Strategi Memanfaatkan Momen Harbolnas Untuk Penjualan Maksimal

Gambar ilustrasi belanja online
Gambar: Pixabay

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, terutama dengan adanya Internet. Anda dapat mendapatkan akses media informasi dan komunikasi secara mudah dan cepat. Selain itu, kini Anda juga dapat memenuhi keinginan Anda untuk berbelanja secara praktis dengan melakukan belanja online. Berbagai kemudahan dalam belanja online mengakibatkan banyak orang lebih memilih berbelanja secara online dibandingkan mendatangi langsung toko yang memiliki barang yang dicari.

Kemunculan belanja online tentu saja memberikan perubahan pada gaya hidup masyarakat yang gemar berbelanja. 

Walaupun demikian, ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami tentang cara melakukan belanja online serta belum yakin dengan keamanan dalam berbelanja online. Dari keadaan ini, terciptalah suatu kegiatan yang disebut dengan Hari Belanja Online Nasional atau biasa disebut dengan Harbolnas.

Banyak diskon yang menarik
Gambar: Unsplash

Apa itu Harbolnas?

Hari Belanja Online Nasional yang juga bisa disebut dengan Harbolnas adalah perayaan tahunan yang digelar oleh berbagai perusahaan e-commerce yang beroperasi di Indonesia setiap tanggal 12 Desember dan dilakukan selama 24 jam. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan dengan dukungan dari berbagai mitra, seperti perbankan, media, dan lainnya. Kegiatan tahunan ini pertama kali diadakan pada tahun 2012 oleh berbagai perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia yaitu Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

Selain di Indonesia, negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, dan Jerman juga memiliki suatu perayaan belanja online tahunan yang dikenal dengan nama Cyber Monday yang diselenggarakan setelah Thanksgiving Day. Dalam kegiatan ini, berbagai toko online memberikan promo dan diskon besar-besaran yang diselenggarakan secara online.

Cyber Monday sendiri terinspirasi dari perayaan belanja tahunan lainnya yang bernama Black Friday, yang diselenggarakan di berbagai toko ritel yang juga akan memberikan berbagai diskon.

Di Indonesia, perayaan Harbolnas mengalami kesuksesan setelah dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2012-2013. Pada awalnya, perayaan ini memiliki sebutan Hari 1212 karena dirayakan setiap tanggal 12 Desember. Sejak tahun 2013, perayaan ini mulai disebut dengan nama Hari Belanja Online Nasional. Kini perusahaan e-commerce yang berpartisipasi dalam perayaan ini sudah mencapai lebih dari 250 e-commerce, dimana tiap e-commerce memberikan banyak diskon dan promo terbesar sepanjang tahun.

Hari Belanja Online Nasional memiliki tujuan yaitu untuk mendukung dan memajukan perkembangan industri e-commerce di Indonesia dengan mendorong dan mengedukasi masyarakat di Indonesia berbagai hal tentang kemudahan dan keamanan berbelanja secara online karena pada tahun 2012, e-commerce belum cukup populer seperti sekarang ini dan masih banyak orang yang kurang percaya untuk melakukan belanja online.

Hal ini terlihat dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang cukup tinggi, namun transaksi online belum cukup banyak. Perayaan ini mendapatkan respon yang cukup positif dari para peserta industri.

Seseorang sedang memegang hape untuk belanja online
Gambar: Pexels

Pada perayaan Harbolnas tahun 2018, terjadi suatu hal yang unik, dimana perayaan Harbolnas dimulai satu hari lebih awal, yaitu pada tanggal 11 Desember. Pada tanggal ini, berbagai e-commerce menawarkan produk-produk khusus buatan lokal, dengan tujuan untuk mengembangkan jangkauan pasar produk-produk lokal. Produk yang ditawarkan pun bermacam-macam, seperti kerajinan tangan, elektronik, make up, skincare, dan banyak lagi produk-produk lokal buatan Indonesia. 

Memanfaatkan Harbolnas untuk Penjualan Online

Bagi Anda tertarik untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Belanja Online Nasional sebagai penjual, berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk menarik pembeli untuk membeli barang-barang Anda secara online :

1. Optimalkan produk Anda

Banyak pembeli tidak yakin apa yang akan mereka beli, jadi sangat penting bagi Anda untuk menonjolkan produk Anda.

Deskripsi produk Anda harus menanamkan urgensi. Ingatkan orang bahwa mereka hanya memiliki waktu tertentu untuk mendapatkan barang yang ditawarkan dengan menambahkan keterangan seperti :

  • Khusus hari ini
  • Stok terbatas
  • Promo Harbolnas

Jika Anda menyediakan produk dari merek terkenal, pastikan merek mereka muncul di posisi yang menonjol. Hal ini tidak hanya meningkatkan traffic organik Anda, tetapi juga menambah kredibilitas Anda sebagai penjual dan membuat pelanggan lebih tertarik untuk menjadi pelanggan setia.

Ada promo special
Gambar: Unsplash

2. Terapkan diskon yang tepat, ke produk yang tepat

Pembeli Harbolnas adalah pemburu barang murah. Anda harus memangkas setidaknya 20 persen dari barang Anda untuk bersaing. Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk menawarkan barang secara gratis.

Saat menentukan diskon, semakin kreatif semakin baik. Banyak pengecer akan menawarkan diskon 20%, tetapi cobalah untuk menawarkan diskon yang contohnya seperti ‘50% untuk pembeli pertama kali’, atau ‘30% jika Anda membeli lebih dari 5 pasang’.

3. Gunakan media sosial

Menjalankan kampanye di situs media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian di situs e-commerce Anda. Tetapi tidak cukup hanya mendorong iklan di luar sana, Anda harus mendorong iklan tersebut ke orang yang tepat.

Hashtag Harbolnas dapat Anda manfaatkan. Untuk berhasil dalam kampanye media sosial Anda, pilihlah gambar produk yang berkualitas dan tambahkan logo Anda dan beberapa teks yang mengiklankan penawaran Anda. Pastikan Anda mulai menyebarkan iklan setidaknya beberapa hari sebelumnya untuk meningkatkan antisipasi pelanggan.

4. Menyediakan customer service terbaik

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menyediakan layanan pelanggan pribadi dan berkualitas. Lalu buatlah bagian FAQ terperinci yang khusus untuk Harbolnas, sehingga pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki oleh pelanggan Anda dapat terjawab. Pastikan Anda mencakup hal utama seperti:

  • Kebijakan pengembalian uang.
  • Berapa lama diskon Anda berlangsung.
  • Waktu pengiriman yang diharapkan.

Jika Anda mempekerjakan staf untuk membantu Anda menjalankan toko Anda, pastikan Anda memberi mereka sedikit arahan tentang pentingnya bersikap sopan dan membantu pelanggan.

Penutup

Harbolnas merupakan suatu perayaan yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar belanja online. Tentu saja Anda sebagai penjual tidak ingin ketinggalan kesempatan ini untuk mempromosikan toko dan produk Anda. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *