Di jaman yang serba modern saat ini, internet adalah sebuah kebutuhan, bahkan sebagai hobi utama baik dari kalangan rendah maupun atas. Mulai dari data operator jaringan, sampai ke Wifi yang sudah beredar di rumah, cafe dan kantor. Mungkin banyak orang yang tidak mempedulikan dengan kecepatan internet karena mereka belum tau cara tes kecepatan internet tersebut. Kalau aktivitas internet kita untuk streaming, download video, film, ataupun games online, itu semua membutuhkan akses internet dengan kecepatan yang tinggi.

tes kecepatan internet

Gambar : datareign.com

Banyak sekali kasus yang terjadi, koneksi internet yang memiliki status “connected’ namun tidak bisa berselancar atau browsing di internet. Hal seperti itulah yang sering membuat orang marah, ketika melihat koneksi internetnya yang lemot. Kejadian yang seperti ini sering terjadi pada perangkat yang menggunakan konektivitas wifi. Biasanya terjadi di tempat yang umum, sebab di tempat tersebut akses wifi terbuka alias tanpa WPS sehingga banyak orang juga yang menggunakan akses wifi.

Bagi anda yang mau pasang wifi, saya punya sedikit tips singkat :

  1. Jangan salah pilih paket kecepatan wifi tersebut

Banyak kasus orang yang mengira jika paket yang disediakan ISP itu memilki speed yang sama ketika kita buat download, streaming, games online, dll. Sebagai contoh : jika kita memilih berlangganan paket 1Mbps belum tentu saat kita buat download ataupun streaming dengan kecepatan rata-rata 1Mbps, karena bisa dipastikan itu adalah kecepatan maksimal yang diberikan oleh ISP.

  1. Pilihlah tipe Broadband yang menurut anda cocok

Saat ini banyak tipe broadband yang disediakan oleh ISP, untuk itu anda harus tau tipe-tipe broadband residential yang di tawarkan. Tipe-tipe broadband antara lain adalah DSL (Digital Subscriber Lines), modem kabel, dan fiber optic. Yang paling terbaru adalah fiber optic karena memiliki koneksi internet yang stabil dan juga menawarkan kecepatan internet yang lebih cepat dan akurat.

  1. Tentukan jenis paket dan tarif langganan sesuai budget

Untuk yang nomer 3 ini adalah yang terpenting. Bagaimana tidak, untuk memasang wifi berbeda seperti kita membeli paket data seluler yang bisa hanya sekali beli. Nah, semua ISP Wifi sudah menggunakan skema tarif berlangganan sesuai ketentuan dan syarat yang disediakan oleh ISP. Untuk itulah anda harus memilih paket dan tarif yang cocok untuk kebutuhan sesuai dengan budget yang anda miliki.

Setelah membahas tips sebelum memasang wifi, kali ini saya akan membahas tentang cara menguji kecepatan internet, tak usah panjang lebar, silahkan disimak baik-baik.

Cara menguji kecepatan akses internet dengan website

Cara yang ini cukup simpel dan akurat karena anda tidak usah repot-repot mendownload sebuah software, karena anda bisa langsung menguji kecepatan internet dengan mengunjungi sebuah website tersebut.

1. Speedtest.net

Website ini adalah website yang paling populer untuk mengukur kecepatan internet, bisa dibilang website ini adalah website yang paling bagus karena memilki banyak fitur dan sering akurat. Dengan tampilan yang lebih modern sehingga anda tidak bosan serta fitur yang cukup lengkap.

Cara kerja dari website ini adalah mengambil lokasi provider internet yang anda gunakan atau lokasi server terdekat . Sehingga lokasi server akan menentukan pengujian sehingga akan menambah keakuratan pengujian kecepatan koneksi internet. Selain itu anda bisa memilih lokasi kecepatan internet di uji coba tentunya ini yang akan membah nilai rating. Setelah menguji kecepatan internet anda, maka website ini akan menampilkan detail seperti kecepatan ping , download , dan upload. Dan jika menampilkan hasil yang memuaskan anda bisa share ke media sosial (facebook, twitter dan google plus), dan masih banyak lagi yang belum saya sebutkan.

Bisa dibilang Speedtest.net adalah induk dari semua website penyedia testing speed internet karena website ini sudah lama berdiri. Ini bisa dilihat dari fitur dan search engine yang menempatkan Speedtest.net mendapat urutan pertama di berbagai search engine (Google. Bing, Yahoo, dll).

Selain itu Speedtest.net bisa dinikmati lewat smartphone yang mengusung OS Android dan IOS sehingga anda tidak usah repot, tinggal mendownload saja di market yang telah disediakan di masing-masing platform.

tes keceppatan internet

Gambar : id.gadgetail.com

2. Speedtest.telin.co.id

Website ini adalah website lokal yang menurut saya lebih akurat dibanding Speedtest.net, karena Speedtest.net hanya cocok untuk yang memakai Ip luar ataupun anda cek VPS. Alasan mengapa saya lebih suka memakai speedtest.telin.co.id karena buatan lokal dan tentunya dari server terdekat. Saya sarankan anda memakai website ini karena alasan yang saya sebutkan tadi.

3. Fast.com

Mungkin anda tidak mau ribet untuk urusan mengukur kecepatan internet, anda bisa mengunjungi Fast.com dan secara otomatis akan menjalankan proses testing tanpa harus tapi start ataupun begin/mulai. Walaupun masih kalah jauh dari speedtest.net, namun bisa dibuat koleksi untuk mengetest kecepatan internet anda.

3. Testmy.net

Testmy.net menawarkan fitur yang lengkap dibanding pesaingnya, karena kita dapat memilih menguji kecepatan download saja atau kecepatan upload saja. Jika selesai nguji kecepatan internet maka akan muncul grafik kecepatan anda secara detail dan lengkap.

Cara Test Kecepatan Internet via Smartphone

Gambar : droid-life.com

Untuk mengecek kecepatan internet pada smartphone cukuplah mudah, hanya saja anda harus menginstal flash player. Berita bagusnya, sekarang di semua smartphone sudah disematkan fitur flash player yang support semua browser. Nah bagi yang tidak mau repot bisa download aplikasi di Market App Store dan Play store, cukup dengan mengetikkan keyword “Speedtest” maka akan muncul banyak aplikasi yang siap di instal.

Cara mengatasi PC yang tidak bisa test kecepatan internet

Jarang sekali yang mengalami hambatan pada saat mengetest kecepatan internet, kalaupun ada mungkin disebabkan karena tidak bisa test ping. Untuk itu ada sedikit tips buat anda yang tidak bisa mengetest kecepatan internet pada PC windows.

  • Klik Start dan pilih Run (ikon windows + R).
  • Setelah anda klik Run selanjutnya anda ketikkan CMD, maka akan muncul sebuah jendela baru atau yang disebut Console, langsung saja anda ketik perintah ping google.com. maka akan muncul seperti ini.

    Gambar : surfsecured.net

Notes : Cara diatas dinamakan ping DNS  yang fungsinya untuk melakukan pengecekan terhadapt koneksi jaringan internet apakah bisa digunakan untuk berselancar di internet atau justru tidak, alias gagal.

Tidak hanya untuk untuk melakukan ping terhadap google, namun juga bisa digunakan untuk cek ping alamat lain dengan format “ping (alamat yang dituju)”. Bisa dilihat dari hasil test ping tersebut jika hasilnya kecil bisa dipastikan kecepatan internet tersebut mempunyai kecepatan yang tinggi namun jika sebaliknya, yaitu hasil ping besar bisa dipastikan juga kecepatan internet tersebut lelet/lemot. Namun jika hasilnya “Request Time Out”, berarti ada masalah dengan jaringan internet anda.

Gambar : PCWeenie.com

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Hanyalah seorang pemuda dari Lereng Semeru yang ingin berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman di dunia internet

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Goesukses October 22, 2017 at 10:43 AM - Reply

    sangat cocok tadi baru download dan tepat buat solusi pemantau kecepatan internet

    • Adit Firman October 23, 2017 at 7:46 AM - Reply

      iya mas, cocok untuk memantau speed download, sebelum kita mendownload file gajah

Leave A Response