Cara Paling Mudah Untuk Memotong Video, Simak Disini !!

Cara memotong vieo

Di awal tahun 2019 ini videography menjadi hal yang digandrungi banyak orang, bahkan eksistensinya telah terus meningkat dibandingkan dengan visualgraphy lainnya. Peningkatan ini juga tidak tanpa sebab karena minat menonton video terutama di platform penyedia video semakin lama semakin meningkat pula.

Dengan adanya peningkatan ini pula maka para pembuat video akan semakin banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lahirnya sejumlah content creator sepertinya akan terjadi pada tahun ini. Apakah Anda termasuk yang ingin menjadi content creator?

Diplatform penyedia video seperti youtube dan instagram orang belomba-lomba untuk menghasilkan sebuah video sebagai wadah untuk berkreasi bagi mereka. Orang-orang yang berusaha untuk menghasilkan karya ini lebih sering disebut dengan content creator.

Keren bukan sebutannya? Ah atau mungkin memang semua hal yang alih bahasa ke bahasa inggris menjadi lebih keren kedengarannya. hehe

Salah satu proses menjadi content creator adalah membuat ide yang creative dan menarik selain itu hal teknis seperti mengedit video adalah salah satu yang harus dipelajari. Pastikan Anda sudah bisa mengedit video untuk mendukung menjadi content creator.

Apakah Anda tahu dasar-dasar mengedit video?

 Cara Memotong Video
Gambar : Pexels.com

Mengedit video adalah hal yang gampang gampang susah, gampang jika sudah terbiasa tapi susah jika baru memulainya. Sebelumnya pelajari dulu hal- hal mendasar saat pengeditan video.

Baca juga: Ingin Jadi Youtuber? Berikut Rekomendasi 11 Software Aplikasi Untuk Mengedit Video

O iya sebelumnya untuk memulai mempelajari Anda harus menyiapkan peralatan terlebih dahulu seperti laptop, dan juga aplikasi pengedit video, Aplikasi pengedit video sangatlah banyak seperti adobe filmora, camtasia, After effect dan masih banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video.

Kali ini kita akan membahas cara memotongan video dengan menggunakan Movie Maker maka pastikan dilaptop sudah tersedia aplikasi windows Movie Maker.

Walaupun sudah diberhentikan oleh Microsoft mulai 10 Januari 2017, tetapi masih banyak yang memakai Windows Movie maker untuk mengedit video.

Alasan mengapa saya menggunakan Movie Maker adalah karena aplikasi ini sangat mudah digunakan dan sangat ramah untuk pemula, selain itu biasanya laptop yang memiliki system operasi  windows sudah disertakan di parangkatnya langsung. Tetapi jika belum terpasang Anda bisa menginstallnya terlebih dahulu agar Anda bisa langsung mempraktikkan hal-hal dasar pada pengeditan video.

Ada dua hal yang perlu diketahui dalam pengeditan video dengan cara memotong video, pemotongan ini dibagi menjadi dua yakni “Trim” dan “Split”.

Trim

Pada saat pengambilan gambar video tentunya dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tetapi terkadang pengambilan dari video yang lama tidak dapat dimasukan semua ke video karena durasinya pasti akan lebih sedikit dibandingkan dengan proses pengambilan video.

Untuk itu diperlukan pengeditan video dengan cara mengambil bagian yang penting dan membuang bagian yang dirasa akan mengganggu di video. Untuk membuang bagian atau memotong bagian yang tidak penting bisa menggunakan “Trims”. fitur ini adalah cara memotong video di laptop yang bisa digunakan untuk memperpendek durasi dari video yang akan dihasilkan.

“Trims” juga disebut pemangkasan pada bagian awal dan akhir video. Dengan pemangkasan ini akan menghasilkan video yang lebih efisien waktu dan durasi yang dihasilkan, karena video yang terlalu lama akan membuat bosan juga bukan?

Untuk memotong video bisa dilakukan dengan Windows Movie Maker. Nah berikut adalah cara melakukan “Trims” atau cara memotong video dengan adobe Movie Maker yang dapat dilakukan di PC maupun laptop.

Buka aplikasi windows Movie Maker yang sudah ada di laptop Anda, kemudian buka aplikasinya dan akan muncul tampilan kemudian import video yang akan di edit sebagai berikut ini.

 Cara Memotong Video

Saya menggunakan video wildlife bawaan dari laptop karena videonya termasuk pendek dan mudah untuk menemukannya. Kemudian setelah mengimport video yang ingin diedit kemudian klik menu edit pada toolbar yang tersedia yang akan memiliki tampilan sebagai berikut

 Cara Memotong Video

Setelah menu  edit sudah di klik akan muncul gambar seperti diatas, banyak menu yang dapat digunakan mengedit video dan untuk memotong video menggunakan “Trim” klik pada menu sebagai berikut.

 Cara Memotong Video

Kemudian jika sudah maka akan ada tampilan untuk memotong sesuai dengan yang diinginkan pada detik keberapa dan selesai pada detik berapa. Jika sudah mengatur seberapa yang akan diTrim maka silahkan klik “save”

 Cara Memotong Video

Nah video akan terpotong sesuai dengan batas yang sudah diatur tadi. Cara “Trim” ini bisa Anda gunakan untuk memotong video.kemudian cara lain untuk memotong video adalah dengan “Split”.

Baca juga: Beberapa Tips Dasar untuk Mendulang Emas dari Konten Video Berbasis Online

Split

Memilih video yang ditayangkan adalah hal yang harus diperhatikan karena kadang durasi yang lama tidak sesuai dengan rundown yang sudah disusun untuk pembuatan videonya. Jika ingin memotong video menjadi beberapa bagian yang kecil Anda bisa menggunakan “Split”. fitur ini digunakan untuk memecah video menjadi beberapa bagian sehingga jika memerlukan sebuah video pendek maka “Split” ini dapat mewujudkannya.

Menggunakan “Split” akan membantu dalam memilah bagian video yang diinginkan.jika sudah terbagi maka nantinya akan lebih mudah untuk diedit kembali untuk digabungkan dengan potongan video yang lainnya. Cara memotong video di PC dengan menggunakan “Split” bisa dilakukan dengan menggunakan windows Movie Maker sebagai berikut

Setelah mengimport video seperti tutorial sebelumnya, klik menu edit kemudian pilih “Split” untuk memotong video.

 Cara Memotong Video

Pilih menu “Split” pada toolbar yang muncul, kemudian atur bagian mana yang ingin dipotong sesuai dengan video durasi yang sudah di lihat sebelumnya, setelah diatur klik save pada menu yang muncul. Cara memotong video dengan “Split” memang hampir sama dengan “Trim” sehingga akan mudah digunakan.

Selain itu penggunaan windows Movie Maker sangat user friendly sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar mengedit video yang salah satunya adalah proses pemotongan video agar sesuai dengan durasi yang diinginkan.

Selain Trim dan Split biasanya dalam pengeditan vidio ada sebuah “Cut” yang berfungsi untuk mengedit video sama seperti Trim dan Split yang fungsinya untuk memindahkan gambar dari satu ke yang lainnya. Selain itu pada saat pemotongan gambar harus mempertimbangkan hal-hal dasar yang bisa diterapkan ketika mengedit video.

Berikut adalah tips yang bisa dillakukan dalam memotong video:

  1. Jika melakukan pemotongan dan penggabungan video pastikan dilakukan secara halus dan tidak adanya perpindahan yang drastis sehingga ketika ditonton video tetap halus dan enak dilihat karena bagaimanapun hasil video editan tetap harus mendekati real video.
  2. Saat melakukan pemotongan pastikan Anda meneliti gerakan yang diciptakan, jangan sampai ada gerakan sama yang berulang pada video yang sama. karena akan mengganggu estetika serta dapat mengulur durasi dari video yang dihasilkan juga. Untuk itu pastikan Anda memperhatikan detail dari pergerakan dalam video sebelum diedit.
  3. Pastikan memotong video dengan pergerakan yang hampir sama karena sebagai contoh ketika saat berjalan jangan dipotong pada saat sedang duduk sehingga nanti hasil videonya tidak akan berubah drastis dari posisi awal ke posisi selanjutnya.
  4. Pada saat pemotongan video juga pastikan jika adegan berikutnya sama seperti adegan sebelum dipotong sehingga hasil editan akan lebih halus ketika ditonton. Hal ini biasanya diabaikan oleh para pemula yang ingin memulai untuk mengedit video agar mendapatkan hasil yang halus dan tidak jomplang.

Selain itu teknik lain yang bisa dugunakan untuk menggabungkan video yang sudah di potong menjadi beberapa bagian dan teknik ini sering disebut dengan teknik “join”. Dengan menggabungkan video yang sudah dipotong merupakan hal terakhir yang dilakukan untuk membentuk sebuah full video yang kemudian akan diolah dengan efek-efek seperti motion, lagu, trasisi, ataupun menggunakan subtitle.

Setelah dilakukan pemotongan video sudah siap untuk tahap selanjutanya dan proses dasar untuk memotong video sangat simple sehingga saya yakin Anda pasti dapat melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.

Teknik diatas adalah teknik dasar yang dilakukan untuk memulai mengedit video bagi Anda para pemula yang ingin mengedit video menggunakan Movie Maker serta Anda juga bisa mencoba cara Cara Memotong Video di Adobe Premiere atau aplikasi lainnya sebagai dasar mengedit video.

Baca juga: 5 Trik Cara Download Video di Facebook Tanpa Aplikasi, 100% Work!!

Kualitas video yang baik akan memiliki faktor yang mendukungnya dan salah satunya adalah proses editing yang baik, bahkan sekelas editing film seperti di Marvel Cinematic Universe pun pastinya akan melakukan edit habis-habisan untuk mendapatkan hasil film yang berkualitas sehingga banyak orang yang menyukainya.

Untuk Anda yang ingin menghasilkan video dan berkarya jangan takut untuk mencoba dan selalu belajar bagaimana dasar-dasar untuk mengedit agar menghasilkan sebuah karya yang bisa bermanfaat untuk orang lain,karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk belajar mengedit video.

 

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *