Cara Melacak HP Yang Hilang Dalam 4 Langkah Mudah

Kalau Anda sudah pernah mengalami kehilangan hp sebelumnya, pasti Anda sempat berfikir seperti ini “Terakhir kali saya taruh dimana ya?” lalu seketika langsung panik, sambil mencari-cari dimana keberadaan hp Anda terakhir kali diletakkan. Semua laci, lemari, meja dan segala perabot seisi rumah digeledah dan diacak-acak, namun tak ditemukan juga hp tersebut. Tak dipungkiri rasa berkecamuk mulai mengegelayuti pikiran, namun tetaplah tenang dan lakukan 3 langkah mudah ini untuk bisa menemukan kembali hp Anda yang telah hilang. Silahkan lanjutkan membaca karena setelah mengetahui cara-cara ini Anda akan langsung bisa menemukan hp yang telah hilang seketika.

1. Cara Melacak Hp Yang Hilang Dengan IMEI

Apa itu IMEI? yang jelas bukan nama seorang artis. IMEI kepanjangan dari international mobile equipment identifier. Biasanya IMEI digunakan untuk identitas hp dan memudahkan operator untuk melacak keberadaan hp yang terhubung dengan jaringan. Dengan menggunakan IMEI yang didalamnya terdapat informasi penting, maka angka yang terdiri dari 15 digit yang disematkan pada box hp masing-masing ini harus dicatat dan disimpan dengan baik. Seberapa penting IMEI? Ya kalau dibilang penting ya penting tapi kalo dibilang enggak penting ya pasti semua ponsel sudah dibekali dengan nomer IMEI yang tidak mungkin sama antar satu dengan yang lain.

Karena dengan mengetahui nomer IMEI ini, Anda bisa melacak hp, tapi membutuhkan usaha ekstra jika hanya dengan menggunakan IMEI, karena pada umumnya tidak ada pemilik handphone yang hapal bahkan mengingat nomer IMEI yang banyaknya 15 digit tersebut. Bahkan tidak tahu mana nomer IMEI apalagi fungsi dari IMEI itu sendiri. Meskipun para produsen yang membuat hp sudah menempelkan stiker nomer IMEI yang ditempelkan pada bagian bawah box pada sisi belakang hp namun tetap saja ada yang belum mengetahuinya.

Baca juga: Cek Imei Iphone

Namun jika Anda ingin mengetahui nomer IMEI di ponsel dengan cara tekan *#06# kemudian tekan tombol panggil, setelah itu akan muncul nomer IMEI pada ponsel sesuai dengan banyaknya kartu SIM yang digunakan. Lalu pilihlah salah satu untuk melacaknya.

cara mengetahui nomor hp disadap
Namun bagaimana jika hp sudah terlanjur hilang dan tidak bisa melakukan dial phone untuk mengetahui IMEI ponsel? jika itu terjadi, maka gunakan nomer IMEI yang tertera pada box hp yang bertuliskan nomer IMEI. Dengan begitu ada dua buah lokasi untuk bisa mengetahui nomer IMEI pada ponsel.

Bagaimana Cara Menggunakan IMEI Untuk Melacak Hp?

Jika ternyata benar bahwa hp Anda dicuri maka bisa melakukan cara ini yaitu dengan mengirim email 15 digit nomor IMEI ke [email protected] yang telah berisi data-data berikut ini:

caar melacak hp hilang dengan IMEI
Setelah itu akan diproses oleh jaringan GPRS operator seluler bersangkutan selama kurang lebih 24 jam walaupun kartu SIM Anda telah dilepaskan dari hp namun proses ini akan bisa berjalan. Meskipun begitu ketika menggunakan nomer IMEI memang bisa untuk melacak hp, namun tidak semua orang maupun operator seluler mau menggunakannya. Bagi operator seluler masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan daripada harus menghabiskan waktu hanya untuk melacak sebuah hp. Dengan menggunakan BTS yang tersebar di penjuru kota maka hal itu tidak mustahil dilakukan, namun membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk bisa menemukannya kembali.

Sebenarnya cara melacak hp android yang hilang tidak hanya bisa dilacak melalui IMEI namun ada cara lainnya seperti cara melacak hp yang hilang dengan gmail, dengan WA, dengan GPS, dengan nomor telepon dan lewat email yang lebih mudah serta praktis untuk dilakukan. Kupas tuntas satu persatu yuk.

2. Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan Nomor Telepon

Setelah mencari-cari refrensi mengenai cara mencari hp android yang hilang dengan nomor telepon, banyak refrensi yang menggunakan situs yang satu ini, kemudian saya pun mencoba untuk menggunakannya pula. Situs apa itu? buka situs www.ceebydith.com kemudian pada menu sebelah kiri terdapat pilihan “pencarian HLR/lokasi hp” lalu masukkan nomer yang akan dicari lalu klik CARI.
cara melacak hp yang hilangcara melacak hp android dengan gmail
cara melacak hp penipu

Disini google map tidak menampilkan lokasi secara persis dimana letak ponsel saat ini. Namun hanya menampilkan lokasi asal sebuah nomor terutama GSM, karena dalam situs ini menerangkan bahwa Pencarian HLR merupakan aplikasi sederhana untuk membantu Anda mengetahui asal sebuah nomor terutama GSM, jadi bukan untuk melacak keberadaan lokasi sebuah nomor.

Baca juga: Versi Android Terbaru

Karena seringkali situs ini ternyata disalahartikan sebagai aplikasi pelacak nomor meskipun sebenarnya HLR hanyalah ibarat sebuah tempat lahir, walaupun Anda menetap dan tinggal disebuah daerah yang jauh dari tempat kelahiran Anda, tempat lahir Anda tidak akan berubah. Dan ketika Anda ditanya tempat lahir maka akan menjawab dengan jawaban yang sama dengan tempat lahir Anda.

3. Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan Gmail

Ketik pada Google “Temukan perangkat saya” lalu pilih ENTER.

temukan perangkat saya dengan google
Selanjutnya pilih “Temukan perangkat saya – Google Account” kemudian isikan email dan password yang ingin dilacak keberadaannya pada kolom yang tersedia.

cara melacak hp hilang
Lalu pilih “Temukan Ponsel Yang Hilang Atau Dicuri”.

cara melacak hp yang hilang dengan google maps
Kemudian pilih perangkat hp yang ingin dicari.

cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati
Lalu isikan dengan pasword, dan pilih berikutnya.

cara melacak hp hilangSelanjutnya pilih temukan.
cara melacak hp yang hilang dengan hp lain
Lalu akan muncul google map yang menunjukkan keberadaannya, jika hp berada di dekat tempat tinggal Anda pilih putar untuk membunyikan hp, atau jika sumber suara tidak ditemukan di sekitar tempat tinggal Anda pilih amankan perangkat agar tidak bisa dibuka data yang ada didalamnya oleh orang lain. Atau bisa juga memilih hapus perangkat jika ingin menghapus semua data dalam perangkat. Trik ini juga bisa dilakukan untuk melacak Hp yang hilang dalam keadaan mati.

4. Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan GPS

Cara ini hampir sama dengan cara diatas sebelumnya, yaitu menggunakan Google sebagai browsernya kemudian kunjungi link ini Temukan perangkat saya. Kemudian isikan email dan password pada akun gmail, isikan alamat email yang pernah digunakan untuk masuk pada perangkat ponsel yang ingin dicari tahu keberadaannya.

Jika sudah berhasil login, dan ternyata hp sedang aktif. Maka akan secara otomatis terlacak oleh GPS posisi dimana saat ini lokasi ponsel tersebut berada. Seperti contoh dibawah ini:
cara melacak hp dengan GPS
Pada tampilan diatas yang saya beri lingkaran biru menunjukkan keberadaan ponsel yang saya cari saat ini. Bagaimana mudah bukan untuk bisa melacak keberadaan hp android dengan GPS?

Selanjutnya dibawah gambar android yang terletak di sisi sebelah kiri bawah pada gambar diatas terdapat menu perintah seperti “putar suara”, “Amankan perangkat” dan “Hapus perangkat”.

Dibawah ini akan dipaparkan masing-masing kegunaanya:

  1. Putar suara: digunakan untuk menderingkan ponsel android yang hilang atau dalam proses pencarian dengan volume suara yang maksimal.
  2. Amankan perangkat: digunakan untuk mengunci hp android yang telah hilang, sehingga orang lain tidak akan bisa menggunakan ponsel tersebut dengan cara apapun.
  3. Hapus perangkat: digunakan untuk menghapus seluruh data, file maupun berkas penting lainnya yang terseimpan di dalam ponsel tersebut. Seperti Foto, Video, dan akun media sosial yang Anda punya. Langkah diatas dapat dilakukan tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan Google

Yaitu dengan terlebih dahulu melakukan pengaturan pada “android device manager” yang ada pada Pengaturan kemudian pilih keamanan lalu pilih Google atau Setting lalu pilih Security lalu pilih google setting.

Aktifkan fitur ini untuk memastikan bahwa ponsel telah terkoneksi dengan layanan dari google device manager agar bisa dikontrol ataupun dilacak dari jarak jauh. Cara masuk menggunakan akun google milik Anda, dan biasanya akun google ini diatur sejak pertama kali mengaktifkan ponsel. Jadi ketika ingin mengaktifkan fitur Find My Device maka Anda tidak perlu lagi mengatur akun google, kecuali jika memiliki lebih dari satu akun, maka silahkan pilih akun mana yang akan digunakan.

Kemudian atur mode GPS dengan akurasi yang tinggi sehingga akan menapilkan hasil yang lebih akurat ketika akan melakukan pelacakan pada ponsel. Selanjutnya lakukan pengaturan fitur dengan cara klik pengaturan-keamanan-google lalu pilih pada bagian “temukan perangkat saya”. dan pastikan Anda sudah mengaktifkan semua pengaturan tersebut. Atau Anda juga bisa mengunduh aplikasi Find My Device melalui Google play store pada link berikut ini”Find My Device“. Setelah semuanya selesai maka pelacakan pun bisa dimulai.

Catatan: Selama hp masih belum dilakukan factory reset, maka usaha untuk melakukan pelacakan hp android tersebut masih mungkin untuk bisa dilakukan, namun jika hp ternyata sudah dilakukan factory reset maka kemungkinan kecil untuk bisa menemukan hp tersebut.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *