20 Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa Semua Jurusan

Students

Mahasiswa zaman sekarang nggak punya laptop??? Ketinggalan deh…

Tak bisa dipungkiri kegiatan seorang mahasiswa sangat erat kaitannya dengan banyaknya tugas seperti membuat makalah, hingga presentasi. Yang itu semua tak bisa dijalankan tanpa adanya laptop. Dengan adanya laptop kegiatan seperti itu dan dalam membuat semua tugas yang diberikan oleh dosen menjadi mudah untuk diselesaikan. Lalu laptop seperti apa yang kamu inginkan?

Apakah laptop yang memiliki spesifikasi yang besar, yang bisa muat banyak film drakor (baca:drama korea) yang bisa bikin baper? Hehe. Atau spesifikasi yang didalamnya terdapat OS yang gesit, sehingga loadingnya gak kelamaan? Atau kamu cari spesifikasi layaknya seorang gamers yang punya performa oke punya, sehingga bisa main games sepuasnya?

Dengan harapan bisa memenangkan chicken dinner..hehe. Atau bagi kamu yang hobi nonton youtube dan terinspirasi oleh salah satu youtuber Indonesia.

Kemudian bercita-cita pingin jadi youtuber yang tenar serta kaya raya seperti Atta Halilintar? Dan saat ini lagi mencari-cari laptop yang spesifikasinya cocok buat editing video biar kece kaya doi dengan harapan bisa setenar idolamu..

Baca juga: Tips Lengkap Menjadi YouTuber, Dari Strategi Konten Sampai Dengan Estimasi Dollar Yang Didapat

Apapun alasan kamu dalam mencari laptop idaman, pastinya tak luput dari berapa budget yang disediakan untuk membelinya, bukan? nah sebagai seorang mahasiswa zaman now, alangkah senangnya bila kita sudah bisa cari duit sendiri tanpa harus minta orang tua lagi.

Lebih baik usaha yang gigih dan tekun untuk bisa mendapatkan apapun yang kamu inginkan, sehingga menjadi kebanggan bagi ortu (baca: orang tua). Orang tua mana sih yang nggak bangga melihat anaknya yang masih berstatus mahasiswa bisa menghasilkan uang sendiri, bahkan membiayai kuliahnya sendiri? Dari hasil jirih payahnya itu, sehingga tidak meminta orang tuanya lagi. Pastinya kebanyakan orang tua akan merasa bangga dengan hal itu..

Tapi ada juga sebagian mahasiswa diluaran sana yang masih demen banget minta orang tua. Mungkin karena mereka merasa orang tuanya berkelimpahan harta jadi masih “Njagagne” (kata orang jawa bilang mah). Namun ada juga keluarga yang hidup pas-pasan tapi si anak masih aja “rewel” minta uang bulanan, minta ini lah, minta itu lah, kalo gak diturutin ngambek di kamar..hmmm.

Bagaimana dengan kamu? Semoga saja kamu yang sedang membaca artikel ini, orang yang gigih dan gak manja dengan bergantung pada orang tua. Semoga kamu semua orang-orang yang penuh semangat dalam kemandirian dan saya doakan semoga rejekinya lancar ya…Aminn.

Oke,. Selanjutnya yuk kita masuk ke kepembahasan utama tentang rekomendasi dalam memilih laptop.

Apakah kamu seorang mahasiswa yang sedang mencari laptop baru? Atau kamu sedang mencari rekomendasi laptop baru untuk menggantikan laptopmu yang telah usang? Pasti udah gak sabar dan bertanya-tanya ya laptop yang seperti apa sih yang cocok dengan aku? dengan jurusan aku? dan pastinya yang cocok dengan kantongku?

Ini dia 20 rekomendasi laptop untuk mahasiswa. Cek it dot…

Laptop yang cocok untuk mahasiswa

Sebelum saya ketopik utama kita tentang rekomendasi laptop untuk mahasiswa, tentu ada suatu pertimbangan dalam memilih laptop yang cocok untuk kita. Nah, pertimbangan apa saja sih yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk membeli laptop.

  1. Apakah dari segi harga?
  2. Apakah dari RAM yang besar atau spesifikasinya?
  3. Apakah dari merk?
  4. Apakah dari kebutuhan?

Lhoh…apa hubungannya coba sama nomer 4 yaitu kebutuhan? Pasti kamu bertanya-tanya dengan hal ini kan?

Begini kawan, karena setiap mahasiswa beda jurusan beda kebutuhan laptop, benar gak sih? Contohnya laptop untuk mahasiswa teknik akan berbeda spesifikasinya dengan laptop untuk mahasiswa arsitektur, Begitu juga dengan laptop untuk mahasiswa IT. Dari segi kebutuhan untuk memudahkan dalam penyelesaian tugas-tugas perkuliahan, pastinya memiliki program aplikasi yang mumpuni dibidangnya masing-masing, bukan?

Lalu apa sih sebenarnya laptop yang bagus untuk mahasiswa? Sebelum kamu membeli laptop pastinya pertimbangan akan spesifikasi, harga, dan merk sudah dipertimbangkan dengan matang, bukan? Atau masih galau aja nih. Karena saking banyaknnya pilihan yang beredar dipasaran yang malah membuat bingung dan rasanya pengen beli semua tuh laptop. Agar kita tidak salah pilih maka jawab lah pertanyan berikut agar hatimu makin mantab dalam memilih laptop idaman.

  1. Berapa budget yang disediakan untuk mendapatkan laptop idamanmu?
  2. Apa jurusan kuliahmu?
  3. Spesifikasi seperti apa yang kamu inginkan?
  4. Kegiatan apa yang sering kamu lakukan dengan laptopmu?

Untuk menjawab keempat pertanyaan diatas cukup dalam hati aja ya kawan tidak perlu teriak-teriak, toh saya juga gak kedengeran sampai sini…hehe. Atau bisa juga ditulis di atas secarik kertas agar memudahkan dalam memilih ketika sampai di toko komputer nantinya. Langsung aja ya, untuk menjawab pertanyaan nomor 1 tentang besarnya budget. Jika budget yang disediakan kisaran harga 1 jutaan sampai dengan 2 jutaan, maka laptop dibawah ini cocok untuk kamu. Ini dia penampakannya.

Harga laptop budget 1 jutaan sampai dengan 2 jutaan:

1) Lenovo ThinkPad X120E

Lenovo ThinkPad X120E
Gaambar: Lenovo Official

Dengan layar sebesar 12 Inci, yang memiliki desain yang elegan serta ringan untuk dibawa kemana-mana. Harga second Lenovo ThinkPad X120E ini kisaran Rp 1.650.000,-. Spesifikasi laptop ini adalah: AMD E-240 1,5 GHz, D3 2Gb/HD 160 G, Display LED Backlight 11,6 Inchi. Display LED Backlight inilah yang menjadi keunggulan dari Notebook ini.

2) CompaQ presario CQ42 Notebook

CompaQ presario CQ42 Notebook

Notebook ini memiliki prosesor dual core, RAM 1 GB dengan HDD sebesar 500GB (100%).  Harga yang ditawarkan kisaran Rp 1.750.000,- dalam kondisi bekas. Laptop ini juga dilengkapi dengan spesifikasi lainnya untuk menunjang berbagai kegiatan perkuliahanmu.

3) HP (Hewlett Packard) Chocolate

HP (Hewlett Packard) Chocolate
Gambar: HP Official

Merk HP(Hewlett Packard) pernah berhasil memenangkan kejuaraan kategori laptop terbaik di dunia. Dengan spesifikasi prosesor Intel Atom (Sudah 2 CPU), RAM 2 GB, harddisk 160 GB, dengan harga second Rp 1.900.000,-.

4) Lenovo Ideapad S10

 Lenovo Ideapad S10
Gambar: Lenovo Official

Laptop ini dibekali dengan processor Intel Atom N270 1,6 GHz, dan RAM sebesar 1 GB. Meskipun laptop ini belum bisa dikategorikan sebagai laptop bagus, tapi setidaknya spesifikasi yang disertakan sudah cukup untuk browsing atau pengolahan dokumen harian seperti word, exel, power point. Laptop dengan layar 10 Inci ini dibandrol dengan harga kisaran Rp 1.600.000,-

5) Asus EEE PC 1015PX

Asus EEE PC 1015PX
Gambar: Asus Official

Laptop berjenis notebook ini dibekali dengan prosesor Intel Atom N455 dengan clock speed sebesar 1,6 GHz, RAM sebesar 1 GB yang bisa diupgrade hingga 2 GB. Dengan kisaran harga Rp 2.500.000,-

6) Asus EEE PC 1015B

Asus EEE PC 1015B
Gambar: Asus Official

Asus EEE PC 1015B merupakan pendahulu Asus EEE PC 1015PX. Secara keseluruhan Asus seri pendahulunya ini memiliki spesifikasi yang tidak beda jauh dengan generasi setelahnya, yang dibekali dengan prosesor AMD C50 1,0 GHz dual-core yang didukung dengan RAM DDR3 sebesar 1 GB yang masih bisa diupgrade hingga 2 GB.

7) Acer Aspire one happy 2

Acer Aspire one happy 2
Gambar: Acer Official

Laptop ini dibekali dengan prosesor dual core Intel Atom N570 1.66 GHz, RAM 1 GB DDR3, Grafis Intel GMA 3150 dan 320 GB (5400 RPM) hard drive, layar glossy 10,1 inci memiliki resolusi 1024×600 pixel. Seperti yang diharapkan meskipun berada pada kondisi pencahayaan tertentu, namun masih bisa menampilkan gambar yang bagus.

8) Acer Aspire one happy 522

Acer Aspire one happy 522

Sebenarnya untuk Aspire one 522, kita tidak bisa memisahkan prosesor dengan VGA-nya, karena notebook ini memakai AMD C 50. AMD menyebutnya sebagai APU alias Accelerated processor unit. Nah si C-50 ini adalah processor generasi pertama dari seri AMD APU atau juga disebut Fusion. Setelahnya ada C-60, E-350, dan E-450, memang sih dia generasi pertama, tapi asal tahu saja, kalau urusan video dari dulu AMD lebih baik dari intel.hehe…

9) Acer Aspire one happy N578Q

Acer Aspire one happy N578Q

Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Atom N470 berkecepatan 1,1 GHz yang dipadu dengan RAM DDR3 1 GB. Ukuran laptop ini sebesar 11 inci, dengan HDD 320 GB dengan VGA Intel HD Graphic. Dibandrol dengan harga kisaran Rp 2 jutaan.

10) Acer Aspire 4750-2312G50Mn

Acer Aspire 4750-2312G50Mn

Prosesor yang digunakan laptop ini ternyata lebih tangguh yaitu Intel Core i3 2310M dengan kecepatan 2GHz, dan didukung dengan RAM 2 GB HDD 500 GB. Laptop ini juga memiliki ukuran layar sebesar 14 inci. Untuk harga dibandrol dengan kisaran Rp 2.500.000,-

11) HP Pavillion 10-F001AU

HP Pavillion 10-F001AU
Gambar: HP Official

Spesifikasi yang ditawarkan HP Pavillion 10-F001AU cukup menawan, prosesornya juga sangat tangguh karena mengandalkan AMD-A series A4-1200 dengan kecepatan 1,2 GHz, dengan RAM DDR3 2 GB. Hanya saja laptop ini memiliki kekurangan yaitu layar yang kecil dengan ukuran 10 Inci. Untuk harga laptop ini dibandrol dengan kisaran Rp 2.500.000,-

Baca juga: Acer Swift 7 Versi 2018, Laptop Super Tipis Pada Generasi Ultrabook

Bagaimana apakah ada yang cocok dengan budgetmu? Atau budget segitu masih terlalu murah lalu mencari harga yang lebih mahal dengan spesifikasi RAM yang lebih besar sehingga bisa muat untuk menyimpan file-file yang besar. Apalagi jika kamu adalah seorang yang bergelut di online shop yang membuka akun di beberapa marketplace.

Laptop dengan harga 3 jutaan sampai dengan 5 jutaan masih tak kalah peminatnya bagi sebagian kalangan yang mempertimbangkan aspek spesifikasi yang lebih bagus jika dibandingkan dengan laptop atau notebook dengan kisaran harga 1 jutaan. Berbagai vendor juga berlomba untuk memenangkan hati para user dengan selalu melakukan inovasi produk agar selalu diminati. Kisaran harga yang ditawarkan pun beragam, mulai harga 3 jutaan hingga 5 jutaan. Apa saja sih? Simak ulasanya berikut ini:

Masih ingat nggak 4 pertanyaan sebelum membeli laptop idamanmu. Nah tadi sudah diulas sedikit mengenai laptop dengan harga kisaran 1 jutaan hingga 2 jutaan, untuk menjawab pertanyaan nomor 1. Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan nomor 2, yaitu Apa jurusan kuliahmu?

Sebenarnya apa sih Laptop yang bagus untuk mahasiswa? Bukankah semua laptop sama saja ya? Apakah dalam benakmu terpikir seperti itu? Jika iya selamat, maka kamu berarti belum bisa menemukan laptop idaman yang pas buat menujang aktivitas keseharian kamu. Lhoh kok bisa? Gini kawan, coba bandingkan perumpamaan berikut ini.

Bagi kamu yang masih jomblo kalo sebagai cewe, liat cowo ganteng pasti seneng ya kan? Tapi apa semua cowo itu ganteng? Jawabannya, ganteng itu relatif kawan, ada yang bilang si A ganteng dan ada yang bilang si A itu biasa-biasa saja. Begitu juga jika kamu seorang cowo, ketika liat cewe cantik pasti juga demen kan? Sampe-sampe lupa kedip..hehe. Tapi apakah semua cewe sama? Tidak, karena sekali lagi cantik dan ganteng itu relatif kawan. Nah jika kamu menyukai seseorang atau lawan jenis, apakah yang membuatmu jatuh hati padanya?

Apakah “Rasa” yang ada di dalam dadamu kepada seseorang akan sama seperti yang kamu rasakan pada selain tambatan hatimu? Beda kan, Itu yang namanya SPESIAL, nah begitu juga dengan laptop. Spesifikasi, merk dan harga yang ditawarkan oleh beberapa vendor sangat beragam sehingga membuat bingung. Maka dari itu ada tips untuk memilih rekomendasi laptop untuk mahasiswa, pertimbangkan sesuai dengan kebutuhanmu, bandingkan spesifikasi yang ditawarkan antara satu vendor dengan vendor yang lain, kemudian sesuaikan dengan bugdetmu.

Baca juga: Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga Dell XPS 15 (2018), Laptop Premium Terbaik Tahun Ini

Jika kamu sebagai mahasiswa teknik, maka Laptop untuk mahasiswa teknik atau Laptop untuk mahasiswa arsitektur maupun untuk laptop untuk kerja membutuhkan spesifikasi dengan kapasitas memori yang besar, minimal 3GB, dengan kapasitas Harddisk kurang lebih 250 GB. Jika kamu sedang mencari spesifikasi seperti diatas maka ini dia penampakannya:

Daftar laptop kapasitas 3gb dan harddisk 250 gb ke atas:

12) Lenovo ThinkPad Yoga 11e

Lenovo ThinkPad Yoga 11e

Lenovo ThinkPad Yoga 11e ini memiliki spesifikasi Intel Celeron N2940 Quard core 1.83 GHz, dengan memori 4GB dan RAM DDR3, serta dibekali dengan 128GB SSD, dan 11 Inci IPS Display with LED Backlit (Touchscreen), VGA: Intel HD graphics 400, wifi, LAN, HDMI, webcam, dan OS windows 10 Home. Harga yang ditawarkan untuk laptop ini Rp 3.280.000,-

13) Acer ES1-421-24Q8 AMD E1-6010

Acer ES1-421-24Q8 AMD E1-6010
Gambar: Acer Official

Laptop ini mempunyai spesifikasi prosesor AMD E1-6010 APU with AMD Radeon R2 graphics 1,35 GHz RAM 1×2048 MB (2GB DDR3 Pc3L 12800) dan Harddisk 500 GB HDD. Laptop ini dibanderol dengan harga Rp 3.475.000,-

14) Apple macbook unibody white 6.1

Apple macbook unibody white 6.1

Laptop ini memiliki spesifikasi core2duo 2,1GHz dengan RAM 4GB, VGA intel Gma x 3100, OS X Lion 10.7.2.

15) HP steam 14-n3060 (4 GB, 64GB,win10 white)

HP steam 14-n3060
Gambar: HP Official

Spesifikasi yang terdapat pada laptop ini antara lain: Intel Dual core N3060-1.6GHz Turbo 2.48 GHz, RAM 4 GB, HDD 64 GB eMMC, VGA intel HD graphics. Laptop ini memiliki layar 14 inci sehinga ringan untuk dibawa kemana-mana.

16) Samsung np275e4v a03108

Samsung np275e4v a03108

Laptop gaming murah ini cocok buat dipakai bermain game ataupun membuka aplikasi desain grafis karena sudah ada dukungan grafis dari AMD radeon. Spesifikasi yang dimiliki antara lain Prosesor AMD E1-15, RAM 3 GB DDR3, HDD 5 GB dengan layar 14 inci.

Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan nomer 3 yaitu Spesifikasi seperti apa yang kamu inginkan? Berikut ini terdapat spesifikasi yang wow untuk menunjang aktivitas kamu, jika kamu adalah seorang vloger, gamers, youtuber, atau pemilik bisnis online shop dan pelaku internet marketer..

17) Acer Predator Nitro 5 (cocok untuk gaming)

Acer Predator Nitro 5
Gamabar: Acer Official

Serunya bermain game dengan Acer predator nitro 5, karena dirancang khusus bagi kamu pecinta game. Dengan laptop ini kamu dapat memainkan game casual ataupun sedang. Sehingga kamu bisa bermain PUBG (player unknown’s battlegrounds) dengan lancar tanpa lag atau gangguan apapun. Apalagi adanya dukungan layar pada laptop ini yang mencapai 15,6 inci, sehingga bisa membuatmu betah berlama-lama dalam bermain game bahkan bisa lupa waktu.

Baca juga: Laptop ASUS ROG Gaming Kebanggaan Gamer Indonesia

Kini nitro 5 menghadirkan varian baru nitro 5 (AN515-51) dengan sejumlah keunggulan dari mulai OS, spesifikasi hingga harga. Untuk harga laptop ini dibandrol dengan Rp 10.999.000,- dan cukup terjangkau bukan bagi kamu para gamers.

18) Lenovo ideapad 320-14AST (cocok untuk desain grafis)

Lenovo ideapad 320-14AST
Gambar: Lenovo Official

Jika kamu sering membawa laptop dalam aktivitas sehari-hari, maka laptop ini cocok buat kamu karena dimensinya cukup enak untuk dibawa berpergian dan multitasking. Laptop ini juga lebih lancar karena didukung kapasitas RAM 4 GB. Dari segi case, laptop ini dibalut dengan warna biru yang trendy sehingga sangat stylish saat dibawa pergi dan digunakan dimanapun. Dibekali dengan prosesor AMD A4-9120 at 2.2-2.5 GHz, dan RAM 4GB DDR4-2133 MHz, dengan kapasitas hardisk sebesar 500GB dan layar 14 inci. Laptop ini dibandrol dengan harga Rp 3.599.000,-

19) HP Pavillion 15 BW541AU

HP Pavillion 15 BW541AU
Gambar:HP Official

Harga untuk laptop ini Rp 3.700.000,- dengan spesifikasi:

  • Prosesor AMD dul core E2 9000e 1,5 GHz up to 2.0 GHz (1 MB cache)
  • 4 GB DDR4-1866 SDRAM, 500 GB HDD 5400 RPM,
  • AMD Radeon R2 graphics up to 2 GB DDR3 (shared)
  • Windows 10 Home 64 bit
  • Dengan layar 15,6 inci

20) Lenovo Yoga 360

Lenovo Yoga 360
Gambar: Geek

Harga yang ditawarkan untuk laptop Lenovo Yoga 360 kisaran Rp 5.699.000,- dengan spesifikasi:

  • Slim hybrid 360 degree flip and fold design (4 mode)
  • Prosesor intel atom quard core X5 Z8550-1.44 GHz turbo 2.4 GHz
  • RAM 4 GB
  • HDD 64 GB
  • VGA intel HD 400
  • Screen 10.1 FHD
  • Touchscreen and Android 6.0
  • Kapasitas hardisk <250 GB

Demikian dari 20 laptop rekomendasi, silahkan pilih mana yang kamu suka. Kemudian pertanyaan yang terakhir adalah Kegiatan apa yang sering kamu lakukan dengan laptopmu? Jika kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang aktif dalam bisnis, atau kegiatan yang bisa menghasilkan uang sendiri tanpa harus ada campur tangan dari orang tua, maka 8 jempol untuk mu. Hehe (tak pinjem jempol mu dan jempol kawan-kawanmu). Itu artinya kamu termasuk mahasiswa mandiri yang tidak bergantung orang tua.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Memilih Bisnis Online Sebagai Langkah Awal Memasuki Dunia Bisnis

Namun bagi kamu yang masih galau aja nih, menghabiskan waktu di depan layar monitor untuk menonton video yang kurang berfaedah bagi hidupmu atau sekedar kepoin story IG maupun FB temen, maka jawablah pertanyaan ini kawan.

  1. Apakah kamu ingin melihat orang tuamu bahagia dan bangga denganmu?
  2. Apakah yang sudah kamu berikan untuk melihat setidaknya senyuman manis dan kebanggaan orang tuamu ketika kamu wisuda kelak?
  3. Apakah yang bisa membuat orang tuamu bahagia dan bangga denganmu kawan?

Jawablah dalam hatimu, tanyalah hatimu. Bayangkan wajah orang tuamu menatapmu dengan penuh senyuman bangga dan haru ketika namamu disebut sebagai lulusan mahasiswa berpredikat cumlaude.

Kemudian setelah lulus berkat doa tulus Ibumu kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu idamkan, dengan lingkungan yang nyaman, serta gaji yang menggiurkan. Apakah hal yang kamu bayangkan itu bisa datang begitu saja?

Tentu tidak kawan, kunci kesuksesanmu adalah Doa tulus seorang Ibu, serta usahamu untuk menggapai mimpimu. Jangan jadikan laptopmu hanya untuk menghabiskan waktu dengan sia-sia. Pilihlah laptop yang sesuai dengan bugdet, kebutuhan, serta spesifikasi yang bagus menurutmu.

Itulah 20 Rekomendasi laptop untuk mahasiswa dan bagi kamu yang sedang mencari Laptop untuk mahasiswa teknik maupun Laptop untuk mahasiswa arsitektur. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mendapatkan laptop idaman. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai tuntas. Semoga apapun yang kamu cita-citakan hadir dalam hidupmu dengan mudah dan menyenangkan. Serta semoga rezekimu lancar dan berkah, keluargamu damai bahagia… Aamiin

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *