Empat komponen untuk utama pendukung e-commerce untuk melakukan ekspansi pasar di dunia digital adalah Pasar, Insfrastruktur, Pembayaran dan Distribusi atau Pengiriman. Yang kemudian timbul pertanyaan bagaimana mendapatkan konversi rate yang baik dengan investasi uang yang sesuai budget?

shopping cart photo

Ada beberapa hal yang menentukan hal tersebut, yaitu:

1. Aksesibilitas
Akses kepada dunia luar sangat berpengaruh, seperti kemudahan untuk mengakses sosial media, kemudahan untuk melakukan transaksi menjadi faktor yang krusial dalam pertumbuhan sebuah e-commerce. Dan yang paling utama adalah pemasaran yang tepat melalui sosial media yang tertarget.

2. Engagement atau ikatan
Adalah sesuatu yang mengikat, dalam artian mengikat pengunjung untuk berlama-lama di web kita dan melakukan pembelian dan jika membutuhkan sesuatu pembeli akan mengunjungi web kita lagi. Buatlah konten yang mengacu kepada pembelian, seperti sebuah web yang mempunyai fitur “design your own t-shirt”, aplikasi yang mengijinkan pembeli untuk mendisain bajunya sendiri yang kemudian dapat diarahkan untuk membeli disainnya tersebut.

3. Sosial
Fakta aplikasi LINE telah digunakan oleh 300 juta pengguna, membuktikan bahwa ada 300 juta orang juga yang menggenggam dunia sosial media di tangannya. Hal tersebut dapat menjadi sebuah acuan juga kepada pemilik brand untuk “go-online”. Gunakan sosial media dengan baik untuk meng-grab pengunjung, melakukan promosi dan memahami apa kemauan konsumen sesungguhnya hingga dapat terjadi sebuah ikatan antara penjual dan konsumen.

4. Teknologi dan Infrastruktur
Jangan remehkan keperluan untuk memiliki website dan blog sendiri tanpa persiapan infrastruktur dan teknologi yang kuat didalamnya, milikilah infrastruktur dan teknologi yang berkualitas seiring dengan besarnya brand anda. Hal ini diperlukan untuk menjaga keamanan website anda dan menjamin stabilitas yang terjadi jika trafik atau transaksi over load. Lengkapilah dengan google analytics juga untuk mengetahui analisa data konsumen dalam jumlah besar.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response