Laporan State of the Internet edisi terbaru untuk kuartal III 2013 mengenai data-data mengenai kecepatan koneksi internet, jumlah trafik, adopsi broadband, dan serangan cyber telah dirilis oleh Penyedia layanan cloud global Akamai Technologies Inc. Data tersebut didapat dari hasil survey 122 negara di seluruh dunia yang termasuk dalam Akamai Intelligent Platform. Laporan tersebut mengatakakan koneksi internet dunia dikatakan telah meningkat sebanyak 10% dari kuartal lalu. Namun sayangnya Indonesia masih menempati posisi kedua terbawah di antara Negara-negara asia pasifik lainnya, Indonesia hanya mengalahkan india yang hanya mencatat 1,4 Mbps.

indonesia photo

 

Negara-negara lain yang termasuk dalam wilayah Asia Pasifik adalah Malaysia, Australia, Thailand, Vietnam, Jepang, China, Singapura, Taiwan, Filipina, Hongkong, dan Korea Selatan. Korea selatan masih menempati koneksi internet tercepat dengan angka rata-rata 22,1 Mbps. Negara yang sekarang menjadi kiblat fashion dunia dan memiliki banyak artis terkenal di dalamnya itu lagi-lagi memegang gelar Negara dengan koneksi “terngebut” di asia pasifik. Korea Selatan, Jepang, dan Hongkong secara berurutan duduk di ranking pertama, kedua, dan ketiga dalam peringkat kecepatan internet rata-rata terkencang di seluruh dunia. Dilanjut Indonesia muncul di posisi ke-118. Sangat miris sekali menurut saya untuk sebuah Negara yang sedang berkembang ini. 70 %n pengguna internet Korea Selatan menikmati kecepatan di atas 10 Mbps, sementara Indonesia hanya 0,1 persen jika ditinjau dari segi adopsi broadband.

 Serangan cyber yang berasal dari Indonesia sebelumnya naik dengan cukup signifikan pada kuartal sebelumnya namun pada kuartal III 2013 jumlah serangan cyber tersebut menurun. China kembali memegang gelar sebagai Negara asal serangan cyber terbanyak yang menjadi sumber 35% serangan. Dilanjut urutan kedua dan ketiga ditempati Indonesia dan Amerika Serikat yang masing-masing menjadi sumber dari 20 persen dan 11 persen serangan cyber.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Iyan Riana February 23, 2014 at 9:51 AM - Reply

    Sangat menyedihkan, melihat kondisi internet di Indonesia. Bahkan perbedaannya bisa terpaut jauh jika di bandingkan dengan negara tetangga seperti Singapore.

Leave A Response