Ini Dia Cara Mudah Main Rules of Survival di PC

Gambar: Indomog

Rules of Survival sering disingkat ROS ialah game online gratis berbasis pertempuran royale multiplayer. Seperti gambar di atas. Mungkin yang tahu PUBG, juga tahu game satu ini. Game online yang dikembangkan oleh NetEase Games. ROS pertama kali dirilis tahun lalu. Tepatnya 30 Mei 2018 di Steam. Jika saya cek di Google Play, game ini sudah diunduh hingga 10 juta pengguna. Sedangkan pengembang mengatakan bahwa game ini telah dimainkan oleh 100 juta orang di belahan dunia. Wow. Are seriously?

Saya pribadi menelaah. Bahwasanya game jenis ini sedang naik daun tahun ini. Seiring perkembangan smartphone dengan spesifikasi high-end. Maka tak heran game ini cepat naik ke permukaan juga. Apalagi saat suatu smartphone diumumkan. Seringkali membawa game sebagai alibi untuk menunjang proses marketing ponsel tersebut. Sudah seperti simbiosis mutualisme saja. Yah begitulah dunia bisnis.

Namun tetap saja. Suatu game harus siap menerima komentar dari para pengguna. Komentar biasanya berupa kritik dan saran. Bahkan muncul kata umpatan untuk meramaikan kolom komentar tersebut. Alih-alih membawa game sebelah untuk memperkuat opini itu. Sungguh maha benar netizen dengan segala komentarnya.

Saya kira ROS cukup keren. Pasalnya hanya dalam setahun (belum genap saat artikel ini ditulis), ROS sudah bisa meramaikan jagat game pertempuran royale. Walau belum bisa menyaingi PUBG yang notabene lebih dahulu rilis. Tencent kudu hati-hati supaya tetap berada di jajaran sepuluh besar Google Play. Namun sayang, ROS belum masuk di jajaran itu pada saat artikel ini ditulis. Kita lihat saja beberapa bulan ke depan.

Walau belum masuk ke kolom top free. Rules of Survival bisa menjadi pertimbangan untuk mengisi waktu luang Anda. Terlebih smartphone Anda itu gahar. Kan sayang jika potensinya tidak dimaksimalkan. Coba unduh deh. Kemudian bermain sejenak. Apabila tetap tidak sreg. Ya copot pemasangan saja.

Terlepas dari kompetisi antar perusahaan itu. NetEase Games berani berjanji kepada kalangan PC menengah ke bawah. Di mana ketika PUBG harus dinikmati dengan PC menengah ke atas, berbeda halnya Rules of Survival yang katanya bisa dimainkan di PC kalangan bawah (low-end). Lebih-lebih bermain Rules of Survival di PC tanpa emulator seperti Bluestack, Nox, dan emulator lainnya. Menarik sekali bukan?

Baca juga: Cara Main PUBG Mobile di PC dengan Emulator Anti Banned

Maka dari itu, artikel ini dibuat untuk membahas cara main Rules of Survival di PC. Walaupun caranya sedikit ribet. Saya sebagai penulis akan mencoba menjelaskan secara simpel sehingga mudah dipahami. Oke, berikut ini yang perlu disiapkan sebelum menikmati game ini pada PC.

  • Rules of Survival yang sudah terpasang pada smartphone. Jadi bagi kalian yang belum install, maka download dan install dahulu pada ponsel kalian. Bisa langsung menuju Google Play atau App Store untuk mengunduhnya.
  • Download Rules of Survival untuk PC. Berikut saya beri tautan untuk mengunduhnya. Pilih yang PC version. Kemudian tunggu hingga selesai mengunduh.

Spesifikasi PC untuk Bermain Rules of Survival

Supaya kita bisa bermain game ini tanpa hambatan. Berikut spesifikasi minimum untuk memainkan ROS di PC. Saya sih yakin, PC Anda lebih dari ini.

FiturSpesifikasi PC
ProsesorDual Core @ 2 Ghz
Kartu VGAIntel HD Graphic 3000
Memori4 GB RAM
Storage3 GB Free
InternetYes

Langkah-langkah Bermain Rules of Survival di PC

Pertama, kita mulai proses instalasi ROS pada PC dengan klik setup yang sudah diunduh sebelumnya. Sehingga muncul form seperti di bawah. Klik Accept untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Kedua, ada beberapa informasi yang mungkin ingin Anda baca. Jika sudah, boleh klik Next untuk melanjutkan.

Ketiga, pada tahap ini untuk memilih destinasi penyimpanan instalasi ROS di PC. Secara default akan ter-intall di drive C, seperti pada gambar. Pastikan drive memiliki ruang sebesar 3 GB. Supaya ROS bisa terpasang. Maka boleh Anda cek dahulu sebelum lanjut. Baru klik Next untuk melanjutkan proses instalasi Rules of Survival.

Keempat, hanya pertanyaan default. Menawarkan untuk membuat jalan pintas pada desktop di PC Anda. Checklist jika Anda setuju. Baru kemudian klik Next lagi.

Kelima, tahap review sebelum memulai proses instalasi. Silahkan klik Install jika sudah yakin dan siap.

Keenam, proses instalasi sedang berlangsung. Tunggu hingga selesai. Kurang lebih 5 menit akan selesai.

Ketujuh, proses pemasangan Rules of Survival telah selesai. Di situ ter-checklist maka game ini akan langsung mulai jika kita klik Finish. Silahkan saja bagi yang tidak sabar ingin memainkannya.

Kedelapan, oya ini adalah permintaan izin ROS kepada Windows Defender. Silahkan Allow access untuk mengizinkannya. Baru kemudian, game ini bisa berjalan semestinya.

Kesembilan, beginilah tampilan Rules of Survival pada PC. Tunggu hingga benar-benar mulai.

Kesepuluh, sembari menunggu proses loading pada PC, kita menuju smartphone untuk membuka Rules of Survival di sana. Ada proses yang harus dilakukan. Sentuh PC LOGIN pada ROS smartphone. Biasanya ada permintaan izin untuk menggunakan kamera. Sentuh Allow Access untuk mengizinkan. Supaya ROS bisa mengambil gambar untuk scan kode batang atau barcode nantinya.

Gambar: Jalantikus

Kesebelas, kamera pada smartphone Anda aktif kan? Sekarang arahkan kamera tersebut ke kode batang di ROS PC. Di situ akan terjadi proses login melalui kode batang atau barcode di PC.

Catatan : tidak harus melakukan scan barcode untuk login. Di sana ada pilihan lain antara lain : Sign in with Google atau Sign in with Facebook. Namun sebagai gantinya, akun pada smartphone tidak tersinkronisasi dengan akun di PC. Misalnya Anda sebelumnya sudah lama memainkan ROS di smartphone. Otomatis ROS pada PC akan mengulang dari awal karena tidak melakukan scan barcode.

Gambar: Jalantikus

Keduabelas, cek kembali smartphone Anda. Di sana ada konfirmasi untuk login melalui PC. Sentuh Confirm Login untuk melanjutkan. Apabila Anda sign in melalui Google atau Facebook, abaikan langkah ini.

Gambar: Jalantikus

Ketigabelas, sekarang Anda sudah bisa menikmati pertempuran yang seru pada ROS. Inilah cara main Rules of Survival di PC tanpa emulator. Tidak perlu software tambahan seperti emulator yang terkadang memberatkan PC spesifikasi low-end. Selesai.

Gambar: Jalantikus

Masalah Instalasi Rules of Survival di PC

Saya tidak bisa menjamin semua berjalan lancar saat Anda mengikuti tutorial ini. Sehingga apabila Anda mengalami kendala, berikut solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.

1. PC Dual Grafis

Bagi kalian pemilik PC atau laptop dengan dual grafis. Misalnya Intel dan AMD atau Intel dan Nvidia. Pilih AMD atau Nvidia untuk menjalankan game ini. Kemudian, opsi performa bisa kalian atur High Performance jika memang PC tersebut mampu. Cara mengetahui mampu? Saat bermain tidak patah-patah. Perhatikan saat menembak musuh, apakah terjadi patah yang parah? Jika tidak, berarti PC tersebut mampu. Namun jika patah-patah bisa diturunkan menjadi standar dan coba kembali bertempur. Saya sih yakin sudah tidak patah. Pasalnya PC jenis ini sudah memenuhi syarat spesifikasi dari Rules of Survival di atas. Bahkan cenderung melebih, karena dual grafis tadi.

Gambar: Jalantikus

2. PC Intel HD

Nah ini untuk pemilik PC dengan prosesor Intel HD. Kalian tidak perlu khawatir. Hal yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa driver yang terpasang pada PC Anda adalah driver terbaru dari Intel. Caranya bagaimana? Coba kalian akses tautan ini. Di sana ada aplikasi bernama Intel Driver & Support Assistant yang bisa diunduh dan dipasang pada PC Anda. Baru bisa cek untuk mengetahui apakah driver Anda sudah up to date. Silahkan dicoba.

Catatan : Pada poin masalah instalasi Rules of Survival ini, kemungkinan akan ada pembaruan seiring masalah baru dan solusi baru yang muncul. Tunggu saja.

Baca juga: Cara Rakit PC Gaming dan Editing Dengan Mudah

Keuntungan Bermain Rules of Survival di PC

1. Menikmati Game Seperti PUBG Secara Gratis

Gambar: Jalantikus

Tidak bisa dipungkiri PUBG begitu populer hingga detik ini. Semua kalangan penasaran dengan pertempuran royale melalui platform ini. PUBG tak tanggung-tanggung. Pengembangnya mengeluarkan versi smartphone dan PC. Pada versi smartphone sih gratis diunduh dan dipasang. Berbeda hal pada versi PC, di mana kita harus membelinya melalui Steam. Bagi yang memiliki uang lebih pasti mencobanya juga. Bagi yang tidak? Solusinya ya dengan main Rules of Survival melalui PC. Gratis tanpa dipungut biaya, sudah bisa menikmati game seperti PUBG yang populer itu. Alhasil, NetEase (developer ROS) memiliki pasar sendiri untuk menambah pundi-pundi keuangan.

2. Tampilan Grafis yang Tajam 60+ FPS

Gambar: Youtube

Walaupun gratis, bukan berarti jelek. Justru pengembang menampik hal itu. Di mana kualitas lebih diutamakan dari kuantitas. Hal ini yang membuat Rules of Survival memiliki pasarnya sendiri. Di mana kalangan low-end juga diberi fasilitas yang keren. Grafis yang katanya smooth hingga 60 frame per-second.

3. Spesifikasi yang Ramah

Gambar: Medcom

Sudah saya singgung pada tabel spesifikasi di atas. Perhatikan saja spesifikasi minimum itu. Kemudian, kita bandingkan pada game sebelah (baca: PUBG). Hayo, lebih ramah yang mana? Selamat bertempur!

Penutup

Akhirnya tulisan mengenai cara main Rules of Survival di PC sudah mencapai penghujung. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *