iPhone 6s Plus Masih Layak Dibeli Tahun 2019 ?

iPhone 6s Plus Masih Layak Dibeli Tahun 2019 ?
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
Rp. 13.500.000
Sistem Operasi
iOS 9, Upgradable to iOS 9.0.2
Memori Internal
16/64/128 GB, 2 GB RAM
Tipe Kartu Memori
Tidak ada
Kamera
12 MP
Model Kartu SIM
GSM
Ukuran Layar
5,5'
Resolusi
1080 x 1920 pixels

Spesifikasi Gadget

ProcessorChipsetApple A9 (14 nm)
CPUDual-core 1.84 GHz Twister
GPUPowerVR GT7600 (six-core graphics)
BatteryBateraiNon-removable 2750 mAh
MiscDimensi158.2 x 77.9 x 7.3 mm (6.23 x 3.07 x 0.29 in)
Berat192 g
SIMNano-SIM
Internal16/34/128 GB
RAM2 GB
Kamera Utama12 MP
Kamera Depan5 MP
Bluetooth4.2, A2DP, LE
ColorsSpace Gray, Silver, Gold, Rose Gold
Disclamer: Kami tidak bisa menjamin bahwa informasi di halaman ini semuanya benar.

Membahas iPhone memang tidak ada habisnya, karena smartphone besutan Apple ini sepertinya selalu melakukan loncatan-loncatan untuk selalu mengeluarkan iPhone terbaru dan selalu menghadirkan fitur teranyarnya.

Lalu bagaimana jika membeli iPhone versi lama seperti 6s Plus ditahun ini, apalagi ini sudah dipenghujung tahun dan sebentar lagi akan berganti menjadi 2019. Apakah masih wort it jika membeli iPhone 6 plus ditahun ini?

Kali ini mari kita membahas tentang iPhone 6s plus yang masih exist digunakan oleh banyak orang. IPhone 6s Plus sendiri rilis pada September 2015 tiga tahun yang lalu yang bersamaan dengan seri yang hampir sama yakni iPhone seri 6s.

Sebenarnya perbedaaan dari 6s dan 6s plus mudah dilihat karena ukurannya,  jika dilihat dengan sekilas atau apalagi oleh orang yang belum pernah menggunakan smartphone dari Apple ini tetapi memang seri “plus” pada iPhone telah menjadi symbol dari kelebihan-kelebihan yang diusung. Dengan tambahan fitur yang dikembangkan yang menjadi pembeda dari kedua seri iPhone ini.

Baca juga: IPhone 6S Lebih Elegan, Body Kokoh dengan Fitur 3D Touch

Desain

iphone 6s plus
Gambar : Pexels.com

IPhone adalah smartphone premium yang konsisten dengan material yang digunakan untuk menghasilkan desain yang berkelas dan juga tahan banting tentunya.

Material yang digunakan dari iPhone 6s Plus ini adalah full alumunium, bahan ini juga yang menjadikan smartphone besutan Apple ini menjadi mewah serta tidak lupa logo bagian belakang khas produk Apple yang menjadikan smartphone ini menjadi terlihat mahal.

Untuk layar iPhone seri ini memiliki luas layar sebesar 5,5 inchi dengan dimensi 158.2 x 77,9 mm, iPhone 6s Plus memilihi bagian bawah yang agak panjang karena iPhone harus menyisipkan finger print sensor pada bagian bawahnya.

Ketebalan 7.3 dan berat 192 gram menjadikan ponsel pintar ini sangat nyaman untuk digenggam dan cukup ramping untuk smartphone dikelasnya dan  untuk sekarangpun, dengan layar sebesar ini tentunya akan sangat bisa bersaing dengan smartphone keluaran terbaru yang mengandalkan layar yang lebar sebagai kelebihan dari smartphone.

Product Apple memang sangat terkenal dengan ketangguhannya, untuk perlindungan layar iPhone 6s menggunakan Ion strengthened glass, oleophobic coating yang akan melindungi dari benturan-benturan yang biasanya terjadi. kemudian layar yang diusung oleh iPhone 6s Plus ini adalah layar LED- Backlit IPS LCD 16 juta warna yang memiliki retina HD dan resolusi sebesar 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan layar 401 ppi yang akan mengasilkan layar yang sangat tajam dan terang

iPhone 6s Plus ini juga menghadirkan fitur baru yang belum pernah disematkan dalam generasi sebelumnya yaitu 3D Touch, fitur ini akan akan muncul ketika kita menekan aplikasi agak lama dan kuat akan muncul menu lain yang akan memudahkan dan mempercepat dalam menjalankan aplikasi. Atau dengan kata lain mungkin ini sama dengan fungsi klik kanan pada layar komputer.

Untuk pilihan warna iPhone 6s Plus ini menawarkan pilihan warna seperti sebelumnya yakni Space Gray, Silver, Gold, dan satu lagi warna terbaru yang dikeluarkan oleh iPhone yakni Rose Gold.

Baca juga: iPhone SE: Body Ala iPhone 5s, Mesin Rasa iPhone 6s?

Peforma

iphone 6s plus
Gambar: Pexels.com

iPhone 6s Plus ini menggunakan Processor Apple A9 yang merupakan buatan dari Apple sendiri, dengan Clockspeed Dual core 1,84 GHz dimana ini lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Tentunya urusan dapur pacu memang iPhone masih menjadi nomer satu. Untuk masalah grafis ponsel pintar ini menggunakan Power VR GT7600 (six core graphics) yang akan menghasilkan grafis yang sangat ciamik ketika dipakai untuk bermain game ataupun memutar video.

Dalam urusan kecepatan dan smartphone yang responsif IPhone  ini menggunakan RAM sebesar 2 GB dengan ukuran 2 GB akan menghindarkan dari keleletan smartphone meskipun kita tahu sendiri bahwa iPhone selalu menjadi rangking satu untuk masalah kecepatan. Dengan RAM yang dimiiki iPhone 6s Plus ini masih termasuk cukup untuk kualitas dari iPhone sendiri.

Untuk kecepatan memang iPhone tidak bisa dibandingkan dengan android karena memang iPhone memiliki level yang berbeda jika dibandingkan dengan android. Sistem operasi dari iPhone 6s Plus ini menggunakan sistem operasi iOS 9 dan masih bisa di update sampai dengan iOS 9.0.2 dan sistem operasi ini hampir sama dengan generasi sebelumnya.

Kamera

Kamera pada iPhone tetap menjadi kamera yang paling rekomended untuk memotret dan menjadi salah satu yang terbaik di bidang kamera smartphone. Kamera utama dari iPhone 6s Plus ini berukuran 12 MP yang akan menghasilkan gambar yang jernih dan natural ketika digunakan. Kamera pada iPhone 6s Plus ini juga dilengkapi dengan sensor cangggih dan penstabil gambar optik, dan juga focus pixel.

Mode video pada iPhone 6s Plus juga menggunakan full HD dapat mencapai 4K at 30 fps cukup bagus jika digunakan untuk membuat video ataupun vlogging. Dengan kamera depan sebesar 5 MP juga akan mendukung aktifitas selfie tentunya.

Dengan kamera yang dimiliki iPhone 6s Plus  memiliki tingkat kedetailan yang tinggi dan akan menghasilkan kejernihan dalam setiap hasil potretnya,selain itu saturasi warna yang pas akan menghasilkan gambar yang natural.

Baca juga: Aplikasi Multimedia Semakin Mantab di iPhone 6 Plus

Memory

Memory pada iPhone memang tidak bisa dibandingkan dengan smartphone lainnya. pilihan dari memory iPhone yang ditawarkan seperti biasa hadir dengan kapasitas internal 16, 64 dan juga 128 GB namun tidak dilengkapi dengan slot memory eksternal sehingga pengguna tidak bisa menambahkan lagi memory untuk iPhone 6s Plus ini.

Bagi Anda yang menginginkan memory besar bisa mencoba dengan pilihan memory internal 125 GB tetapi jika hanya untuk pemakaian standar saya sarankan memakai yang berkapasitas sebesar 16 atau 64 GB saja.

Kapasitas yang dimiliki iPhone tentunya berbeda dengan android yang menawarkan internal besar tapi aplikasi bawaannya memakan hampir setengah dari memori internal. Memori pada iPhone 6s Plus dapat memuat file sebanding dengan kapasitas sebenarnya. Karena kebutuhan dari penyimpanan file yang berbeda-beda untuk itu jangan lupa untuk bijak dalam memilih kapasitas memory.

Baterai

Pada iPhone 6s kali ini mungkin memiliki kemunduran dalam hal daya baterai yang dimiliki, karena daya dari baterai ini adalah 2.750 mAh yang mengalami penurunan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. tetapi bukan berarti daya yang dimiliki sangat rendah karena masih bisa digunakan selama 24 jam di jaringan 3G tetapi untuk pengaktifan 4G yang aktif akan mampu bertahan selama 12-14.

Sayangnya iPhone 6s Plus ini tidak dilengkapi dengan flash charger yang bisa mengisi daya secara cepat, dan hal ini juga menjadi kelemahan dari  iPhone 6s Plus ini juga. Tapi tenang untuk Anda yang menggunakan iPhone dengan pemakaian stAndar masih dikatagori awet.

Kesimpulannya adalah jika Anda membeli iPhone 6s Plus ditahun ini masih menjadi rekomendasi untuk Anda yang memiliki budget yang tinggi bahkan untuk Anda yang memiliki budget yang menengah masih bisa memilih iPhone 6s Plus ini sebagai pilihan untuk smartphone yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

 

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *