4 Rekomendasi Aplikasi untuk Download Lagu dengan Simpel

Seorang wanita mendengarkan musik
Gambar: Marcelo Chagas

Di jaman sekarang, media digital sedang mendominasi industri musik. Yang saat ini sedang berkembang pesat yaitu layanan music streaming, dimana Anda dapat mendengarkan lagu dengan super cepat dan juga tidak perlu repot menyimpan lagu ke dalam perangkat Anda selama Anda memiliki koneksi internet, baik melalui wi-fi maupun mobile data.

Namun ada beberapa kekurangan dari layanan music streaming yang membuat orang berpikir ulang untuk menikmati lagu dengan cara ini. Beberapa diantaranya yaitu kenyataan bahwa Anda tidak memiliki sepenuhnya lagu yang Anda simpan di dalam akun layanan music streaming Anda. Ada saatnya Anda berada dalam keadaan dimana koneksi internet tidak tersedia, sehingga perangkat Anda tidak dapat tersambung ke internet.

Tanpa koneksi internet tentu saja Anda tidak dapat menikmati lagu kesayangan Anda melalui layanan music streaming. Selain itu juga ada gangguan lainnya seperti kualitas sambungan internet dan juga iklan yang sering muncul.

Karena alasan tersebut, banyak orang yang masih lebih memilih untuk menikmati musik dengan melakukan download lagu yang ingin mereka dengarkan terlebih dahulu. Dengan melakukan download lagu, Anda tentu saja tetap membutuhkan koneksi internet, namun hanya sekali saja untuk tiap lagu.

Setelah download selesai, lagu dapat Anda nikmati kapan pun dan dimana pun tanpa khawatir kehilangan koneksi internet dan gangguan iklan.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melakukan download lagu menggunakan berbagai perangkat dan aplikasi, dimana beberapa akan kita bahas dalam tutorial ini. 

Sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan melakukan download lagu di internet.

Pertama yaitu format file. Beberapa aplikasi yang akan kita gunakan memiliki kemampuan untuk melakukan download dalam berbagai jenis file. Maka dari itu perlu dipastikan bahwa file yang akan Anda download memiliki format .mp3 yang menunjukkan bahwa file berupa file audio.

Selain itu juga harus diperhatikan kualitas audio yang akan di-download dimana biasanya dapat dilihat dari angka bit rate-nya. Untuk file dengan ukuran terkecil namun kualitas yang cukup rendah maupun menengah biasanya memiliki bit rate sebesar 128kbps hingga 256kbps. Sedangkan jika Anda meinginkan file dengan kualitas cukup tinggi mendekati kualitas CD, maka dapat Anda temukan file dengan ukuran bit rate sebesar 320kbps.

Hal lain yang juga cukup penting untuk diperhatikan yaitu mewaspadai adanya virus yang biasanya muncul berupa pop-up ataupun tombol download palsu. Untuk mencegahnya dapat diatasi dengan menginstall Adblock pada web browser maupun perangkat yang Anda gunakan.

Selain itu, pada situs yang mencurigakan, hindari mengklik tombol Allow pada permohonan izin yang biasa muncul di kiri atas jika Anda menggunakan browser Chrome. Lebih baik Anda mengklik tombol Block atau abaikan saja.

Block atau abaikan saja

Baiklah, berikut adalah beberapa cara untuk mendownload lagu menggunakan berbagai aplikasi.

Aplikasi Android untuk Download Lagu

Jika Anda mencari aplikasi download lagu melalui Play Store, maka akan banyak sekali aplikasi yang muncul. Akan sulit memilih mana aplikasi yang berjalan dengan baik. 

Dalam tutorial ini, saya rekomendasikan untuk menggunakan aplikasi bernama YMusic untuk mendownload lagu langsung dari perangkat Android. Namun, aplikasi ini tidak tersedia di Play Store. Maka dari itu Anda harus membuka link yang membawa Anda ke website tempat mendownload file apk aplikasi tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama, buka link ymusic.io

Kedua, silahkan Anda klik Download

Ketiga, setelah selesai mendownload file apk, silahkan dibuka file bernama ymusic-latest.apk. Maka akan muncul tampilan berikut. Silahkan pilih Install pada kanan bawah.

Keempat, setelah proses install selesai, akan muncul tanda centang dengan tulisan App installed. Aplikasi sudah terinstall pada perangkat Android Anda.

Proses install ymusic

Sekarang silahkan Anda buka aplikasi YMusic yang baru saja Anda install di perangkat Android Anda.

Akan muncul tampilan berikut, silahkan pilih Allow untuk permission yang pertama. Untuk permission kedua dan ketiga sifatnya opsional, jadi Anda boleh memilih Deny. Tampilan ini hanya akan muncul saat pertama kali Anda membuka aplikasi ini pada perangkat Anda.

Untuk mulai mendownload lagu menggunakan aplikasi YMusic, silahkan Anda tap tombol navigasi yang terletak di kiri atas.

Kemudian silahkan Anda pilih menu Discover dengan icon musik disampingnya.

Step di aplikasi ymusic

Anda sudah masuk ke dalam menu Music, dimana akan ada beberapa lagu yang muncul. Lagu-lagu ini dapat Anda download dengan langkah berikut:

Pertama, tap pada tombol tiga titik di sebelah kanan judul lagu yang anda ingin pilih. Akan muncul menu berikut.

Kedua, silahkan tap pada pilihan Download MP3. Proses download akan langsung berjalan di background, sehingga Anda bisa melihat persentase download pada notification bar.

Proses download di ymusic

Download telah selesai

Berikut adalah lagu yang baru saja berhasil di-download. Silahkan edit metadata pada file untuk mengubah title, artist, dan lainnya agar sesuai jika ditampilkan dalam media player.

Daftar lagu yang telah terunduh

Cara download lagu tanpa aplikasi

Ada keadaan dimana seseorang memiliki kesulitan untuk memasang aplikasi dalam perangkat Android karena berbagai alasan, diantara yaitu kapasitas penyimpanan yang sudah penuh ataupun perangkat yang tidak mendukung aplikasi yang hendak dipasang.

Atau mungkin Anda menginginkan untuk melakukan download lagu untuk laptop. Untuk mengatasinya, ada langkah yang dapat dilakukan untuk mendownload lagu tanpa aplikasi. Situs yang dapat Anda gunakan yaitu mp3juices.

Dalam situs ini Anda cukup memasukkan judul lagu yang ingin Anda download di dalam kolom pencarian. Situs ini akan secara otomatis mencari, mengumpulkan, dan menampilkan berbagai pilihan file lagu yang bisa di-download yang mana sumbernya berasal dari situs yaitu YouTube dan Soundcloud. Berikut adalah langkah untuk melakukan download lagu tanpa aplikasi

Pertama, silahkan Anda buka situs mp3juices.cc

Buka situs mp3juices

Kedua, kemudian ketikkan judul lagu yang ingin Anda download di dalam kolom pencarian. Jika selesai, maka silahkan Anda tekan Enter.

Ketik judul lagu yang ingin dicari

Ketiga, situs ini akan mencari dan menampilkan secara otomatis berbagai pilihan download dari situs YouTube dan Soundcloud yang berhasil ditemukan. Silahkan pilih salah satu dengan klik salah satu Download.

Pilih salah satu lagu dan download lagu tersebut

Keempat, tunggu hingga proses selesai. Kemudian tekan Download yang berwarna hitam.

Cari tombol download dan klik

Demikian cara untuk mendownload lagu tanpa aplikasi. Silahkan edit metadata pada file untuk mengubah title, artist, dan lainnya agar sesuai jika ditampilkan dalam media player.

Lagu berhasil diunduh

Cara download lagu dari YouTube

Alternatif lain untuk mendownload lagu tanpa menggunakan aplikasi yaitu dengan menggunakan link yang dapat ditemukan dari situs YouTube kemudian memasukkannya sendiri ke dalam suatu yang dapat merubah link YouTube menjadi link untuk mendownload lagu. Situs yang akan digunakan yaitu ytmp3.

Dalam situs ini Anda dapat memasukkan link dari salah satu video yang dapat Anda temukan dalam situs YouTube ke dalam box yang sudah disediakan. Kemudian situs akan meng-convert link tersebut menjadi link untuk mendownload lagu. Berikut adalah langkah untuk mendownload lagu dari YouTube.

Pertama, siapkan link YouTube yang ingin Anda download menjadi lagu.

Menyiapkan link youtube

Kedua, silahkan Anda buka situs ytmp3.cc

Buka situs ytmp3

Ketiga, masukkan link ke dalam kotak yang di sebelah kanannya terdapat tombol Convert. Setelah itu, Anda boleh klik tombol Convert tersebut.

Copy link ke form untuk convert

Keempat, tunggu hingga proses convert selesai, dimana akan muncul tombol Download. Silahkan Anda klik tombol Download.

Berikut adalah lagu yang berhasil di-download dari YouTube. Silahkan edit metadata pada file untuk mengubah title, artist, dan lainnya agar sesuai jika ditampilkan dalam media player.

Lagu yang berhasil di download

Dari berbagai cara diatas, Anda dapat melakukan download lagu-lagu yang dapat ditemukan di internet secara gratis. Namun, jika Anda bersedia untuk mengeluarkan sedikit uang untuk membeli dan kemudian mendownload karya dari musisi favorit Anda, maka bisa dilakukan cara-cara berikut. 

Sebelumnya perlu diingat bahwa biasanya file yang di-download dengan cara-cara berikut tidak dalam format .mp3.

Cara download lagu di Spotify

Untuk mendownload lagu di Spotify, perlu diketahui bahwa lagu yang sudah di-download hanya dapat dibuka menggunakan aplikasi Spotify. Selain itu Anda harus memiliki akun Premium yang bisa Anda dapatkan dengan berlangganan seharga Rp 54990/bulan.

Berikut adalah langkah untuk mendownload lagu di dalam Spotify.

Pertama, buka aplikasi Spotify. Kemudian silahkan Anda masuk ke dalam suatu playlist berisi lagu-lagu yang ingin Anda download.

Buka aplikasi Spotify

Kedua, di sebelah kanan atas, Anda dapat menemukan toggle bertuliskan Download. Silahkan anda klik untuk mengaktifkannya.

Cari toggle bertuliskan download

Lagu akan ter-download di background. Setelah selesai, Anda akan langsung dapat mendengarkan lagu-lagu di dalam playlist secara Offline menggunakan Spotify tanpa perlu tersambung ke internet.

Cara download lagu di iPhone menggunakan iTunes

Bagi Anda pengguna perangkat iPhone yang ingin mendownload lagu, maka satu-satunya cara terbaik yang saya rekomendasikan yaitu dengan menggunakan aplikasi iTunes. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka aplikasi iTunes.

Kedua, silahkan Anda cari lagu atau album yang ingin Anda download.

Ketiga, kemudian silahkan tap pada kotak yang menampilkan harga lagu atau album.

Berikut adalah cara untuk men-download lagu di iPhone.

Proses download lagu dengan iPhone

Penutup

Ada banyak cara yang dapat Anda coba untuk melakukan download lagu menggunakan berbagai situs, aplikasi, maupun perangkat. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Selamat mencoba. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *