Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia (1958 – 2018) Yang Tidak Banyak Orang Tahu

sejarah internet
Gambar : Storyblocks

Istilah internet sudah tidak asing lagi pada zaman sekarang karena penggunaannya yang sudah meluas dari semua kalangan baik itu dari anak kecil maupun generasi yang sudah tidak muda lagi.

Namun tahukah Anda bahwa dulu internet belum secanggih seperti sekarang ini lho. Bahkan dari waktu kewaktu terus mengalami perubahan dengan seringnya dilakukan riset oleh para ilmuwan mengenai adanya internet.

Sebelum internet muncul seperti sekarang ini, dahulu pun sudah ada teknologi komunikasi berbasis digital namun belum secanggih pada abad 21. Kalau sekarang teknologi tersebut dinamakan internet, maka zaman dahulu salah satu nama yang populer adalah sistem telegraf yang dianggap sebagai asal mula munculnya internet.

Sistem ini muncul sekitar abad ke 19 atau 100 tahun sebelum kemunculan internet, yang pada saat itu sudah digunakan secara meluas pada tahun 1990-an. Teknologi telegraf ini bahkan dipercaya ada, sebelum konsep komputer modern diciptakan, yaitu konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik, seperti radio atau kabel.

Namun teknologi ini masih terbatas karena hanya mampu menghubungkan maksimal 2 perangkat komputer saja. internet sendiri memiliki arti ‘jaringan komputer’ yang bermula dari munculnya proyek yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang dijuluki ARPA (Advanced Research Project Agency).

Lalu bagaimana tahap-tahap adanya internet sampai bisa jadi seperti sekarang ini? Inilah sejarah perkembangan internet di dunia, dari awal mula adanya pendahulu internet sampai sekarang bisa secanggih ini.

Sejarah Perkembangan Internet dari komputer jaringan sampai disebut Internet
Source: Sekolahpendidikan(dot)com

Sejarah Jaringan Komputer Sampai Penyebutan Istilah Internet dari Tahun 1958 Sampai Sekarang

  • Tahun 1958 – Awal Mula Munculnya Internet

Departemen Pertahanan Amerika Serikat memulai sebuah proyek teknologi tinggi yang dijuluki ARPA (Advanced Research Project Agency) pada tahun 1958 dikarenakan “kekalahan” Amerika Serikat terhadap Uni Soviet (sekarang disebut Rusia) yang lebih dahulu meluncurkan wahana luar angkasa pada tahun 1957 yang diberi nama Program Sputnik.

ARPA (Advanced Research Project Agency) ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara dan salah satu sasarannya adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi komputer.

  • Tahun 1961 – Munculnya Prinsip Transfer Data

Pada awal tahun 1960-an muncul teori mengenai paket switching, yang dapat di implementasikan di dunia nyata. kemudian pada pertengahan 1960-an ARPA berkembang menjadi ARPANET yang bertujuan untuk mempromosikan Cooperative Networking of – Time Sharing Computers.

Di era selanjutnya, ilmuwan seperti Claude Shannon, Harry Nyquist, dan Ralph Hartley mengembangkan teknologi transmisi data dan informasi yang menjadi dasar bagi banyak teori pada bidang ini. Perkembangan terjadi antara lain dalam bentuk jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang meningkat.

Pada tahun 1960 seseorang ilmuwan yang bernama Paul Baran menerbitkan sistem telekomunikasi jaringan untuk Amerika Serikat. Sistem ini dirancang dengan tujuan untuk mempertahankan diri jika sewaktu –waktu terjadi perang nuklir.

Dengan sistem ini, informasi yang muncul dibagi – bagi kedalam informasi yang lebih kecil, yang disebut Message Lock (Blok Pesan). Ilmuwan lain seperti Donald Davies mengembangkan ilmu tentang teknologi jaringan yang hampir mirip dengan sistem telegraf yang sudah ditemukan sebelumnya dengan menggunakan teori matematis untuk teknologi. Selanjutnya dikembangkan juga oleh Leonard Kleinrock yang berkebangsaan Amerika Serikat.

Setelah itu riset pun dilakukan oleh para ilmuwan seperti Tommy Krash dan dan Paul Baran yang juga didanai oleh militer Amerika Serikat. Mereka berusaha memanfaatkan teknologi message block dengan tujuan memecahkan masalah pada kerentanan jaringan yang sudah ada.

Baca juga: 6 Inovasi Teknologi Yang Menjadikan Traveling Jadi Lebih Mudah dan Nyaman!

  • Tahun 1965 – Pertama Kalinya Saling Terhubung

Salah satu ilmuwan yang telah melakukan riset mengenai teknologi komputer ini adalah Lawrence G.Roberts dan Thimas Merrill.  Mereka mencoba menghubungkan dua buah komputer yang terpisah dalam jarak jauh. Simulasi dilakukan menggunakan Komputer TX-2 di MIT Lincoln lab yang akan dihubungkan ke Komputer AN/SFQ yang ada di korporasi sistem pengembangan di California. Dua komputer ini dihubungkan dengan menggunakan garis telepon 1200 bps.

Dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa meski dua komputer terpisah dalam jarak yang jauh masih dapat saling terhubung untuk saling bertukar file.

  • Tahun 1969 – ARPA meluncurkan ARPANET

Sebelum ARPA meluncurkan jaringan komputer yang diberi nama  ARPANET , seorang ilmuwan bernama Lawrence G. Roberts bekerjasama dengan sebuah komunitas yang dibiayai oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sebuah badan di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang memiliki tanggung jawab untuk proyek pengembangan teknologi baru yang digunakan oleh militer.

Komunitas ini memiliki tujuan untuk memperbaiki sistem jaringan berupa struktur dan spesifikasi yang dimiliki oleh APRANETUntuk memperbaiki struktur dan spesifikasi, maka dibentuklah RFQ (Request For Quotation) dengan tujuan untuk memperbaiki salah satu komponen yang ada di dalam ARPANET yaitu paket switching atau disebut juga IMP’s (Interface message Processors).

Kemudian pada tahun 1969, ARPA berhasil meluncurkan jaringan komputer yang diberi nama  ARPANET.

  • Tahun 1971 – Ditemukannya Sistem Surat Elektronik (Email)

Proyek Host-to-Host protokol ARPANET akhirnya pertama kali dirintis oleh ilmuwan bernama S.Croker dan timnya. ARPANET  kemudian diberi nama NCP (Network Control Protocol) yang kemudian diimplementasikan ke dalam website di ARPANET selama tahun 1971-1972.

Nah, pada tahun 1971-lah awal mula ditemukannya surat menyurat secara elektronik. Orang yang pertama kali mencoba untuk menggunakan surat elektronik ini adalah Ray Tomlinson yang berprofesi sebagai programer komputer. Dia menggunakan email ini untuk digunakan sendiri yang dikirim dari satu PC ke PC yang lain.

  • Tahun 1974 – Penemuan Istilah Internet atau Inter-networking

Internet dipopulerkan oleh Vint Cerf dan Bob Khan yang dijuluki sebagai bapak internet dunia melalui hasil karya yang ditulis di jurnal dengan tema Transmission Control Protocol dengan judul “A Protocol dor Packet Network Interconnection”.

Gambar : Codepen.io

Karena istilah packet network interconnection dirasa sangat kepanjangan, jadi istilah internet untuk menyebut jaringan komputer yang bisa saling terhubung.

Kemudian momen yang tidak kalah penting terjadi pada tahun 1972, antara lain terbentuknya koalisi Bolt, Beranet & Newman (BNN) yang menjadi kontraktor untuk ARPANET. Lalu dari sini muncul Telenet sebagai versi komersial yang bisa melayani paket data pertama kali secara publik.

  • Tahun 1976 – Adanya Ethernet sebagai Jaringan LAN

Jaringan LAN pertama kali muncul pada tahun 1976, yang kemudian digunakan oleh Ratu Elizabeth II untuk mengirimkan email. Ratu Inggris tersebut mengirimkan email dari Royal Signals Plus radar establishment di Malvern, Inggris.

Sampai tahun 1977 tercatat sudah lebih dari 111 kompter yang sudah tergabung ke dalam ARPANET. Selang 3 tahun berjalan, yaitu sekitar tahun 1979 ditemukanlah Usenet yang digunakan untuk menyiarkan berita dan grup diskusi.

Grup diskusi ini pertama kali dibuat oleh Jim Ellis, Steve Bellovin, dan Tom Truscott. Mereka adalah alumni dari University of Nort California, AS. Kemudian dari sini tercipta komputer pribadi yang makin banyak digunakan untuk khalayak umum.

  • Tahun 1982 – Munculnya Protokol Atau TCP/IP

TCP (Transmissions Control Protocol) / IP (Internet Protocol) merupakan bahasa komunikasi basic protokol yang berfungsi untuk menyesuaikan data dan transfer data dari satu PC ke PC yang lain yang terdapat di dalam satu jaringan komputer. Setelah TCP  / IP  dikembangkan pula Jaringan PC yang lebih luas yaitu WAN (Wide Area Network).

Satu tahun kemudian, yaitu kisaran tahun 1983, terbentuklah Domain Name System (DNS) bersama dengan nama – nama website yang berakhiran dengan dot edu (.edu) , dot gov (.gov), dot org (.org), dot com (.com), dot net (.net), dot mil (.mil), dot int (.int).

Dengan adanya Domain Name System (DNS) ini maka akan memudahkan para penggunanya untuk mengingat alamat suatu Website.

Baca juga: Penjelasan Simpel Ini Menunjukkan Canggihnya Internet of Things (IoT)

Karena sebelum adanya nama – nama yang berakhiran singkat tersebut dulunya alamat suatu website menggunakan angka –angka yang sulit diingat dan jumlah yang cukup  banyak. ini mneyebabkan pengguna akan kesulitan dalam mengingat alamat suatu website tersebut tentunya. Contohnya : 123.321.567.65 🙂

  • Tahun 1991 – Peluncuran World Wide Web oleh CERN 

Perkembangan Hypertext yang semakin pesat memudahkan manusia dalam bertukar data, maka muncullah istilah WWW (World Wide Web). Ini adalah sejenis browser dan program editor yang digunakan untuk menjelajah di dalam komputer melalui jaringan. WWW (World Wide Web) ini diperkenalkan pertama kali kepada publik oleh CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire) kepada publik.

CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire) adalah sebuah dewan (organisasi) yang didirikan untuk mendiskusikan pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir di Eropa. Didirikan tahun 1954 dan berbasis di Genewa, Swiss.

Dan pada tahun yang sama, virus internet pertama kalinya bisa disebarkan melalui jaringan internet. Kemudian setelah satu tahun berjalan, mulailah file dalam bentuk audio dan video dapat didistribusikan melalui jaringan internet dan istilah “Browsing” menjadi populer di kalangan masyarakat.

  • Tahun 1993 – Penyiaran Broadcast Radio Melalui Internet

Pada tahun 1993 jumlah website tercatat sebanyak 600-an buah dan pemilik domain .org dan .gov yang pertama kali adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa dan White House yang berada di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun ini juga, browser internet pertama dan mesin pencari pertama dibuat secara bersamaan.

Browser pertama yang dapat diunduh secara gratis oleh masyarakat bernama Mosaic. Mosaic dikenal karena kemudahan dalam mengoperasikan meski bagi pengguna yang gaptek sekalipun.

  • Tahun 1994 – Munculnya Toko Online

Di tahun 1994 ini, Amazon.com, Craiglist, dan eBay muncul. Mereka menjadi website pelopor terbentuknya toko online dan sampai sekarang pun masih eksis keberadaannya. Selain itu terdapat juga situs “dating” pertama di dunia : Match.com.

Baca juga: Benarkah Daya Beli Masyarakat Menurun?

Kala itu, Yahoo.com menjelma menjadi penyedia layanan email terbesar di dunia yang di prakarsai oleh pemuda lulusan Stanford University jurusan Teknik Elektro bernama Jerry Yang dan David Filo. Sebelum Yahoo.com menjadi terkenal, ternyata sebelum itu memiliki nama yang panjang, yaitu “Jerry Plus David’s Guide to the World Wide Web”. Bagaimana cukup pajang bukan? Dan pastinya sulit untuk di ingat, hehe

Maka dari itu, nama Yahoo.com merupakan ide brilian untuk bisa memudahkan para pengguna internet dalam mengingatnya.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1996 terjadilah “perang” antara dua browser besar , Microsoft dan Netscape. Keduanya  merupakan browser terbesar kala itu yang bersaing ketat menjadi browser nomer satu. Masing-masing menyediakan Internet Exsplorer besutan dari Microsoft, sedangkan untuk Netscape meluncurkan Browser Navigator.

  • Tahun 1999 – Adanya Jaringan Peer-to-Peer Untuk Memudahkan Transfer file MP3

Pada tahun ini, Netscape diakuisisi oleh AOL, setelah itu para pengguna internet beralih menggunakan peer-to-peer data dalam melakukan transfer file. Setelah Netscape gulung tikar, kemudian munculnya secara fenomenal layanan musik Napster.

Napster ini memanjakan para penggunanya dengan membagikan berbagai musik lewat internet, namun hal itu tak berlangsung lama. Tahun 2001 Napster menyebabkan industri musik mengalami banyak kerugian. Oleh karena itulah, Napster ditutup secara hukum.

Selang 2 tahun kemudian muncullah WordPress.com sebagai platform pertama yang bisa digunakan untuk blogging. Bagi para pecinta blog pasti tidak asing dengan nama WordPress.com, karena sampai sekarang pun masih eksis. Hingga kini telah berumur kurang lebih 15 tahun. Wow…

Baca juga: Tutorial WordPress Lengkap Bagi Kamu Yang Mulai Ngeblog Sekarang Juga!

Setelah kemunculan WordPress.com dengan platfor blogging-nya kemudian disusul Facebook, Youtube dan Twitter yang muncul secara berurutan dari tahun ke tahun. Mulai dari sinilah masa – masa sarana untuk media sosial menjadi “pemikat” bagi para pengguna internet.

  • Tahun 2010 – Kru Luar Angkasa Dapat Mengakses Internet

Pada tahun ini, Facebook tercatat sudah memilik pengguna aktif sebanyak 400 juta, dan pada tahun yang sama kru dari ISS (International Space Station) bisa menerima akses internet di luar angkasa.

Perkembangan sarana untuk saling terhubung dengan orang terdekatpun makin menggeliat pada tahun ini. Ditandai dengan adanya media sosial seperti Path, Instagram dan Pinterest yang masing – masing memiliki kesamaan yaitu untuk sharing beranekaragam hal seperti check in di suatu tempat, foto-foto, status, lagu yang sedang didengarkan.

Path (yang kemudian mati pada tahun 2018) dicetuskan oleh David Morin yang berkonsentrasi pada fasilitas sosial untuk saling sharing hal sederhana dalam kehidupan antar keluarga maupun sanak saudara dan kerabat.

Baca juga: 6 Cara Optimasi Instagram untuk Jualan Online

Sedangkan untuk Instagram lebih fokus untuk memfasilitasi para penggunanya untuk saling berbagi foto. Keunikan dari Instragam adalah tampilan berbentuk foto persegi layaknya kamera polaroid dan kodak instamatik. Berbeda dengan Pinterest yang lebih bebas dalam menentukan ukuran foto.

  • Tahun 2011 – Internet Mencatat Memiliki Website 375 juta

Dikutip dari Netcraft, sampai tahun 2011 tercatat sebanyak 357 juta situs yang bermunculan di internet. Diiringi dengan kemunculan Ipad dan PC Touch Screen yang membuat nyaman bagi para penggunanya untuk berselancar di dunia maya.

Itulah sejarah perkembangan jaringan komputer di dunia. Bagaimana dengan Indonesia?

Perkembangan Internet di Indonesia Dari Tahun ke Tahun

Masih kah Anda ingat kapan terakhir  kali menggunakan komputer tabung? Ya, bagi Anda yang lahir pada tahun 1980-an mungkin pernah mengalami dimana komputer masih berbentuk besar dan tidak se-simpel seperti sekarang yang sudah berbentuk LED.

Namun bagi generasi milenial yang terlahir  kisaran tahun 2000 -an maka bentuk komputer tabung tampak asing. Inilah gambar dari generasi ke genarasi  perkembangan komputer sampai seperti sekarang ini.

sejarah komputer
Source: Cindyowulandara

Orang yang pertama kali sukses menghubungkan internet di Indonesia adalah Joseph Luhukay. Dia adalah seorang pakar komputer dan ekonomi yang berhasil mengembangkan jaringan UINet di beberapa Universitas di Indonesia. Beliau kemudian mencetak prestasi dengan menghubungkan jaringan internet yang ada di Indonesia agar masuk ke ranah global. Ini terjadi pada kisaran tahun 1984-an.

Setelah itu, muncul PT. Indo Internet dan PT. Pos Indonesia yang mengembangkan Wasantara Network. Kemudian ada juga IndosatNet dan Telkomnet yang bergerak di bidang penyedia jasa ISP (Internet Service Provider). Menurut Asosiasi Penyelenggara  Jasa Internet Indonesia, pada tahun 1998 saja, sudah tercatat 138.000 pelanggan ISP dengan 512.000 pengguna internet.

Baca juga: Kembangkan Kreativitasmu Menjadi Peluang Bisnis Dengan 8 Cara Ini!

Meski penggunanya tergolong banyak namun tidak menjadikan indikasi bahwa persebaran internet sudah merata di semua kalangan di Indonesia. Hal ini dikarenakan ISP hanya mampu diakses kalangan tertentu yang sudah memiliki komputer dan mampu membayar tagihan telepon.

Untuk membuat internet dapat di akses di semua kalangan tanpa harus memiliki PC, maka mulai tahun 1996 menjamurlah warnet yang menyediakan internet bagi masyarakat yang ingin bermain internet dengan dikenakan tarif per jam. Ini peluang bisnis yang menggiurkan di kala itu karena masih jarang dan mahalnya koneksi internet sehingga membuat masyarakat tertarik untuk mengetahui dan bermain dengannya.

Warung internet (Warnet) adalah tambang uang yang sangat menjanjikan pada kisaran tahun 1996 – 2014.

Waktu warnet sedang booming, saya dulu masih duduk di bangku sekolah dan sering diajak teman – teman ke warnet hanya untuk sekedar chatting sampai lupa waktu. Semua yang mengenal warnet pasti pernah mengalami hal yang sama hehe..

Nah, ketika warnet masih merajai, kelas berapakah Anda pada saat itu??

Pada tahun 2017, penggunaan PC berbasis Cloud sudah menjamur diiringi dengan munculnya laptop serta mobile cloud yang semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Cloud sendiri memiliki makna suatu metoda komputasi dimana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet tanpa mengetahui apa yang ada di dalamya.

Pengguna Internet

Seiring berjalannya waktu, maka semakin banyak orang yang melek internet. Pendistribusian internet juga semakin tersebar luas di semua kalangan, sehingga mampu dinikmati kapan saja dan dimana saja bagi penduduk di belahan bumi manapun.

Inilah bagan pengguna Internet di dunia menurut sumber dikutip dari emarketer.com

data perkembangan Pengguna Internet
Source: Kominfo(dot)go(dot)id

Dari bagan tersebut terlihat bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 6 dunia dalam menggunakan internet dan terus mengalami penambahan secara signifikan sebesar 10% – 15% dari tahun ke tahun.

Itulah sejarah perjalanan perkembangan jaringan komputer dari tahun ke tahun yang bisa saya bagikan. Hingga kini,  pengguna internet makin banyak dan semakin mudah, baik dalam hal transaksi jual-beli secara online maupun sarana transportasi yang dapat diakses kapan saja di mana saja sesuai dengan keinginan pengguna.

Sebagai warga yang baik, perlu mengetahui sejarah internet karena dapat menambah wawasan keilmuan yang dimiliki. Di sisi yang lain sejarah bukan hanya kenangan (seperti mantan) namun juga bisa menjadikan contoh serta pelajaran bagi masyarakat sesudahnya.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *