Investasi Emas vs Reksa Dana, Mana yang Paling Untung?

investasi emas atau reksadana

Sekarang ada banyak cara untuk investasi atau menanam modal yang menghasilkan keuntungan besar, di antaranya adalah lewat emas dan reksa dana. Meski keduanya sama-sama baik, kamu pasti ingin tahu lebih untung mana, investasi emas atau reksa dana. Untuk mendapatkan jawabannya, lihat penjelasannya di sini.

Investasi Emas

Emas sering digunakan sebagai sarana menanam modal karena harganya yang cenderung stabil dan tahan terhadap inflasi. Berikut ini ada pengertian dan keuntungannya.

Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan emas untuk menanam modal karena risikonya lebih kecil. Caranya bisa dengan membeli emas batangan, perhiasan, menabung emas di bank, atau menabung emas secara online lewat aplikasi.

Kalau kamu ingin menggunakan emas untuk menanam modal saja, kamu sebaiknya membeli emas batangan, bukannya perhiasan emas. Hal ini karena perhiasan emas tidak hanya dihitung berat dan kadarnya saja, tetapi biaya pembuatannya juga.

Hal lain yang harus dipikirkan adalah lokasi penyimpanan yang aman. Kamu bisa menyimpannya di rumah, tetapi kalau ingin lebih aman lagi kamu bisa memanfaatkan fasilitas safe deposit box (SDB) yang disediakan oleh bank.

Keuntungan

Setelah membaca penjelasannya, kini kamu bisa melihat apa saja keuntungan menggunakan emas. Beberapa keuntungannya, yaitu:

  • Harga Lebih Stabil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga emas cenderung lebih stabil. Untuk kebanyakan orang, kestabilan ini sangat menguntungkan karena mereka tidak harus mengalami kerugian yang besar. Ini juga yang membuat emas cocok untuk investasi jangka panjang.

  • Mudah untuk Dicairkan

Emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi sehingga emas sangat mudah untuk dicairkan. Waktu proses pencairan emas ke dalam bentuk uang tunai juga cepat. Dibandingkan properti atau tanah, tingkat likuiditas emas lebih tinggi.

  • Bisa Digunakan sebagai Dana Darurat

Karena mudah dan cepat untuk dicairkan, emas juga bisa digunakan sebagai dana darurat. Kamu yang membutuhkan dana darurat dalam waktu dekat bisa langsung mencairkan emas yang kamu miliki.

Reksa Dana

Minat masyarakat terhadap reksa dana makin meningkat sekarang ini. Kondisi tersebut membuatnya patut dijadikan pilihan untuk menanam modal. Pelajari lebih banyak tentang reksa dana lewat penjelasan dan keuntungannya di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghindari Investasi Bodong Paling Ampuh

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana pemodal yang dikelola oleh badan hukum yang disebut dengan Manajer Investasi (MI). Selanjutnya, dana itu akan disalurkan ke surat berharga, seperti instrumen pasar uang, saham, deposito dan obligasi.

Ada banyak produk reksa dana yang bisa dipilih. Beberapa produknya adalah reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana indeks, dan reksa dana campuran.

Membeli reksa dana bisa dilakukan melalui perusahaan MI yang mengelola reksa dana atau bank yang bertindak sebagai APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana). Lebih mudah lagi jika menggunakan aplikasi reksa dana yang telah terdaftar pada OJK.

Keuntungan

Kalau kamu ingin tahu apa saja keuntungan dari reksa dana, di bawah ini sudah dijelaskan beberapa keuntungannya.

  • Modal Lebih Kecil

Kamu tidak perlu memiliki modal yang besar untuk memulai reksa dana, bahkan sudah ada aplikasi reksa dana yang menawarkan harga yang sangat murah, yaitu Rp 10,000 saja. Sangat menguntungkan apabila kamu merupakan investor pemula yang belum memiliki modal besar.

  • Modal Dapat Didiversifikasi

Keuntungan lainnya adalah modalnya dapat diversifikasi. Caranya dengan menyebarkan modal ke jenis investasi lainnya untuk meminimalkan risiko. Selain mampu mengurangi risiko, diversifikasi juga membuat keuntungan lebih maksimal.

  • Dikelola Oleh Ahli

Modal yang ditanamkan itu akan dikelola oleh MI yang sudah berpengalaman dengan pasar modal. Jadi, kamu tidak perlu takut jika modal kamu akan digunakan untuk hal yang merugikan.

Mana yang Lebih Untung?

Setelah membaca penjelasan dan keuntungannya masing-masing, mungkin kamu masih bingung dalam menentukan lebih untung mana, investasi emas atau reksa dana. Kamu bisa melihat keuntungannya dari sudut pandang kamu sendiri.

Kalau kamu ingin menanam modal dengan dana yang sedikit, tetapi untungnya cukup besar, reksa dana akan lebih menguntungkan dibandingkan emas. Kamu juga tidak perlu membayar biaya penyimpanan dan semua prosesnya bisa dilakukannya secara online.

Untuk yang lebih menginginkan kestabilan, emas lebih unggul karena tahan inflasi. Sayangnya, emas yang berbentuk fisik rawan hilang dan terkena bencana sehingga mereka membutuhkan biaya tambahan lebih besar.

Jadi, investasi emas atau reksadana, mana yang menjadi pilihanmu?

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *