Pilih WordPress Atau BlogSpot? Kalau Self-Hosted, Saya Pilih WordPress. Ini Alasannya!

Sebagai seorang blogger pemula, keadaan yang paling membingungkan adalah saat ketika memutuskan platform Blogging mana yang harus dipilih. Padahal, sebagian besar platform yang sangat disarankan adalah BlogSpot, WordPress, Tumblr (sadly platform ini sudah diblok sama pemerintah). Sekarang, ketika kita berbicara tentang membuat blog profesional, WordPress merupakan pilihan yang kuat dan tepat. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan blog WordPress yang dihosting sendiri, yang tidak dapat Anda lakukan di blog BlogSpot.

BlogSpot atau WordPress keduanya sama-sama menawarkan platform blogging gratis yang merupakan cara yang baik untuk memulai karir blog Anda, meskipun tentu bukan yang terbaik. Jika Anda telah blogging di salah satu platform blogging gratis ini, baca artikel ini untuk mengetahui apa saja keterbatasan menggunakan platform blogging gratis melalui blog WordPress yang dihosting sendiri.

Baca juga : Lakukan 5 Hal Ini Agar Blog Kamu Diterima Google Adsense

Saya memulai karir blogging saya dari BlogSpot dan kemudian saya pindah ke blog WordPress yang dihosting sendiri . Seperti yang saya sebutkan pada poin di atas, BlogSpot merupakan platform blogging yang sangat bagus untuk memulai karir dalam blogging Anda, tetapi untuk jangka yang panjang blog yang di-hosting sendiri adalah yang harus Anda pilih. Meskipun dalam posting ini saya akan menyoroti mengapa self-hosted, blog WordPress lebih baik daripada blog BlogSpot gratis dan juga dari blog WordPress.com gratis.

Platform Blogging WordPress vs BlogSpot

Seperti yang saya sebutkan pada poin di atas, bahwa saya memulai perjalanan ke Blogging dengan menggunakan BlogSpot, dan kemudian saya melakukan migrasi ke WordPress. Jadi, disini saya menyadari manfaat dari sisi negatif BlogSpot, dan di sini saya tidak akan berbicara manfaat apa pun, karena WordPress menawarkan semua fitur yang ditawarkan BlogSpot.

Kontrol atas blog Anda

Ini merupakan salah satu faktor alasan utama saya mendukung blog yang dihosting sendiri . Seperti yang kita ketahui bahwa blogspot dimiliki oleh Google, dan ada kemungkinan bahwa mereka dapat menghapus akun Blogspot Anda tanpa memberi Anda peringatan apa pun dan saya pernah mengalami hal tersebut.

Bahkan jika Anda menggunakan fitur domain khusus ( Menggunakan nama domain Anda ), kemungkinan besar bahwa jika spammer menggunakan fitur Flag spam tidak menutup kemungkinan juga blog Anda akan di laporkan sebagai spam. Google mungkin menghapus blog Anda. Ini adalah sesuatu yang sangat umum dan dengan melakukan pencarian cepat di Google, Anda akan menyadari banyak blogger menghadapi masalah ini saat menggunakan BlogSpot.

Optimisasi Mesin Pencari

Tidak peduli di mana blog Anda akan di-host, lalu lintas adalah hal pertama dan terakhir yang akan dicari oleh kebanyakan blogger. Optimisasi mesin pencari dalam kata-kata sederhana berarti mengoptimalkan blog Anda untuk mesin pencari dan mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari ”.

Membandingkan WordPress dan BlogSpot, WordPress menawarkan lebih banyak pilihan untuk mengoptimalkan blog Anda untuk mesin pencari di mana seperti di BlogSpot Anda terbatas pada pengaturan tertentu.

Gambar : akuaroworld.com

Berikut adalah beberapa hal yang akan membantu Anda untuk mengoptimalkan blog WordPress Anda untuk optimasi mesin pencari

1. Plugin dan dukungan

WordPress diberkati dengan fitur-fitur seperti plugin dan komunitas yang kuat untuk mendapatkan dukungan. Ketika saya memulai di BlogSpot, saya menghabiskan banyak waktu dalam mengedit tema saya untuk menampilkan posting terkait dan menambahkan fitur-fitur seperti itu. WordPress membuat hidup Anda mudah menggunakan plugin sederhana untuk semua yang Anda butuhkan. Dengan menggunakan plugin, Anda dapat mencapai apa pun, dan jika tidak, Anda dapat mengambil bantuan dari forum dukungan WordPress untuk mendapatkan kode khusus dan memperluas kemampuan blog Anda.

2. Reputasi 

Ini dapat dianggap sebagai kecenderungan atau persepsi manusia, bahwa sebagian besar orang tidak melihat BlogSpot dengan mata yang besar. Salah satu alasan sederhana adalah blogspot gratis, dan sejumlah besar orang menggunakannya untuk Blackhat SEO, Spam dan untuk halaman arahan affiliasi.

Baca juga : Cara Mendapatkan Banyak Pengunjung Blog, Sederhana Tapi Ampuh!

Ketika berbicara tentang blog yang dihosting sendiri, bahwa semua orang akan membayar layanan, dan tentunya dia serius tentang blog yang mereka bangun.

3. Tema dan template

BlogSpot menawarkan banyak template tetapi karena sifat komersial WordPress, Anda akan menemukan tema WordPress gratis dan Premium tanpa batas. Selain itu, karena Anda memiliki akses FTP, Anda dapat mengubah tampilan dan nuansa lengkap dari tema WordPress Anda.

4. Google AdSense

AdSense adalah garis kehidupan bagi blogger mana pun yang menantikan untuk menghasilkan uang dari situs blognya. Awalnya BlogSpot digunakan untuk menjadi cara terbaik dalam mendapatkan akun AdSense Anda disetujui, tetapi kemudian, itu menjadi sulit untuk mendapatkan akun Adsense Anda dengan BlogSpot. Dengan WordPress dan alamat email domain Anda, membuat blog Anda disetujui sangat mudah. Inilah keuntungan lain dari blog yang dihosting sendiri.

5. Menjual kembali blog Anda

Google benar-benar tidak mengizinkan penjualan kembali blog BlogSpot, tetapi kasusnya berbeda di sini dengan blog yang dihosting sendiri. Anda selalu dapat menjual kembali blog yang dihosting sendiri kepada siapaun dan kapan pun itu.

6. Situs web media sosial

Mereka yang aktif di media sosial dan situs bookmark seperti Delicious, Stumble Upon dan Reddit. Saya yakin Anda menyadari faktanya tidak ada yang menyukai platform blog dari BlogSpot. Padahal jika Anda menggunakan domain custom, itu akan berhasil. Juga, banyak jaringan untuk blogger tidak menerima blogger BlogSpot untuk jaringan mereka. Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi intinya di sini adalah WordPress lebih dikenal dalam standar global.

Selain itu, WordPress terus melakukan inovasi dan memperbarui serta merilis versi baru, yang dilengkapi dengan beberapa fitur dan fungsionalitas tambahan, sedangkan, di BlogSpot, ada sedikit pembaruan yang terjadi dari waktu ke waktu. Sekarang, salah satu kelemahan menggunakan WordPress adalah mahal.

Tidak seperti BlogSpot, yang gratis, Anda akan mengirim uang ke host Web WordPress dan terkadang pada tema yang akan Anda pilih. Meskipun, itu bernilai setiap rupiah Anda berinvestasi di sini, karena dengan waktu WordPress akan membantu Anda untuk membuat lebih banyak dari blog Anda.

Platform mana yang kamu gunakan untuk saat ini, Apakah wordpress atau blogspot?

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *