mantab dan Luar Biasa ,,,
    salut dan kagum untuk artikelnya,,,

    selama ini saya selalu jalan2 saja di blog orang,,,
    lihat dan kabur tampa jejak,,,

    tapi kali ini dan untuk yang pertama kali saya meningalkan jejak disini…

    saya adalah newbie soal blog maupun bisnis online,,,
    tetapi saya orang yang giat untuk belajar dan terus belajar…
    terus terang saya kurang paham tentang artikelnya, karna sudah tingkat dewa pembahasanya….
    tetapi saya sanggat tertarik dengan bisnis ini,,,
    tolong bimbinganya….
    apa yang harus saya lakukan untuk di awal awal ini…

    dan lihat blog saya ini : http://bokepstreming.blogspot.co.id

    apa yang harus saya lakukan untuk menghasilkan dolar dari sini.

  11. Pak Wien,
    Belum paham cara scalling up yg ini “Copy winning campaign kita ke ad placement yang sama, bisa di situs yang lain atau di situs yg sama”, apa yg dimaksud dengan situs lain ? maksudnya aff network yg lain atau apa ya ?

      1. mau nanya nich bang,,,
        website apa aja bang yang bisa buat situs porno, tetapi ngak dibened sama google, dan aman,
        ngak kena benned lah pokoknya,,,,

  12. terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali,

    sekalian saya mau tanya pak saya kan baru saja di approve oleh clickdealer, terus saya kan masih pemula saya bingung gimana cara buat landing pagenya sebelum masuk ke offers terima kasih pak

  13. akhirnya ketemu juga tadi malam dengan om ini,.orangnya supel dan bener2 super affiliate ternyata yang juga belajar di T*****atajaib.com,.

    One Day I must Go Travelling around the world like you kakang Wientor

  14. Nice info,.

    Selama ini saya jd silent reader di blog ini, tp skrg nyoba koment dikit,.hehehe

    blog ini bukan hanya paporit saya buat belajar IM namun udah jadi salah satu guru saya,.blognya loh ya yg jadi gurunya,.karna ownernya ga pernah mau dibilang guru,mastah,suhu dll…

    Keep Posting Om !

  15. Mas, saya coba maen crakrevenue untuk offer adult videocam dan iklan CPM di exoclick (premium), tapi kok click hanya 2 padahal impressi 11,000 lebih. Saya pake banner dari mereka (.gif) yang mereka mengijinkan direct lgsg ke web offer (tanpa LP).
    Apa banner mereka yang kurang menarik mas? Kita perlu buat sendiri?

  16. Joss pak , Ini mungkin salah satu cara untuk kembali ‘Ke Atas’ buat saya , Karena semua internet marketer yang berhasil pasti sudah pernah merasakan titik yang terendah dalam hidupnya. Amien
    😀

  17. Very very nice content, lengkap, dan detail sekali Pak Wien. Kebetulan saya sejauh ini main CPA markethealth untuk adult & sexual health product yan lebih kepada pay per action. Sejauh ini tanpa iklan, hanya main seo dan yahoo answer, hasilnya hanya 45 USD per bulan 🙁

    Dulu mencari-cari iklan tetapi hampir semua adnetwork yang saya tahu menolak adult content. Apakah untuk sexual health product juga bisa diiklankan di beberapa AdNetwork yang Pak Wien sebutkan tadi?

      1. Pak Wien, pada exoclick.com maksudnya “Frequency Capping” = 1 impression/unique visitor/day. Maksudnya apa mas?

        Sejauh ini saya iklan CPM pakai ‘no capping’

  18. permisi mas saya butuh pencerahan soal advertising,

    saya saat ini meingklankan iklan saya di exoclick, akan tetapi $ yang saya dapatkan dibandingkan dengan yang saya keluarkan untuk mengiklan masih banyak untuk mengiklannya, jadi perbandingannya dalam satu hari saya menghabiskan 20$ untuk iklan di exoclick, akan tetapi saya hanya mendapatkan 5 $/1 lead saja dari link yang saya iklankan (oh ya saya affiliaternya anastasia)….

    Mungkin agan tahu kapan (hari dan Jam) saat kita mengiklan dan kapan saat kita pause iklan kita agar mendapatkan profit yang lebih banyak ?

    saat ini geotargeting saya pada USA dan UK..

    MOhon pencerahannya terima kasih
    Salam dari Newbie

  19. Sejujurnya blog ini luar biasa, isinya luar biasa lain daripada yang lain. Saya pikir pemiliknya seorang Master dan mulai sekarang saya adalah penggemar blog ini. Salam kenal, mohon maaf kalau lebih tapi ini dari hati

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *