Man in glasses with money shouting over white backgorund

AdSense merupakan suatu program yang belum banyak diketahui orang. Mungkin kamu juga baru pertama kali mendengarnya. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Google pada tahun 2003.

Pengertian sederhana dari AdSense adalah layanan iklan yang dimiliki oleh Google, yang kemudian diletakkan di blog atau website kamu. Hmmm, sepertinya AdSense mulai menarik ya? Berikut pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ada di benak kamu sekarang.

Baca juga : Lakukan 5 Hal Ini Agar Blog Kamu Diterima Google Adsense

1. Apa perbedaan AdSense dengan iklan lain?

Jawaban singkatnya adalah, Adsense merupakan iklan yang langsung ditangani oleh Google, sedangkan yang lain tidak. Siapa yang tidak kenal perusahaan raksasa Google yang telah merajai dunia internet itu?

Iklan yang ditangani oleh Google memiliki kelebihan dibandingkan dengan iklan-iklan lain. Hal ini karena sebelum Google menerima kamu sebagai rekan untuk menayangkan iklan mereka, mereka akan memepertimbangkan berbagai hal terkait website atau blog kamu. Timbal baliknya adalah, Google akan menyediakan iklan yang menarik bagi kamu.

Iklan yang ditayangkan oleh Google terlebih dahulu disesuaikan dengan halaman kamu secara tepat dan cepat. Sehingga orang-orang yang berkunjung ke halaman kamu berpeluang besar untuk tertarik dengan iklan Google tersebut. Hal ini akan sangat menguntungkan buatmu, mengapa? Jawabannya ada pada pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Hal berikutnya yang merupakan kelebihan AdSense adalah, sebelum menayangkan iklannya di halaman kamu, Google terlebih dahulu menyeleksi iklan dari setiap pihak yang ingin iklannya ditampilkan di AdSense milik Google ini.

Google juga akan memudahkan kamu dalam mengatur iklan yang ditampilkan, dengan memberikan kamu beberapa barus HTML, sehingga kamu dapat mengatur iklan tersebut dengan cepat dan mudah.

2. Mengapa Google mau bekerjasama dengan saya?

Jawabannya adalah, karena setiap perusahaan selalu membutuhkan partner kerja. Dengan memasang AdSense di halaman kamu, kamu secara otomatis menjadi rekan kerja dari Google.

Tentu saja Google tidak dengan mudah menentukan siapa yang pantas untuk menjadi rekan kerjanya. Ada tahap-tahap penilaian yang harus dilalui dalam proses penentuan tersebut. Kamu harus memiliki kualifikasi yang mereka butuhkan terlebih dahulu.

Google membutuhkan jaringan pengguna internet yang luas dan aktif untuk menjadi rekannya dalam menayangkan begitu banyak iklan yang ditawarkan pada mereka. Dan hanya iklan-iklan yang menang dalam penawaran harga paling tinggi yang akan ditampilkan dalam AdSense.

Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kamu, karena itu berarti kamu akan memasang iklan yang mahal di halamanmu. Dan kamu berkesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih daripada jika memasang iklan-iklan lain.

cek-dari-google-adsense

Gambar dari : jimkarter.com

3. Bagaimana saya akan mendapatkan uang dari AdSense?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting untuk kamu ketahui. Seperti iklan-iklan pada umumnya, kamu akan mendapatkan fee dari setiap pengunjung yang membuka iklan yang dipasang di halaman kamu.

Perusahaan yang memasang iklan di Google akan membayar kepada Google. Google kemudian akan memberikan komisimu. Pemasukan diperoleh dari sistem pay per click (PPC), AdSense fot Search, dan Referral.

Sistem PPC memiliki mekanisme bahwa kamu akan dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan pengunjung pada AdSense di halamanmu. Oleh sebab itu, traffic pengunjung sangatlah berpengaruh besar terhadap penghasilanmu.

Sedangkan sistem AdSense for Search adalah sistem dimana kamu dapat menaruh kotak search milik Google di halamanmu. Setiap kali ada pengunjung yang menggunakan kotak pencarian itu untuk mencari suatu iklan, maka Google akan mengarahkan mereka pada iklan yang mereka maksud. Jika pengunjung itu mengklik iklan tersebut, maka kamu akan mendapatkan uang.

Baca juga : Cara Membuat Blog Berkualitas dan Dijamin Aman Dipasang Google Adsense

Sistem yang terakhir adalah Refferral atau iklan arahan. Pada sistem ini, pengunjung halaman kamu tidak hanya mengklik iklan AdSense, tetapi juga ada tindakan lanjutan yang harus mereka lakukan. Jika mereka sampai ke tindakan tersebut, maka kamu akan mendapatkan fee-mu.

Hal penting yang perlu kamu ketahui adalah kamu tidak bisa mengklik sendiri iklan yang terpasang di halaman kamu, karena Google akan melacak sumbernya dan dapat mengeluarkan keputusan sah atau tidaknya klik tersebut. Jika kamu ketahuan melakukannya, account kamu bisa ditutup oleh Google.

Semua sistem tersebut merupakan kebijakan dari Google. Mereka akan melakukan pembayaran setelah total uang yang kamu dapatkan sudah mencapai minimum 100 USD. Ada tiga metode pembayaran yang dilakukan AdSense untuk membayar komisi kamu.

Cara pertama yaitu melalui Western Union. Metode ini merupakan metode yang paling umum digunakan. Kamu cukup membawa nomor MTCN (Money Transfer Control Number), nominal yang akan dicairkan, alamat Google Inc, serta Fotocopy KTP dan KTP asli kamu.

Cara kedua adalah melalui rekening bank lokal, atau dikenal juga dengan sebutan Electronic Funds Transfer (EFT). Cara ini sudah diterapkan oleh Google sejak tahun 2014. Namun, cara ini sudah berlaku di Indonesia.

Cara ketiga adalah melalui standard check dan Secured Express Delivery. Untuk standard check, Google akan mengirimkan cek ke alamat kamu, dan cek tersebut dapat dicairkan di Bank. Sama seperti standard check, tetapi prosesnya lebih aman dan cepat, imbalannya anda harus membayar biaya tambahan sebesar 25 USD.

4. Apakah saya dapat mempercayai Google AdSense?

Mungkin kamu juga bertanya-tanya dalam hatimu, apakah program ini dapat dipercaya? Kerjasama dengan perusahaan luar negeri memang terdengar sedikit asing bagi kita. Tetapi tenang saja. Sudah banyak orang yang memperoleh penghasilan dari program ini.

Bahkan di Indonesia, sudah banyak pemilik website dan blog yang mendapatkan komisi sebesar ribuan dolar per bulan. Kamu bisa mencari testimony dan kisah-kisah mereka di internet.

5. Apa langkah-langkah yang harus saya lakukan untuk bergabung dalam program ini?

Karena AdSense adalah iklan yang dipasang di halam blog atau website kamu, langkah pertama adalah tentu saja kamu harus memiliki website atau blog, dan tentu juga account Google. Setelah itu, kamu dapat mendaftar dengan menggunakan account Google kamu itu dengan cara mengunjungi halaman Google.

Google akan memandumu melakukan pendaftaran. Setelah itu, Google akan memproses pendaftaran kamu. Tetapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses ini tidaklah mudah. Banyak hal yang menjadi faktor diterimanya kamu.

Pendaftaran dan program ini sepenuhnya gratis. Kamu tidak akan dimintai sepeserpun ketika sudah diterima. Saat ini AdSense sudah bekerjasama dengan 38 negara termasuk Indonesia.

Jika kamu dinyatakan diterima, maka kamu akan mendapatkan satu account Google AdSense dan mulai memasang iklan di halaman kamu. Dengan satu account itu, kamu dapat memasang kode iklan pada beberapa web atau blog kamu.

Bagaimana, apakah pertanyaan-pertanyaan itu yang terlintas dalam pikiran kamu? Jika iya, apakah tulisan di atas sudah menolong kamu menjawab bertanyaan-pertanyaan itu?

Google AdSense saat ini merupakan salah satu bisnis online yang sangat menjanjikan. Kamu hanya perlu mengelola blog atau website kamu dengan baik dan menarik, maka orang-orang akan berdatangan di blog kamu, dan kesempatanmu untuk memperoleh penghasilan dari klik mereka juga semakin besar. Tertarik dengan bisnis ini?

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Blogger tulen. Penggemar sejati Benyamin Sueb dan Rhoma Irama. Tidak takut untuk berkata tidak. Bertekuk lutut pada kopi kental tanpa gula.

3 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. kholis October 13, 2016 at 9:21 AM - Reply

    saya dengar kalau web bule lebih berpenghasilan tinggi dr web lokal, benar gitu??

  2. garmen studio October 14, 2016 at 3:46 AM - Reply

    wah kejawab semua penasarannya.. sepp makasih sharingnya

  3. Gudang Musik Mp3 November 5, 2016 at 5:11 PM - Reply

    Yg dibenat saya adalah daftar adsense itu susah sampe saat ini blum punya akun adsense karna tiap kali daftarslalu ditolak

Leave A Response